Soloensis

Mengenal Macam-macam Pendekatan dalam Penelitian

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dalam dunia pendidikan, tentunya tidak akan lepas dari upaya mengembangkan ilmu pengetahuan yang terus dilakuan dalam bentuk riset, hal tersebut berkaitan erat dengan macam-macam pendekatan dalam penelitian.

Mengenal Pendekatan dalam Penelitian

Tahukah Anda, bahwa pendekatan sebuah penelitian dapat diartikan sebagai cara berpikir yang digunakan oleh seorang peneliti. Terutama dalam membuat desain, sampai dengan cara risetnya dilakukan secara keseluruhan dari awal hingga akhir.

Penelitian sendiri terdapat beberapa macam, namun kebanyakan peneliti menggunakannya dalam sebuah riset dalam berbagai konteks, baik terapan maupun sosial. Agar lebih paham, simak penjelasan berikut ini.

Macam Pendekatan dalam Penelitian

Jika sudah paham mengenai pengertian, selanjutnya akan membahas tentang macam dari pendekatan penelitian yang umumnya digunakan. Di antaranya:

1. Pendekatan Saintifik (Scientific Approach)

Sebagaimana yang kami sadur dari situs Ngertiaja.com, metode pendekatan saintifik menekankan kaidah keilmuan dengan serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, wawancara, eksperimen. Kemudian, mengolah data yang diperoleh dan mempresentasikannya.

Scientific approach umumnya digunakan dalam mengkaji secara khusus mengenai proses pembelajaran, dimana peserta didik menjadi objek utamanya. Hal ini berbeda dengan tiga pendekatan lain yang umunya digunakan dalam riset sosial.

Secara spesifik, tujuan pendekatan saintifik mengarahkan peneliti agar dapat merumuskan permasalahan dengan aktif bertanya. Tujuannya, untuk mengembangkan karakter serta diharapkan dapat merangsang pola berfikir analitis dan mampu mengambil keputusan.

2. Pendekatan Kuantitatif

Macam-macam pendekatan dalam penelitian berikutnya yaitu pendekatan kuantitatif. Ini memiliki karakteristik yaitu, bersifat lebih terperinci, kaku serta statis. Dimana semua proses dan alurnya sudah tersusun sejak awal dengan kematangan perencanaan menjadi kunci utama.

Ditinjau dari metode pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan survey atau wawancara terstruktur dengan instrumen seperti kuesioner atau angket. Sedangkan analisisnya, bersifat deduktif, karena proses pengambilan kesimpulan melalui pengujian sebuah hipotesa.

Sedangkan tujuan dari penggunaan pendekatan kuantitatif dalam penelitian yaitu, untuk menjelaskan hubungan maupun perbedaan antar variabel serta menguji sebuah hipotesis maupun teori dan generalisasi kejadian sosial yang diteliti.

3. Pendekatan Kualitatif

Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam sebuah penelitian memiliki karakteristik bersifat umum, fleksibel, dinamis serta eksploratif. Jika ditinjau dari metode pengumpulan datanya, menggunakan teknik observasi partisipatoris dan interview mendalam.

Sedangkan ditinjau dari segi analisis data, penelitian ini pada umumnya bersifat induktif. Ini melalui proses mengambil kesimpulan dari studi kasus yang kecil dan detail untuk memperoleh deskripsi gambaran besar. Hal ini memungkinkan ditemukannya sebuah teori baru.

Tujuan dari pendekatan kualitatif untuk memperoleh data penelitian secara lebih dalam. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah teori, serta mendeskripsikan kompleksitas topik fenomena yang diteliti.

4. Pendekatan Campuran

Pendekatan campuran (mix method) ini mengadopsi kombinasi dua metode di atas, tentunya hal tersebut akan memerlukan waktu penelitian yang lama dan dalam beberapa kondisi menjadi lebih sulit. Namun, hasil penelitian menjadi optimal karena data saling melengkapi.

Dari aspek analisis data, umumnya menggunakan gabungan antara metode deduktif dan induktif. Dimana nantinya akan ada kesimpulan yang ditarik dari data berupa angka serta deskripsi. Kemudian keduanya dikombinasikan agar ditemukan benang merahnya.

Pada dasarnya, pendekatan campuran dalam penelitian melibatkan asumsi yang bersifat filosofis. Ditinjau dari tujuannya, metode ini digunakan untuk mendapatkan data maupun hasil lebih detail, lengkap serta berbobot.

Itulah macam-macam pendekatan dalam penelitian dapat digunakan jika akan melakukan sebuah riset. Namun, ada beberapa hal perlu Anda pertimbangkan dalam memilih agar metodenya sesuai untuk menjawab rumusan masalah yang ada.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment