Soloensis

Peran Pemerintah Dalam Perekonomian Negara Maju

Oleh Faiz Nur Maajid, Mahasiswa S1 Transfer Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sementara konsumen dan produsen jelas membuat sebagian besar keputusan yang membentuk ekonomi, kegiatan pemerintah setidaknya memiliki empat efek kuat pada ekonomi :

Layanan Langsung

Setiap tingkat pemerintahan menyediakan layanan langsung. Sistem pos, misalnya, adalah sistem federal yang melayani seluruh negara, seperti halnya perusahaan militer besar. Sebaliknya, pembangunan dan pemeliharaan sebagian besar jalan raya adalah tanggung jawab masing-masing pemerintah negara bagian. Sistem pendidikan publik umumnya dibayar oleh pemerintah negara bagian, kabupaten atau kota. Secara umum, polisi dan perlindungan kebakaran adalah tanggung jawab pemerintah daerah.

Regulasi dan Kontrol

Pemerintah mengatur dan mengendalikan perusahaan swasta dalam banyak cara untuk memastikan bahwa bisnis melayani kepentingan terbaik rakyat secara keseluruhan. Regulasi biasanya dianggap perlu di daerah di mana perusahaan swasta telah diberikan monopoli, seperti dalam layanan telepon listrik atau lokal, atau di daerah lain di mana terdapat persaingan terbatas, seperti halnya dengan jalur kereta api. Kebijakan publik memungkinkan perusahaan semacam itu untuk menghasilkan laba yang wajar, tetapi membatasi kemampuan mereka untuk menaikkan harga “tidak adil” (seperti yang didefinisikan oleh regulator) karena publik bergantung pada layanan mereka. Seringkali kontrol dilakukan untuk melindungi masyarakat, misalnya, ketika dilarangnya obat-obatan berbahaya, atau memerlukan standar kualitas dalam makanan. Di industri lain, pemerintah menetapkan pedoman untuk memastikan persaingan yang adil tanpa menggunakan kontrol langsung.

Bantuan langsung

Pemerintah menyediakan banyak jenis bantuan untuk bisnis dan perorangan. Misalnya, untuk tarif mengizinkan produk tertentu tetap relatif bebas dari persaingan asing; impor terkadang dikenakan pajak atau dibatasi oleh volume sehingga produk-produk dalam negeri dapat lebih bersaing dengan barang-barang asing. Pemerintah juga memberikan bantuan kepada petani dengan mensubsidi harga yang mereka terima untuk tanaman mereka.

Dalam bidang yang sangat berbeda, pemerintah mendukung individu yang tidak dapat merawat diri mereka sendiri dengan memberikan hibah kepada orang tua berpenghasilan rendah dengan anak-anak tanggungan, dengan menyediakan perawatan medis untuk orang tua dan miskin, dan melalui program asuransi sosial yang membantu para penganggur dan pensiunan. Pemerintah juga menyediakan bantuan untuk orang miskin dan bantuan untuk orang cacat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment