Soloensis

Raja Ampat – Surga yang Tersembunyi di Bumi Papua

Keindahan alam papua yang jarang-jarang tersentuh, membuat wilayah ini masih asri serta jadi tujuan rekreasi yang memikat. Raja Ampat ialah wilayah populer di papua yang sudah memikat simpati penjuru dunia.

Keelokan alam, flora, fauna serta keramahan warga benar-benar sangat menarik serta patut bila wilayah ini dipanggil sebagai surga dunia.

 

 

Legenda Raja Ampat

Dikutip dari nonatekno, legenda dinamakan Raja Ampat ialah berasal dari wanita yang mendapati 7 buah telur. Semua telur pada akhirnya menetas serta 4 diantaranya jadi raja.

Nama Raja Ampat bermakna empat raja, disimbolkan dengan 4 pulau utamanya, yakni pulau Misool, Salawati, Waigeo serta Batanta.

 

Aktivitas di Raja Ampat

Berbagai aktivitas bisa dikerjakan beberapa pelancong yang bertandang ke kepulauan ini. Sebagai favorite ialah aktivitas yang bisa dikerjakan di lautnya yang bersih.

Anda akan menyesal bila tidak menyelam untuk menyaksikan flora serta fauna di bawah laut, sebab flora serta fauna bawah lautnya adalah yang paling komplet di penjuru dunia kecuali perairan ini menempati ranking 10 besar selaku perairan terhebat untuk lakukan diving atau menyelam.

Deburan ombak benar-benar melawan untuk beberapa peselancar, Banyak pelancong berseluncur di laut kepulauan Raja Ampat. Dengan terpaan angin laut serta hangatnya cahaya matahari membuat berseluncur jadi membahagiakan.

Ditambahkan lagi keelokan pasir putihnya yang cantik, jadi panorama yang cantik untuk beberapa peselancar. Pulai Misool jadi tempat favorite beberapa peselancar.

 

Pulau di Raja Ampat

Sesungguhnya ada beberapa pulau di kepulauan yang terhitung dalam provinsi Papua Barat ini. Ada 610 pulau yang menyebar, tapi baru 35 pulau yang ditempati. Keseluruhnya pulau sama-sama lengkapi hingga membuat Raja Ampat mempunyai keelokan yang dianggap dunia.

Pantai dengan pasir putih, rimba rimbun yang perawan, deburan ombak, laut biru dengan bermacam flora faunanya dan rangkaian pulau-pulau kecil yang seperti taburan zamrud hijau. Di bawah ini beberapa pulau favorite sebagai lokasi yang tersering didatangi wisatatan.

 

Pulau Wayag

Pulau Wayag menadi pulau bintang untuk beberapa pelancong. Di pulau ini ada pulau karang yang diatasnya banyak pohon-pohon yang rimbun hingga waktu menyaksikan di atas kapal, laut nampak warna kehijauan. Air laut yang jernih membuat Anda bisa menyaksikan biota laut langsung.

 

Pulau Waiwo

Jangan lupa berkunjung Pulau Waiwo. Rasa sejuk serta tenteram akan Anda alami sebab pulau ini sarat dengan pohon-pohon yang rimbun selain lautnya yang cantik. Bermacam aktivitas laut bisa Anda kerjakan, misalkan berenang, menyelam atau sebatas lakukan snorkeling untuk menyaksikan keelokan biota lautnya dalam air yang jernih.

Ikan-ikan kecil dengan bermacam-macam warna tampil menggemaskan untuk disentuh. Anda dapat sentuh ikan tapi ada larangan untuk tangkapnya.

 

Pulau Karang

Untuk Anda yang menyukai rintangan, coba untuk mendaki Pulau Karang. Untuk mendakinya, Anda akan melalui jalan yang terjal, bahkan kemiringan 90 derajat.

Diperlukan tenaga tambahan untuk capai pucuknya. Tapi, ditanggung Anda tidak menyesal jika sukses capai pucuk. Dari ketinggian pucuk Pulau Karang, Anda bisa menyaksikan keseluruhnya pulau-pulau hijau yang diselingi birunya air laut.

 

Kepulauan Gam

Selesai dengan keindahan laut serta pulaunya, Anda bisa nikmati keelokan fauna ciri khas Papua, yakni burung cendrawasih.

Ada 4 macam burung cendrawasih yang ada di sini, yakni cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih kecil serta cendrawasih iris rotan. Pertunjukan burung cendrawasih menari bisa dicicipi di Kepulauan Gam.

Sudah disiapkan tempat untuk menyaksikan cendrawasih menari. Dalam beberapa rumah kayu, pengunjung bisa melihat bagaimana burung cendrawasih jantan menunjukkan bulu-bulu cantiknya agar mengundang perhatian cendrawasih betina. Pertunjukan cuman dapat disaksikan pada saat-saat spesifik, yakni saat pagi hari, jam 07.00-09.00 serta sore hari jam 16.00-17.00.

 

Pulau Arborek

Selesai bertualang serta nikmati Raja Ampat, waktunya beli cindera mata di dusun Arborek yang berada di Pulau Arborek. Bermacam oleh-olehan dari daun pandan rimba sudah dikreasikan oleh warga di tempat jadi kayafyof (topi), noken (tas) besar, noken untuk hp serta hasil kreativitas yang lain.

 

Raja Ampat sudah menyedot perhatian dunia selaku salah satunya tempat rekreasi yang pantas untuk didatangi. Jaga kelestarian lingkungan serta flora fauna yang ada disitu harus jadi perhatian supaya Raja Ampat masih menjadi surga untuk beberapa pencinta rekreasi alam.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment