Soloensis

Qailulah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Aktivitas seorang ibu rumah tangga sehari-hari menguras begitu banyak energi. Rutinitas seputar dapur, kasur dan sumur itu tidaklah ringan. Setiap ibu rumah tangga yang bijak hendaknya tidak mengambil hak dirinya untuk beristirahat, seberapapun banyaknya tugas yang menanti. Karena jika tidak dibatasi, pekerjaan rumah tangga itu tidak akan ada habis-habisnya. Seorang ibu rumah tangga yang tidak mempunyai asisten akan memulai kegiatannya dari sebelum subuh sampai larut malam, dan melakukan itu semua sungguh melelahkan, sehingga memerlukan energi yang berlipat-lipat dan perhatian yang tak kalah berlipatnya juga.

Nah, sebelum mengharapkan perhatian dari orang lain, sebaiknya seorang ibu rumah tangga memberikan perhatian terhadap dirinya sendiri dengan menetapkan waktu untuk beristirahat, minimal 10-30 menit saja setiap siang, bisa dalam bentuk tidur atau hanya sekedar berbaring dan beristirahat sejenak saja. Mengapa? Karena menurut David Dinges yang bekerja sebagai peneliti di University of Pennsylvania School of Medicine tidur siang sejenak mampu meningkatkan kemampuan memori, kewaspadaan, meningkatkan semangat, meningkatkan kemampuan motorik dan pengambilan keputusan, dan mengurangi stres sebesar 30 persen. Selain itu, tidur siang dipercaya menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Di dalam Islam tidur siang sejenak ini dinamakan qailulah, dan Rasulullah SAW sejak empat belas abad yang lalu telah menganjurkan kita melakukannya. Tanpa penelitian yang ribet dan njelimet, Rasulullah tahu bahwa tidur siang sejenak sangat baik untuk tubuh kita setelah beraktivitas sejak subuh. Qailulah termasuk kebiasaan yang menyehatkan, asal tidak berlebihan. Qailulah akan menyegarkan badan dan menbantu kita untuk shalat malam. Dalam hubungannya dengan tugas-tugas menumpuk seorang ibu rumah tangga, qailulah atau tidur siang sejenak ini jelas membantu kita untuk bersikap positif dalam menghadapi segala tugas dan tingkah anak-anak kita.

Jika Anda seorang ibu yang baru saja melahirkan, tidur siang jelas sangat penting buat Anda. Setelah semalaman begadang menjaga dan menyusui bayi baru lahir Anda, Anda memerlukan waktu beristirahat yang cukup untuk melanjutkan tugas Anda di siang hari sebagai seorang ibu. Manfaatkanlah waktu tidur bayi untuk Anda beristirahat. Jadi, ketika bayi tidur Anda pun silahkan tidur juga, tak mengapa walau hanya sepuluh menit. Jangan pikirkan segala pekerjaan yang belum terselesaikan. Utamakanlah kesehatan Anda, karena jika Anda sehat dan bugar, kemungkinan untuk memberi bayi Anda ASI sangat besar. Namun jika Anda kecapaian dan bahkan stres, biasanya akan menghambat atau mengurangi produksi ASI sehingga aktivitas menyusui akan terganggu. Padahal kita tahu, nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir adalah ASI. Lagipula, dengan menyusui, kedekatan batin antara ibu dan anak akan tercipta. Anda tentu ingin anak Anda selalu merasa ingin dekat dengan Anda, bukan?

So, be a smart mommy. Berikan hak tubuh Anda untuk beristirahat, dan dapatkan kebugaran dan kesegaran sepanjang hari, sehingga Anda mampu berpikir positif dalam menghadapi segala tantangan menjadi full time mommy.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ummu Ayyasy

Ummul banin. Menyukai bidang pertanian, bahasa asing, psikologi dan jurnalistik. Senang mengajar dan tak mau berhenti belajar.

Add comment