Soloensis

Tips Menemukan Ide Menulis Artikel Blog

Membuat artikel di blog pastinya memerlukan ide-ide apa yang akan dibuat nantinya. Hal itu yang sering membuat para blogger bingung, sehingga mereka malas untuk menulis karena kehabisan ide.

Membuat sebuah artikel membutuhkan waktu yang cukup banyak serta pemikiran ide-ide yang cemerlang. Disini Anda akan diasah untuk menulis terus artikel kedepannya.

Kehabisan ide juga bisa diakibatkan karena hal-hal yang mengganjal kehidupan sehari-hari Anda seperti sedih, sakit, gelisah dan hal lainnya. Perasaan seperti itulah yang dapat mempengaruhi pikiran Anda.

Untuk itu, disini saya akan membagikan beberapa tips menemukan ide untuk menulis artikel blog sebagai berikut.

Menenangkan Pikiran

Langah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang dapat membuat Anda menemukan ide-ide cemerlang dengan sangat cepat. Berbeda apabila kondisi Anda sedang tidak fit seperti sakit, sedih maupun sedang menghadapi masalah, pastinya Anda tidak akan menemukan ide-ide baru, melainkan masalah yang semakin bertambah.

Browsing di Internet

Selain menenangkan pikiran, Anda juga bisa mendapatkan ide melalui internet. Anda tinggal mengetikan sesuatu di google untuk dijadikan inspirasi ide yang akan Anda buat. Cara ini seringkali digunakan oleh para penulis agar lebih cepat membuat artikel.

Cara ini sangat efektif untuk dilakukan bila kalian kehabisan ide untuk membuat artikel. Namun ingat, jangan mengambil semua ide yang tertera pada google, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi saja.

Cari Trending Topik

Biasanya ketika sudah masuk ke google, kita bingung ingin mencari ide apa. Anda bisa mencari ide-ide yang sedang trending atau viral. Konten yang sedang viral maupun trending biasanya akan lebih cepat mendapatkan pengunjung. Anda juga dapat mencari topik yang sedang trending melalui google trending.

Menulis di Waktu yang Tepat

Terkadang menulis di waktu yang tidak tepat dapat membuat ide kita buyar atau lambat. Hal itu biasanya dikarenakan ambisi kita yang terlalu ingin menulis dengan cepat tanpa memikirkan hasil yang didapatkan. Biasanya menulis di waktu yang tidak tepat hasilnya tidak akan maksimal.

Baca Juga:

https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2021/01/19/jasa-spa-bali/
https://student.blog.dinus.ac.id/bimajaya/2021/01/19/jasa-spa-bali/
https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2021/01/19/pranaspabali/

Untuk itu, Anda harus mengatur waktu terlebih dahulu di jam berapa saja kondisi yang tepat. Apabila waktu yang dipilih sudah tepat, tentu hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. Dengan begitu, artikel yang Anda buat juga dapat selesai dengan cepat.

Bergabung di Grup Penulis

Bergabung di sebuah forum atau grup juga dapat membantu ide kita muncul untuk membuat sebuah artikel. Nantinya Anda akan mendapatkan inspirasi ketika orang lain mengirimkan sesuatu di grup. Anda juga bisa bertanya seputar hal-hal yang Anda belum ketahui mengenai blog yang Anda buat.

Kumpulkan Semua yang Ada di Kepalamu

Anda juga dapat melakukan tips yang satu ini, yaitu mengumpulkan semua ide yang ada di kepala Anda. Ide-ide yang ada di kepala Anda bisa dituliskan terlebih dahulu kata per kata kemudian baru dicerna. Apa saja hal-hal yang terlintas dalam otak Anda harus berani dituliskan, apabila hanya dikumpulkan saja artikel yang akan Adna buat tidak dapat berjalan nantinya.

Gunakan Penjelajah Kata Kunci

Tips ini juga sering sekali dilakukan oleh para blogger, dengan menuliskan kata kunci, nantinya Anda bisa menemukan ide artikel apa yang akan dibuat. Disini juga Anda akan mendapatkan keyword yang dipastikan dapat memiliki banyak pengunjung.

Namun Anda masih belum juga menemukan ide untuk membuat konten blog, Anda bisa memanfaatkan layanan jasa penulis artikel SEO.

Bukan hanya kualitasnya yang sudah terjamin bagus  dan sesuai teknis SEO, blog Anda juga akan lebih bagus reputasi dan performanya di mesin pencarian.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tips menemukan ide untuk menulis artikel blog, semoga bermanfaat, terima kasih.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment