Soloensis

6 Tips Membuka Usaha Katering Aqiqah yang Sukses

Meskipun bukan merupakan ibadah wajib, masyarakat muslim memiliki kesadaran yang meningkat untuk mengaqiqahkan anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, coba lakukan  tips membuka usaha katering aqiqah yang memiliki prospektif bisnis bagus.

Beberapa Tips Membuka Usaha Katering Aqiqah

Untuk memulai bisnis aqiqah, Anda bisa melakukan tips berikit ini sebagaimana yang dilansir dari Nur Aqiqah, penyedia Aqiqah Depok :

  • Niat dan Pengetahuan Mengenai Aqiqah

Niat adalah hal utama yang wajib dilakukan sebelum melakukan bisnis ini. Tentukan tujuan dan keyakinan Anda mengapa ingin usaha tersebut. Setelah memiliki niat yang kuat, segera realisasikan dengan melihat peluang di sekitar.

Selain itu, aqiqah merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat syarat dan syariat Islam wajib dipenuhi. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui hal-hal terkait dengan aqiqah agar bisa membuka bisnis ini. Belajarlah melalui ceramah dari pemuka agama atau membaca buku tentang persyaratannya.

  • Siapkan Modal Usaha

Setelah niat, hal terpenting selanjutnya adalah ketersediaan modal. Bisnis catering aqiqah tergolong usaha yang memiliki modal cukup besar. Namun, ini akan sebanding dengan keuntungan yang Anda peroleh jika nantinya usaha berjalan dengan lancar.

Apakah Anda masih belum memiliki modal yang cukup? Tenang, ini bukan menjadi kendala. Karena ada berbagai cara untuk mendapatkan bantuan dan tambahan modal. Cobalah untuk melakukan pinjaman ke beberapa kawan atau ajak saudara dan keluarga untuk membuka usaha ini secara bersama-sama.

  • Kerjasama dengan Peternak Kambing yang Bagus

Usaha catering aqiqah sebenarnya dapat dilakukan dengan modal di bawah 10 juta. Caranya adalah cukup membeli beberapa kambing anakan, kemudian besarkan sendiri. Harga kambing ini tentu akan lebih murah. Proses pemeliharaannya juga tidak memakan waktu lama.

Harga anakan kambing ini bisa dibeli dengan murah pada peternak kambing langsung atau melalui perantara. Dengan begitu, ketersediaan kambing akan terpenuhi.  Namun, harus menyediakan lahan dan pakan yang cukup.

  • Rekrut Juru Masak yang Ahli

Tips membuka usaha katering selanjutnya adalah merekrut juru masak yang ahli. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan makanan dan kepuasan para pelanggan. Selain itu, apabila bisnis Anda  berkembang sukses, akan semakin banyak pula yang merekomendasikannya.

Anda juga dapat menjalin kerjasama dengan warung makan untuk mengolah daging aqiqah. Dengan begitu, dapat dipastikan hasil makanannya akan lezat dan sesuai dengan harapan pelanggan. Akan tetapi, jangan lupa mencicipi agar tidak terjadi rasa yang kurang mengenakan.

  • Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi mengambil peran sangat penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Banyak usaha yang kemudian tidak dapat berkembang karena kesalahan dalam memilih tempat yang bagus. Beberapa kriteria lokasi strategis, misalnya berada di pinggir jalan ramai dan tersedia tempat memasang spanduk.

Selain itu, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan padang rumput untuk memelihara hewan aqiqah yang belum laku dengan baik. Selain itu, tempat penyembelihan harus berada jauh dari pemukiman agar tidak mengganggu masyarakat.

  • Cara Promosi yang Bagus

Semua tips yang telah disebutkan di atas, tidak dapat berjalan dengan baik apabila tidak disertai promosi cerdas dan bagus. Strategi tepat dan menarik sangat membantu Anda dalam memperkenalkan usaha katering aqiqah ini dan menjaring banyak pelanggan.

Baca Juga:
https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2021/01/10/bansosku/

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari memasang banner, menyebarkan brosur hingga promosi lewat media sosial. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan datang langsung kepada orang-orang atau suatu komunitas tertentu.

Memulai bisnis apapun pasti dimulai dengan niat. Semoga tips membuka usaha katering di atas dapat membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Selamat berbisnis. Semoga berhasil. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment