Soloensis

Membangun Kebanggaan Nasional dan Identitas Budaya melalui Sosialisasi Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Ngargoyoso

Sosialisasi Penguatan Bahasa Indonesia

Surakarta, 14 Juni 2024 – Dalam upaya menumbuhkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia dan mendukung program internasionalisasi bahasa Indonesia, kelompok mahasiswa Hibah MBKM Universitas Sebelas Maret dengan SKIM Riset (ID 812) mengadakan sosialisasi penguatan bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Ngargoyoso. Acara yang diadakan pada Rabu, 8 Mei 2024 ini, bertujuan untuk memperkuat penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan sekolah serta mengenalkan pentingnya bahasa Indonesia dalam konteks global.

Acara ini menghadirkan dua pembicara utama yang kompeten di bidangnya, yaitu Dwiana Nur Rizki, S.Pd, Duta Bahasa Jawa Tengah, dan Kenes Ratu Pawestri, pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Pembiasaan Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkup Sekolah

Dwiana Nur Rizki yang dikenal sebagai Duta Bahasa Jawa Tengah, membuka sesi sosialisasi dengan materi bertajuk “Pembiasaan Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkup Sekolah”. Dalam penjelasannya, Dwiana menekankan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam keseharian siswa untuk memperkuat identitas dan kebanggaan berbahasa.

Ia juga mengajak siswa untuk lebih mencintai bahasa Indonesia dengan memberikan contoh-contoh nyata penggunaan bahasa yang baik dalam kegiatan sehari-hari. Dwiana menekankan bahwa kebiasaan ini tidak hanya memperkaya kemampuan berbahasa, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Dengan metode interaktif, Dwiana mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan seperti diskusi kelompok, permainan bahasa, dan simulasi percakapan.

Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Keberagaman Budaya Nusantara

Selanjutnya, Kenes Ratu Pawestri, pengajar BIPA yang telah berpengalaman mengajar di Yale University, membawakan materi “Internasionalisasi Bahasa Indonesia melalui Keberagaman Budaya Nusantara”. Kenes berbagi pengalamannya dalam mengajar bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing, menunjukkan bagaimana pengajaran bahasa Indonesia dapat menjadi jembatan untuk mengenalkan kekayaan budaya Nusantara kepada dunia internasional.

Kenes menceritakan bahwa bahasa Indonesia memiliki potensi besar untuk dikenal di kancah internasional, terutama melalui pengajaran BIPA. Ia juga menyoroti keberagaman budaya Indonesia sebagai daya tarik utama bagi pelajar asing. Dengan penuh antusiasme, ia mengajak siswa-siswa SMP untuk memahami dan mencintai bahasa Indonesia bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai jendela yang mengungkapkan kekayaan budaya yang luar biasa.

Antusiasme Siswa dan Harapan Masa Depan

Sosialisasi ini disambut dengan antusias oleh para siswa SMP Negeri 1 Ngargoyoso. Mereka tidak hanya mendapatkan wawasan baru mengenai pentingnya bahasa Indonesia dalam konteks global, tetapi juga memahami bagaimana kebudayaan Indonesia dapat dipromosikan melalui bahasa. Sesi tanya jawab yang interaktif menunjukkan tingginya minat siswa terhadap topik yang dibahas. Banyak dari mereka yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang peluang belajar dan mengajar bahasa Indonesia di luar negeri.

Dengan sosialisasi ini, kelompok mahasiswa Hibah MBKM Universitas Sebelas Maret berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat rasa bangga terhadap bahasa Indonesia di kalangan generasi muda. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam upaya program internasionalisasi bahasa Indonesia melalui pengajaran BIPA yang fokus pada kebudayaan Indonesia.

 

Penulis

Arif Wahyu Nugroho, Fatmawati, Ivana Magdalena, Nova Putri Ramadhani, Selvina Dewi Anggraini

    Apakah tulisan ini membantu ?

    812 Hibah MBKM Mojar Candi Prambanan

    Add comment