Soloensis

Pengertian ACP dan Sticker Vinyl Serta Bermacam Kegunaannya

ACP ialah singkatan dari Alumunium Composite Panel yang disebut material kombinasi di antara pelat Alumunium dan bahan Composite. ACP bisa dilukiskan sebagai panel datar yang terbagi dalam pokok memiliki bahan non-aluminium yang digabungkan antara dua helai aluminium. Helai alumunium bisa dilapis dengan cat PVDF atau Polyester.

 

Jenis ACP

Jenis ACP menurut susunan catnya terbagi dalam 2 jenis, yakni

  • Polyester (PE) yang umum sering dipakai untuk interior.
  • PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang umum di pakai di exterior. Karena tipe ini tahan semua tipe cuaca, hingga susunan warna bisa bertahan semakin lama dibanding dengan tipe Polyester.

Material ini mempunyai karakter dan ketahanan yang kuat pada air dan bermacam jenis cuaca. Oleh karena itu kerap dipakai sebagai panel lapisan dinding dari satu bangunan baik di indoor atau outdoor. Kecuali untuk program dinding ACP dapat dipakai dalam bermacam jenis program diantaranya sebagai piranti interior dan eksterior.

ACP sendiri memiliki bermacam opsi warna dan yang biasa ialah beberapa warna landasan yang kompak. Walau sekarang ini telah ada opsi acp yang memiliki beberapa macam pola tentu tidak seluruhnya orang menyenanginya, karena itu jalan satu-satunya dengan mencatnya.

Pemberian warna seperti warna gradasi atau pola dan tidak hanya terbatas pada tehnik cat tetapi juga tehnik tempel (stiker / vinyl). Perlu dicatat jika material yang digunakan oleh jasa laser cutting ACP mempunyai standard ketebalan yang serupa yakni 4 mm.

 

Keunggulan ACP

  • Berat material yang lebih enteng tetapi memiliki kemampuan yang semakin tinggi dan kuat.
  • Karakternya yang keras dan kaku tapi enteng mempermudah saat proses instalasi.
  • Karena dibuat dari alumunium karena itu tahan pada cuaca luar ruang hingga tahan pada karat.
  • Permukaan yang rata dan lembut.
  • Bahan yang baik untuk dekor baik exterior atau interior.
  • Gampang dibuat, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan memakai perlengkapan konservatif atau perlengkapan simpel yang lain.
  • Bahan pokoknya dibuat dari polyetthylene hingga helaiannya tahan api.

 

Kegunaan ACP

  • Fasad gedung tingkat atau bangunan yang berciri kekinian.
  • Interior sebuah ruangan yang umumnya untuk palfon, penyekat ruang, wallpaper dinding, dan lain-lain.
  • Pengerjaan signage seperti pylon sign, monumen.

Nah, sesudah mengetaui mengenai ACP, kami akan mengulas mengenai sticker vinyl yang dapat kalian baca berikut di bawah ini.

 

Pengertian Sticker

Sticker vinyl ialah selembar kertas, plastik atau bahan yang lain dengan perekat di salah satunya seginya. Penerapan dengan ditempel ke atas media yang diperuntukkan untuk identitas, hiasan atau untuk maksud yang lain.

 

Jenis Bahan Sticker

Jumlahnya bahan pembikin sticker jadikan macamnya juga bermacam, diantaranya:

  • Vynil tipe sticker vinyl ialah dibuat dari plastic hingga membuat tidak gampang sobek. Tahan air hingga dapat untuk outdoor.
  • Sticker Paper yang dibuat berbahan kertas yang gampang hancur dan sobek dan tidak kuat air. Biasanya dipakai untuk cap produk, cap info, mainan beberapa anak, indentitas sementara, dan lain-lain.
  • Perforasi disebutkan sticker One Way Vision hanya karena bisa disaksikan dari 1 segi saja, memiliki sifat sama dengan kaca riben. Design stiker ini berupa gambar tidak utuh atau berlubang-lubang.

Kami akan konsentrasi mengulas pada tipe sticker vynil karena bahan ini ialah yang kerap dipakai untuk keperluan advertensi. Tipe ini umumnya dipotong memakai mesin yang mengikut skema/ desain tertentu. Pasti untuk jalankan proses potong harus memakai sebuah computer yang tersambungsi dengan mesin itu. Proses ini umumnya disebutkan sticker cutting atau cutting sticker.

Kecuali keunggulannya yang tahan air dan tidak gampang sobek sticker vynil punyai kekurangan yakni opsi warna. Opsi warna yang hanya terbatas pada beberapa warna kompak (non gradasi) dan metalic saja, cukup membuat kesusahan.

Salah satu langkah untuk mendapatkan warna gradasi dengan cetak warna pada sticker putih dengan mesin printer. Walau warna hasil proses dari printing tidak setajam warna kompak pada sticker non print. Untuk sekarang ini telah ada sticker dengan warna gradasi walau terbatas beberapa warna tertentu saja.

 

Kegunaan Sticker Vinyl

Di dunia advertensi manfaat sticker vynil sebagai berikut ini:

  • Pengerjaan cap branding toko, produk makanan dan ada banyak kembali
  • Marka jalan atau rambu jalan raya
  • Untuk finising huruf muncul, neon box atau signage

Jumlahnya langkah penerapan sticker jadikan bahan ini sering kali dipakai. Fleksible, tahan air/ cuaca dan tidak gampang robek jadi argumennya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment