Soloensis

5 Skill Yang DiButuhkan Dunia Kerja Pada Era Digital Sekarang

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sekarang ini, skill memang merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seseorang dalam melamar atau bagi yang fresh graduate yang ingin mendapatkan pekerjaan. IPK memang merupakan ukuran dalam menilai proses belajar pada seseorang, tapi dalam hal pekerjaan , IPK tak wajib dalam proses perekrutan, yang utama adalah skill.

Beriku beberapa skill yang di butuhkan di era digital sekarang ini!

1. PROGRAMMING

Sekarang ini banyak sekali bertebaran diluar sana karya baik di bidang website ataupun aplikasi mobile. Skill yang satu ini memang terbilang cukup banyak diminati sekarang dalam industri kreatif maupun perusahaan yang ingin menerapkan teknologi dibidang website dan aplikasi mobile, karena rata-rata sekarang ini sudah serba online.

Bagi anda yang ingin memiliki skill programming, banyak sekali tempat belajar coding yang bisa anda dapatkan di berbagai platform website atau aplikasi mobile, ada yang gratis ada juga yang berbayar.

2. SEO

Skill kedua kali ini lebih dalam tahap promosi, tapi promosi kali ini bukan promosi yang biasa dilakukan oleh MLM, melainkan promosi dengan cara online. Maksudnya? Jadi maksudnya promosi yang dilakukan adalah mengoptimasi website kita agar mudah di temukan oleh pihak konsumen. Banyak blog yang menyediakan artikel tentang cara belajar seo di google.

Nah semakin banyak calon konsumen yang mengunjungi website kita, mungkin sebagian akan terkonversi menjadi pembeli, jadi prosesnya seperti mengoptimasi website dan artikel peringkat web dan artikel berada di posisi yang baik di search engine milik google.

3. EDITING VIDEO

Editing video merupakan skill ketiga yang paling banyak di cari sekarang ini, rata-rata sekarang ini orang hobi dalam hal menonton apalagi ketika menggunakan platform milik google yaitu Youtube.

Jutaan bahkan Milyiaran video diupload setiap harinya di platform youtube tersebut, dari sini kita sudah berpendapat bahwa skill editing video sangat menguntungkan, bahkan ada banyajk juga youtuber sekarang yang lagi mencari editing video.

4. DESIGN / EDITING

Hampir sama dengan skill Editing video, sekarang ini banyak perusahaan yang lagi mencari orang yang memiliki skill di bidang Design, biasanya perusahaan mencari untuk dibuatkan design produk, design logo, maupun design promosi yang akan di lakukan nantinya.

5. CONTENT WRITER

Banyak bertebaran diluar sana yang lagi mencari Content Writer untuk mengisi websitenya. Biasanya content writer dibayar perartikel ataupun dalam kontrak yang telah disepakati.

bagi anda yang ingin belajar dalam membuat artikel yang menarik atau mendapatkan ide menulis artikel, anda bisa cari di google. Sudah banyak sekali bertebaran di luar sana tutorial yang tersedia, tinggal anda sendiri saja yang memiliahnya.

Itulah beberapa skill yang paling banyak di cari oleh perusahaan ataupun para perekrut pekerjaan seperti HRD. IPK memang penting, tetapi IPK tak selamanya wajib dalam hal penentuan merekrut para pekerja, yang terpenting adalah SKILL. Buat apa IPK tinggi tapi skill tak ada.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Juliarman Umar

Sekarang Berprofesi sebagai fullstack developer di wilayah web/mobile

1 comment