Soloensis

Pasar Gawok Yang Eksentrik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Pasar Gawok merupakan  salah satu dari sedikit pasar tradisional yang buka hanya berdasarkan patokan pasaran. Pasar yang terletak di Desa Gawok, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, ini  hanya buka pada hari pasaran Pon dan Legi.  Letaknya berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Gawok ke arah tenggara sekitar 2 kilometer.

Pasar Gawok mengingatkan kita pada suasana pasar-pasar tradisional tempo dulu yang memberikan nilai ketertarikan tersendiri. Para pedagang tidak berjualan di dalam kios – kios seperti pasar modern melainkan berupa los-los yang terbuka. Penjual tinggal menggelar dagangannya di lantai, atau menggantungkan pada tali mirip menggantung jemuran. Memudahkan pembeli untuk memilah dan memilih barang apa yang mau dibeli.

Seperti pasar tradisional lain yang menyediakan hampir semua kebutuhan warga pedesaan, berupa perabot dapur dari anyaman bamboo atau rotan, binatang ternak mulai dari ayam, kambing , dan bebek.  Tidak hanya itu ada juga terapi bekam, pedagang obat, penjahit, tukang patri, pande besi, dan tukang cukur tradisional merupakan pemandangan menarik di pasar ini.

Kuliner di pasar ini pun memanjakan kita dengan berbagai macam pilihan yang meningkatkan selera makan. Makanan terlezat di wilayah Solo mungkin bisa ditemukan di Pasar Gawok seperti ; sate kambing, soto kwali, tahu kupat, dan tongseng,.

Setelah selesai menikmati kuliner pasar, Kita bisa menonton adu jago tidak jauh dari warung makan yang berderet di los terbuka itu. Pasar ini memang menawarkan eksentriksme pasar masa lalu yang mulai langka.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Dais Aqimulhaq

Mahasiswa

Add comment