Soloensis

Pasar direnovasi jalan pun macet

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
32

Manusia adalah makhluk yang tak dapat hidup sendirian. Hal ini dikarenakan manusia hanya mampu menguasai beberapa bidang dan tidak dapat menguasai seluruh bidang. Misalnya seorang petani mungkin dapat mengurusi ladang dan beternak hewan namun ia mungkin tidak bisa membangun rumahnya sendirian. Maka dari itu manusia disebut juga makhluk sosial. Manusia tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri sehingga ia butuh kemampuan orang lain agar kebutuhan lainnya terpenuhi.

Dalam kasus tersebut, manusia terkadang membutuhkan hal lain yang tidak ia punya. Misalnya ketika seorang petani membutuhkan lauk berupa ikan, maka ia akan pergi ke nelayan dan nelayan membutuhkan nasi dan sayur maka ia akan datang ke petani. Karena saling membutuhkan, petani dan nelayan bertemu dan saling menukar barang yang mereka inginkan, yang kemudian hal ini disebut orang-orang sebagai sistem barter. Barter sendiri artinya yaitu bentuk perdagangan dengan cara tukar menukar barang tanpa perantara uang. Info lebih lengkapnya silahkan klik disini.

Berbicara mengenai perdagangan pikiran kita tak lepas dari tempat yang disebut sebagai pasar. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian terjadi transaksi antara mereka. Bicara mengenai pasar sekarang pasar memiliki macam bentuk, mulai dari pasar tradisional, pasar modern hingga pasar online (toko online). Pasar tradisional yaitu seperti kita lihat, yaitu pasar dimana terjadi transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung, dan di pasar tradisional ini memiliki hal yang khas yaitu sistem tawar menawar dimana kita dapat menawar harga suatu barang yang ingin dibeli hingga mendapat suatu kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Foto diambil ketika masih pagi dan waktu pasaran pahing sehingga belum terlalu banyak pembelinya

Pasar tanjung ialah salah satu contoh dari pasar tradisional. Disini terdapat bermacam-macam barang yang dijual mulai bahan pokok kebutuhan mamusia hingga kebutuhan hewan ternak. Pasar Tanjung terletak di dukuh Tanjung, desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten disebut juga sebagai “Pasar Pahing”. Nama pahing sendiri diambil dari hari pasaran dalam kalender jawa. Seperti yang kita ketahui pasaran ada 5 hari yaitu pon, wage, kliwon, legi, pahing. Selengkapnya mengenai pasaran bisa diklik disini. Pasar ini disebut juga sebagai pasar pahing dikarenakan pada pasaran pahing pasar ini lebih ramai dari hari biasa. Ketika hari biasa hanya didalam pasar yang terlihat ramai tetapi ketika pahing para pedagang dari beberapa penjuru mendatangi lokasi tersebut sehingga terkadang jalanan macet hingga lebih dari 500 meter. Mulai pedagang makanan, makanan burung dan unggas sampai ke hewan burung dan unggasnya ada penjualnya.

kondisi pasar yang tengah di renovasi

Namun sekarang pasar tanjung tengah direnovasi. Para penjual pun mulai pindah dan mencari tempat dagang sementara, ada yang cuma disekitar pasar tanjung tetapi ada juga yang menyewa tempat baru yang agak jauh dari lokasi pasar sebelumnya. Sebelum perbaikan jalan disebelah pasar tidak begitu ramai, tetapi selama masa perbaikan pasarpun dialihkan ke jalan sebelahnya alhasil jalananpun macet. Semoga setelah selesainya renovasi pasar ini selesai juga masalah macet di jalan tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
32

Muhammad Ridwan Arrofiq

Salam #Mongopoh
NIM : 161211087

Add comment