Soloensis

5 Tips Saat Membuat Video CV Lamaran Kerja

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dewasa ini, dengan berkembangnya teknologi membuat para pencari kerja tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi tersebut guna membuat atau mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan tatkala sedang dibuka lowongan kerja. Dan salah satu teknik yang bisa digunakan dalam proses pengiriman CV yaitu dengan menggunakan rekaman video. Namun dalam penggunaan lamaran dengan menggunakan rekaman video, hanya  beberapa perusahaan  saja yang menganjurkan hal tersebut. Nah jika kebetulan perusahaan yang anda lamar menganjurkan hal tersebut, sebaiknya buatlah dengan sebagus bagusnya

Namun dalam pembuatan surat lamaran berbasis rekaman video, setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu tekniknya. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips dalam pembuatan rekaman video untuk CV, yaitu sebagai berikut.

1. Profesional
Dalam pembuatan rekaman video untuk CV, bukanlah hal yang dibuat sekedar untuk main-main semata. Berbagai gerakan tubuh harus anda perhatikan dengan baik, cara bicara anda, serta hal-hal lainnya yang bersipat detail namun bisa memberikan pengaruh terhadap video anda yang nantinya akan diperhatikan oleh perusahaan tersebut. Jadi anda harus memastikan kalo anda serius serta anda memiliki jiwa yang profesional ketika anda membuat video CV tersebut untuk melamar satu pekerjaan.

2. Suara dan cahaya 

Pihak perusahaan tidak akan mengharapkan CV yang anda kirim dalam keadaan video rekaman yang terlihat buruk atau bahkan tidak menarik untuk dilihat. Oleh karena itu, anda harus memastikan suara yang direkam terdengar baik juga jelas, serta pihak perusahaan dapat melihat wajah anda dengan jelas dikarenakan tingkat pencerahaan yang pas.

3. Senyum

Pada titik ini, anda harus benar-benar memperhatikan gerak tubuh  agar nampak lebih tegas serta sopan. Dan satu hal yang sangat penting, anda jangan lupa untuk tersenyum, tunjukan senyuman terindah yang anda miliki. Buatlah calon atasan anda yakin kalo anda memang layak untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang anda incar tersebut.

4. Jangan bertele-tele
Dalam pembuatan rekaman video CV, anda bisa saja menganggap kalo proses tersebut merupakan proses dimana wawancara tengah berlangsung, yang memang sangatlah membutuhkan jawaban yang singkat, padat, serta jelas. Anda harus menghindari kalimat yang memang sifatnya berputar-putar namun tidak memiliki arti yang pasti.

5. Jadilah diri sendiri

Nah untuk poin ini juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa teknik lainnya, Karena walaupun anda berusaha sejaim mungkin ketika anda tengah membuat video CV, semua kelakuan yang anda miliki pasti akan terbongkar juga serta akan terlihat oleh pihak perusahaan yang akan merekrut anda, dan hal tersbeut akan terbongkar ketika proses wawancara berlangsung, maka kami anjurkan kepada anda untuk menjadi diri sendiri.

Ketika membuat video CV memang bisa dibilang gampang, kadang juga bisa di bilang susah. Namun tidak ada salahnya  anda berlatih dari sekarang untuk membuat rekaman video CV.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dodhy Hardiyant

Bukan siapa2

Add comment