Soloensis

Pengertian, Jenis dan Fungsi Iklan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Iklan sendiri merupakan berita atau pesan yang ditujukan untuk membujuk orang agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, iklan ini biasanya dipromosikan melalui media periklanan diantaranya seperti, radio, koran, televisi, majalah dan internet.

Iklan ini mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan memiliki sifat mengajak atau membujuk pembaca agar melakukan apa yang diinginkan.

Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi yang ada, ajakan untuk melakukan sebuah  hal. Seperti ajakan untuk menanam pohon dab bahkan menjauhi obat-obat terlarang.

Jenis-Jenis Iklan

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

A. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan) adalah iklan yang bertujuan untuk menarik simpatik masyarakat tentang suatu hal pemberitahuan.

B. Iklan Penawaran (Niaga) adalah iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat.

Contoh iklan niaga :

  • Iklan penawaran barang (produk), misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor dll.
  • Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik , iklan jasa pengantaran barang dll.

C. Iklan Layanan Masyarakat merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan untuk memberikan pencerahan mengenai sesuatu hal.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media Penggunaan Iklan

A. Iklan cetak adalah jenis iklan yang pembuatan dilakukan dengan menggunakan tehnik cetak serta penempatan iklan ini dilakukan di media datar.

B. Iklan Elektonik adalah jenis iklan yang penayangannya dilakukan di perangkat-perangkat elektronik, dalam iklan elektronik terbagi menjadi beberapa bagian jenis elektronik.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

A. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendapatkan income (pendapatan) dengan kegiatan utamanya ialah menjual barang dan jasa. Iklan ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

Iklan Konsumen, adalah Jenis Iklan yang ditunjukan langsung kepada konsumen.

Iklan Bisnis, merupakan Jenis Iklan yang ditunjukkan kepada seseorang pengelola baik perorangan, Instansi atau koordinasi Perusahaan yang kemudian pengelola tersebut yang menjual atau jasa kepada konsumen.

Iklan Profesional, merupakan iklan jenis bisnis yang ditunjukkan kepada para pembisnis profesional yang dapat mengelola dengan baik iklan yang di ajukan kepada para pembisnis.

Contoh iklan komersial : Iklan TV, iklan di platform Youtube.

B. Iklan non komersial adalah jenis iklan yang tidak mengandung unsur ekonomi di penyangannya.

Fungsi Iklan dan Tujuan Periklanan

1. Persuading (Membujuk)

Periklanan bisa membentuk preferensi merek tertentu serta dapat mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mengajak konsumen untuk membelinya sekarang.

2. Informing (Memberi Informasi)

Periklanan bisa memberitahukan pasar tentang suatu produk baru yang sudah ada serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru dan juga menjelaskan cara kerja, serta membangun citra perusahaan.

3. Reminding (Mengingatkan)

Iklan Reminding merupakan iklan yang melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek barang yang sudah ada tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment