Soloensis

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsi OS

OS, sudah pernahkah Anda mendengar istilah ini? Bila Anda memahami akan sangkut-paut komputer, maka ini jadi hal penting untuk diketahui.

Secara terminologi, pengertian sistem operasi komputer ialah satu software yang menjalankan peranan untuk memanajemen operasi-operasi dari perangkat komputer itu sendiri.

Dalam bahasa inggris, sistem ini diketahui dengan arti Operating System (OS). Bila Anda ingin beli sebuah perangkat komputer atau laptop, maka OS ini jadi penting untuk diperhatikan. Karena OS mempunyai fungsi penting buat kinerja komputer/ laptop itu. Lalu apa fungsi dari OS ini?

Peranan OS / Sistem Operasi Komputer : Pada intinya sistem operasi ialah sebuah perangkat lunak yang berfungsi jadi sistem dasar pada suatu perangkat. Sistem ini seringkali jadi aspek terpenting buat seseorang dalam menilai satu produk teknologi, misalnya komputer.

Dalam kata lain, tanpa sistem operasi ini, maka user tidak bisa jalankan komputernya. Sehingga tidaklah heran OS jadi fokus user dalam pilih perangkat yang akan dipakai. Nah buat Anda yang ingin tahu fungsi dari OS ini, di bawah ini beberapa fungsinya bisa Anda tahu.

1. Manajemen Kinerja Perangkat

Bila melihat kembali pemahaman sistem operasi di atas, maka satu diantara fungsi dari OS ialah memanajemen kapasitas perangkat tersebut. Perangkat yang dikelola terhitung perangkat keras dan perangkat lunak.

OS bekerja untuk membuat kapasitas perangkat itu, dari mulai hal sederhana sampai ke hal yang lebih kompleks. Hingga perangkat itu dapat bekerja dengan maksimal.

2. Sebagai Wadah dari Aplikasi

Peranan sistem operasi berikutnya sebagai wadah dari satu Aplikasi yang ada pada komputer tersebut. Bila dilihat sekilas, aplikasi terdapat pada memory perangkat itu, tetapi pada intinya aplikasi tersimpan di OS. Hingga perihal ini pula yang membuat OS disebutkan jadi wadah dari aplikasi-aplikasi yang berada di komputer.

3. Optimalisasi Kerja Perangkat

Di samping jadi wadah aplikasi serta memanajemen kapasitas perangkat, sistem operasi berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari perangkat tersebut.

Beberapa hal berkaitan kinerja dari perangkat (hardware atau software) dimaksimalkan oleh OS. Seperti saat Anda cari data yang tersimpan pada perangkat itu, maka OS mempunyai fungsi untuk memaksimalkan proses penelusuran itu.

4. Mengontrol Kinerja Sebuah Aplikasi

Seperti diketahui awalnya, jika sistem operasi komputer berfungsi jadi wadah dari aplikasi. Di samping jadi wadah itu, OS berfungsi untuk mengatur kapasitas dari aplikasi tersebut. Diluar itu, OS mengatur user yang jalankan aplikasi itu, hingga antara keduanya bisa tersinkronkan secara baik.

Tidak hanya fungsi-fungsi di atas, sistem operasi memiliki fungsi lain, seperti sebagai Server dan Pengawal. Jadi server, OS akan memberi sarana yang diinginkan oleh user saat terhubung perangkatnya.

PEWARTA : https://pewarta-indonesia.com/2020/10/investasi-konvensional/
UNIDAR : https://ji133.student.unidar.ac.id/2020/10/investasi-konvensional.html
UNILA : https://komunitas.feb.unila.ac.id/candrabi/investasi-konvensional/
UAJY : https://blogs.uajy.ac.id/triatmadi/2020/10/14/investasi-konvensional/

Sementara jadi pengawal, OS berfungsi membuat perlindungan data serta batas-batas dalam terhubung data itu oleh user. Hingga user bisa dengan nyaman serta aman dalam memakai perangkatnya.

Itu tadi beberapa informasi terkait pengertian sistem operasi dan fungsinya yang bisa Anda tahu. Sekarang OS sudah mengalami perubahan yang cukup cepat. Ada beberapa jenis perusahaan yang mengeluarkan produk dalam bidang OS ini.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment