Soloensis

Tak Sesuai Ekspetasi, Ini dia King of Social Media !!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Perkembangan teknologi yang pesat kini membuat masyarakat lebih kecanduan akan internet. Dengan adanya internet yang semakin canggih, membuat masyarakat lebih mudah dalam mengakses segala informasi atau apapun yang mereka butuhkan. Ini menjadi alasan masyarakat takbisa lepas dari internet. Apalagi kita takperlu menggunakan perangkat computer atau laptop untuk mengakses internet, adanya smartphone lebih mempermudah kita untuk mengakses internet. Bentuknya yang simple, mudah dibawa kemana-mana dan multifungsi membuat masyarakat berfikir harus memiliki smartphone.

Seperti yang dikutip inet.detik.com menurut We Are Social, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu untuk berselancar di internet dengan berbagai perangkat hingga delapan jam 51 menit. Mengenai kecepatan koneksi internet, We Are Social mengatakan rata-rata kecepatan untuk fixed broadband mencapai 13,79 Mbps dan rata-rata kecepatan untuk mobile broadband mencapai 9,82 Mbps.

Internet lebih banyak diakses melalui smartphone, selain internet dengan smartphone kita juga dapat mengakses media social. Media social sangat digandrungi masyarakat, hampir 50% pengguna internet, memiliki akun media social. Bahkan media social ini mampu dijangkau anak-anak yang masih dibawah umur. Media social memiliki peran penting, yaitu untuk berkomunikasi, selain itu media social sering digunakan masyarakat untuk berbisnis, dari bisnis yang kecil sampai bisnis yang besar. Memiliki media social menjadi suatu keharusan untuk masyarakat terutama anak-anak muda.

Dilansir dari ekrut.com, belum lama ini, lembaga We Are Social dan Hootsuite melakukan penelitian mengenai pengguna media sosial di Indonesia. Hasilnya, ditemukan ada 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di sejumlah media sosial, termasuk Facebook dan Instagram. Seperti dilansir okezone.com, dengan jumlah penduduk sebanyak 265,4 juta orang, penetrasi penggunaan Internet di Indonesia mencapai 132,7 juta pengguna, per Januari 2018. Dengan demikian, berarti ada sekitar 97,9 persen pengguna Internet di Indonesia yang sudah tersentuh media sosial. Jadi 48% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk media social.

Setelah We Are Social melakukan penelitian untuk melihat mana media social yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Berikut adalah datanya:

sumber: validnews.id

Banyak ekspetasi yang mengatakan jika Facebook adalah rajanya media social namun survey mengatakan Youtube mangambil tempat pertama dalam voting media social yang paling aktif. Youtube sendiri adalah sebuah situs web yang menyajikan video. Video disini bisa berupa video klip, film, video music dan lainnya. Banyak anak muda yang menggunakan YouTube untuk memperlihatkan kehidupan sehari-nya, traveling, menampilkan bakatnya, menyampaikan segala informasi baik hiburan atau berita kemudian dikemas dalam bentuk vlog. Youtube sangat berperan penting dalam industry music baik local ataupun luar negeri. Tak heran Youtube menempati tempat pertama dalam media social yang sering digunakan.

Dikutip dari tangkasnews.com pertumbuhan jumlah video yang diunggah pengguna YouTube dari Indonesia paling besar dibandingkan negara lain di kawasan Asia Pasifik. Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengatakan dari hasil survei pertumbuhannya meningkat ratusan persen. Veronica mengemukakan hasil dari survei Google, peningkatan YouTube Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600 persen berdasarkan data kuartal ketiga 2015 dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu lebih besar tiga kali lipat dari negara lain di Asia Pasifik.

Mengutip dari industri.bisnis.com Indonesia memiliki banyak pengguna Youtube, inilah yang menginspirasi luncurnya YouTube Go. Youtube Go adalah aplikasi seluler Youtube baru yang didesain khusus untuk memberikan akses menonton video yang lebih hemat data namun tetap relevan dan sosial secara lokal. Peluncuran Youtube Go ini diumumkan menyambut data terbaru tentang popularitas Youtube di Indonesia. Menurut App Annie, lebih dari 50 juta orang Indonesia aktif menggunakan Youtube di perangkat seluler mereka setiap bulannya.

Youtube juga hampir menggeser peran televisi yang tadinya sangat penting untuk masyarakat, namun sekarang bisa tergantikan oleh YouTube. Ini karena Youtube juga menyajikan streaming TV online yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun. Masih mengutip dari industri.bisnis.com adapun, dari data riset pada Maret 2018, yang menyebut terdapat selisih tipis antara porsi penonton Youtube dengan porsi penonton televisi. Penonton Youtube terdapat 53% dan penonton televisi sebanyak 57%.  Berbeda dengan televisi yang biasanya memiliki waktu tayang utama di sekitar pukul 19.00, penonton Youtube memiliki prime time beberapa kali dalam sehari yakni pada 09.00 hingga 11.00 pagi dan mengalami peningkatan tertinggi mulai pukul 16.00 yakni selepas bekerja hingga puncaknya di pukul 23.00 sebelum beristirahat. Ini karena Youtube bisa diakses melalui smartphone yang penggunaanya bias digunakan dimanapun.

sumber: a1wallforu.blogspot.com

Berbagai alasan itulah Youtube mendapat tempat pertama dalam social media yang paling banyak digunakan atau aktif. Dilihat dari segala kontennya YouTube memang patut menjadi yang terbaik. Namun ini bukan berarti media social yang lain buruk, semuanya memiliki peranan dan kelebihannya sendiri, hanya saja harus ada yang terbaik dari yang terbaik, untuk itu riset dilakukan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nadina Yuniar Choirunisa

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Surakarta

Add comment