Soloensis

Mengenal Beberapa Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh Manusia

images (15)

Akupunktur merupakan terapi yang cukup populer. Terapi yang satu ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil dan halus ke bagian tubuh tertentu. Akupunktur ini sendiri telah sangat dipercaya bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya menghilangkan rasa sakit. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu akupunktur dan manfaatnya.

Apa itu Akupunktur?

Awalnya akupunktur merupakan teknik penyembuhan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Menurut para ahli pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh mempunyai aliran energi yang disebut Qi (chi) yang bila sehat akan mengalir dengan lancar ke berbagai sistem organ. Namun kini akupunktur telah menjadi salah satu cabang ilmu kedokteran modern yang dikenal juga dengan sebutan akupunktur medis. 

Terapi ini dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik (Sp.Ak) dan dokter umum yang mempunyai sertifikasi di bidang tersebut. Berbeda dengan akupunktur tradisional yang menggunakan konsep Qi (chi), akupunktur medis didasarkan pada pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi tubuh untuk bisa merangsang fungsi dan sistem organ tertentu pada tubuh, serta pelepasan zat-zat tertentu dalam tubuh. 

Seperti seperti endorfin dan serotonin untuk menghilangkan rasa sakit. Selain itu, rangsangan fisik penyisipan jarum di tempat tertentu dapat mempengaruhi pemrosesan nyeri pada sistem saraf pusat. Titik akupunktur terdapat di seluruh tubuh, bahkan bisa letaknya jauh dari area sumber nyeri. Sebelum terapi dimulai, dokter akan memberi tahu Anda lokasi pengobatan. Prosedur akupunktur terdiri dari:

  • Penyisipan jarum (needle insertion). Jarum akupunktur ditusukkan ke berbagai kedalaman pada titik-titik strategis di tubuh Anda. Jarum yang digunakan sangat tipis, fleksibel, dan ukurannya berkisar antara 10–100 mm. Proses memasukkan jarum ini biasanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda mungkin juga akan segera merasakan sensasi nyeri ringan saat jarum mencapai kedalaman yang tepat.

  • Manipulasi jarum. Dokter dengan lembut menggerakkan atau memutar jarum setelah dimasukkan atau mungkin memberikan panas atau arus listrik ringan ke jarum.

  • Pencabutan jarum. Dalam kebanyakan kasus yang sering terjadi, jarum akan tetap berada di tempatnya selama sekitar 10–15 menit. Proses pencabutan jarum biasanya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman.

Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan, akupunktur kini telah diakui sebagai salah satu cabang ilmu kedokteran sehingga manfaatnya bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Akupunktur ini diketahui juga dapat membantu untuk mengatasi migrain, meredakan berbagai jenis nyeri, dan meningkatkan kualitas tidur. Berikut ini adalah beberapa penjelasan paling lengkap mengenai manfaat dari akupunktur:

Mengatasi Sakit Kepala

Salah satu manfaat akupunktur adalah membantu mengatasi gejala berbagai jenis sakit kepala, seperti migrain. Untuk meredakan gejala migrain, terapi ini akan membantu melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon yang berfungsi mengurangi rasa sakit, termasuk sakit kepala akibat migrain.

Akupunktur ini juga telah menjadi salah satu terapi yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala jenis lain, misalnya sakit kepala tegang. Terapi ini akan dilakukan dengan cara menusukkan jarum kecil ke bagian leher dan kepala untuk melepaskan hormon endorfin yang dapat meredakan nyeri.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat akupunktur lainnya adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang normal merupakan salah satu indikator tubuh sehat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Ketika tekanan darah tetap terjaga dengan baik, maka risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti jantung, juga akan semakin berkurang.

Memperlambat penuaan kulit

Dari segi kesehatan kulit, manfaat akupunktur adalah membantu memperlambat penuaan kulit karena dapat meningkatkan elastisitas kulit. Terapi akupunktur pada kulit disebut juga akupunktur kosmetik yang dilakukan dengan cara menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di kepala, leher, dan wajah. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas akupunktur dalam bidang kecantikan.

Meringankan Nyeri dan Kaku di Leher

Manfaat lain dari akupunktur adalah meringankan nyeri serta kaku pada leher. Kondisi ini cukup umum dialami, terutama pada orang yang banyak menghabiskan waktunya di depan komputer saat bekerja. Melalui proses akupunktur, dokter juga bisa membantu menghilangkan kaku dan nyeri di leher, serta memperbaiki fungsi leher. Manfaat akupunktur untuk keluhan ini tidak bertahan lama sehingga dokter perlu melakukan pengobatan lebih lanjut agar rasa nyeri dan kaku pada leher bisa sembuh sepenuhnya. 

Manfaat Kesehatan Lainnya

Selain berbagai manfaat yang sudah kita sebutkan di atas, akupunktur adalah salah satu proses yang juga bermanfaat dalam membantu manusia dalam meredakan gejala dari masalah kesehatan lainnya, seperti low back pain, neuropati perifer, hingga rheumatoid arthritis. Berikut ini uraian selengkapnya.

  • Nyeri punggung bawah (low back pain). 

  • Osteoarthritis.

  • Neuropati perifer, sebuah kerusakan yang terjadi pada sistem saraf tepi di luar otak dan sumsum tulang belakang.

  • Mual. 

  • Rheumatoid arthritis.

  • Kelelahan (fatigue).

Demikian ulasan tentang Mengenal Beberapa Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh Manusia seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment