Soloensis

BISNIS WARUNG KOPI SEDERHANA

5a4db530-57b1-4434-a7c3-212a5856e0d0_169

BISNIS WARUNG KOPI SEDERHANA – Keberadaan warung kopi di Indonesia sudah demikian banyaknya. Tidak heran karena kopi merupakan minuman populer yang digemari hampir setiap orang baik itu tua dan muda. Bisnis warung kopi bisa anda jumpai disetiap kota dijalan-jalan protokol atau dekat dengan lokasi perkantoran.

Kali ini kami ingin membahas tentang bisnis warung kopi sederhana. Warung kopi sederhana berfokus pada penyajian kopi dan juga minuman panas lainnya seperti teh dan wedang jahe. Biasanya warung kopi sederhana juga menyediakan makanan ringan seperti kue-kue tradisional dan aneka gorengan.

PELUANG BISNIS WARUNG KOPI SEDERHANA

Mengapa kami mengangkat tema bisnis warung kopi sederhana karena bisnis ini mempunyai prospek yang baik dan mampu bersaing dengan bermunculannya kafe-kafe modern. Membuka bisnis warung kopi tidak perlu bertele-tele. Yang anda perlukan adalah menentukan target pembeli. Namanya juga bisnis warung kopi sederhana jadi tidak perlu besar asalkan bisa mendatangkan pelanggan yang tidak kalah banyaknya dengan yang ada di kafe-kafe. Target penjualannya adalah untuk kalangan menengah kebawah. Harga boleh murah tapi soal rasa boleh diadu.

Baca JugaCiri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Kalangan menengah kebawah mempunyai kebiasaan mencari tempat yang cocok dengan uang bawaannya. Jadi apabila mereka ingin menikmati secangkir kopi panas, tentu warung kopi sederhana lah yang dicarinya. Membuka bisnis warung kopi sederhana seperti menyambut datangnya keuntungan. Sebab bisnis ini boleh dibilang tidak pernah mati dan selalu dicari.

Bisnis warung kopi sederhana tidak terpengaruh dengan banyaknya bermunculan kafe atau kedai kopi modern karena bagaimanapun, target konsumen mereka yang berbeda. Mari kita berhitung dengan harga secangkir kopi yang ditawarkan. Kedai kopi modern biasanya menjual secangkir kopi dengan harga antara 20 sampai 30 ribu rupiah. Sedangkan warung kopi sederhana menjual secangkir kopi antara 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah.  Sangat berbeda bukan?

Untuk meraih peluang bisnis warung kopi sederhana, anda perlu banyak belajar dari mereka yang telah mendirikan usaha serupa. Belajarlah dengan mengamati, meniru dan memodifikasi agar usaha yang anda jalankan memiliki ciri khas. Kunjungilah beberapa warung kopi sederhana. Pelajari bagaimana menunya, rasa kopi, peralatan yang digunakan dan bagaimana penyajiannya. Dari sini anda bisa ketahui bagaimana sistem bisnis warung kopi sederhana berjalan.

LOKASI STRATEGIS UNTUK  BISNIS WARUNG KOPI SEDERHANA

Jika mengunjungi salah satu usaha warung kopi disekitar tempat anda, coba perhatikan dimana lokasi yang mereka gunakan untuk membuka usaha. Tidak ada salahnya melakukan riset kecil-kecilan ini sebelum anda membuka usaha yang sama. Anda bisa memperkirakan berapa banyak orang yang berada disekitar lokasi ini dan seberapa ramai lalu lintasnya. Selain itu perhatikan juga berapa kompetitor yang berada di sekitarnya. Dari sini anda bisa menentukan seperti apa lokasi yang strategis untuk usaha warung kopi sederhana yang akan anda buka.

Di beberapa kota, tempat yang paling strategis untuk membuka warung kopi sederhana adalah di wilayah perkantoran, terminal dan di pinggir jalan propinsi. Peluang datangnya konsumen sudah jelas besar karena lokasi ini selalu ramai dan tentunya banyak penikmat kopi disana.

MEMULAI BISNIS WARUNG KOPI SEDERHANA

Setelah melakukan riset kecil-kecilan saatnya anda untuk memulai bisnis warung kopi sederhana. Tentukan menu kopi dan minuman apa saja yang anda akan jual. Hal ini perlu berhubung anda akan berbelanja kebutuhan bahannya. Siapkan buku catatan dan mulailah mencatat apa saja peralatan yang anda butuhkan. Seperti gelas dengan ukuran kecil dan besar, tatakan gelas, sendok dan yang terpenting adalah teko pembuat kopinya. Alat inilah yang membuat kopi yang ada di warung kopi berbeda dengan kopi yang biasa anda buat sendiri di rumah. Sesuaikan belanja alat dan bahan dengan budget yang anda miliki.

Selamat berwirausaha !

Ingin Usahamu dipublikasikan ke Media Nasional Indonesia ? Yuk kunjungi Jasa Press Release untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

 

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment