Soloensis

Kebersihan Lingkungan Tempat Kos

Kebersihan Lingkungan Tempat Kos 

Oleh : Anisah Heriani

Mahasiswa FKM UINSU

          Lingkungan tempat kos saya dekat dengan perkotaan, kebersihan lingkungan diluar kos sangat kotor, banyak sampah yang berserakan dan dibuang sembarangan, sehingga lingkungan kos tercemar oleh berbagai sampah baik sampah organik maupun non organik. Adapun mengenai kebersihan lingkungan di dalam kos sangatlah minim. Hal ini dikarenakan tidak ada kesadaran dalam diri masing-masing individu, misalnya sering menumpukkan pakaian kotor di dalam kamar, banyak menggantung pakaian di kamar, kamar mandi sering tidak di tutup rapat sehingga menimbulkan aroma tidak sedap, sampah sering dibiarkan  menumpuk sehingga banyak mengundang nyamuk untuk datang, terkadang siap makan sering meletakkan piring kotor di bawah tempat tidur, dan kebiasaan  membuang sampah sembarangan seperti diselokan sehingga saluran air menjadi tersumbat.  

Dari contoh-contoh diatas, dapat berdampak menimbulkan penyakit di lingkungan kos, seperti penyakit demam berdarah dan diare. Yang disebabkan lingkungan yang kita tempati tidak bersih. Maka dari itu kita perlu merawat serta menjaga kebersihan lingkungan kos kita, agar kita yang berada di lingkungan tersebut merasa nyaman dan terhindar dari penyakit.

          Jadi apa itu kebersihan? Kebersihan menurut Dr. Watni Marpaung MA dalam buku Pengantar Hadis-hadis Kesehatan adalah upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dan keji dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan, dan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan. Sebaliknya, kotor tidak hanya merusak keindahan tetapi juga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, dan sakit merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan penderitaan. 

          Kebersihan juga berhubungan dengan kesehatan lingkungan hidup masyarakat.Didalam https://www.dosenpendidikan.co.id/kesehatan-lingkungan/ yang dimaksud dengan kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 menyebutkan bahwa kesehatan adalah sebagai suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. Jadi yang dimaksud dengan kesehatan lingkungan di dalam https://www.dosenpendidikan.co.id/kesehatan-lingkungan/ menurut Slamet Riyadi ilmu kesehatan lingkungan ialah bagian integral dari ilmu kesehatan masyarakat yang khusus mempelajari dan menangani tentang hubungan manusia dengan lingkungannya untuk mencapai keseimbangan ekologi dan bertujuan untuk membina dan meningkatkan derajat maupun kehidupan sehat yang optimal.           

          Di dalam agama islam kebersihan itu merupakan sebagian dari iman. Dalam agama islam ajaran untuk hidup bersih sudah ada di perintah shalat 5 waktu. Dengan demikian, menurut Dr. Watni Marpaung MA dari buku Pengantar Hadis-hadis Kesehatan dalam agama islam ajaran tentang kebersihan menyangkut berbagai hal, antara lain kebersihan batin, kebersihan badan, kebersihan tempat, kebersihan pakaian, kebersihan makanan dan minuman, kebersihan lingkungan, kebersihan dalam rumah tangga, dan kebersihan harta. Dan orang yang menjaga kebersihan dan kesucian dirinya akan dicintai allah swt. 

          Adapun manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita terutama di tempat kos yaitu, agar terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan dari bakteri-bakteri yang muncul, menciptakan lingkungan yang sehat, sejuk dan bersih, dapat menghirup udara dengan segar, serta terhindar dari udara yang kotor. 

          Agar lingkungan kos kita terjaga kebersihannya, maka dilakukan upaya untuk meminimalisirkan kebersihan lingkungan kos, yaitu dengan cara meminimalisirkan banyaknya baju yang digantung, membuat jadwal piket kamar, membuat jadwal antrian masuk ke kamar mandi agar dapat memaksimalkan waktu, sering menyapu kamar kos, sering membersihkan kamar mandi terutama bagian selokan dan bak mandi agar tidak ada jentik-jentik nyamuk, membuang sampah pada tempatnya, mencuci baju dan mencuci piring setiap hari jangan menunggu hingga menumpuk, kamar kos sering disemprot agar tidak banyak nyamuk, sehingga tempat kos kita sehat dan  tidak mudah terserang oleh penyakit.  

          Jadi, kebersihan sangatlah penting dalam kehidupan manusia karena dapat menghindarkan kita dari berbagai bahaya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita baik jasmani maupun rohani. Maka dari itu kita harus peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita dengan cara mulai hidup bersih yang dimulai dari diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal yang kecil terlebih dulu, seperti tidak membuang sampah sembarangan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekitar. Apabila kita sendiri bersih lingkungan yang kita tempati juga ikut bersih sehingga kita yang berada di lingkungan tersebut merasa senang dan bahagia.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment