Soloensis

Tak Ada yang Tak Mungkin di Instagram

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pada saat ini, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Instagram. Pasti hampir semua Smartphone terpasang aplikasi ini. Sebenarnya, apa sih Instagram itu? Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Instagram dirancang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger dari perusahaan Burbn,Inc dan dikembangkan oleh Facebook pada tanggal 6 Oktober 2010. Nah, kemudian kenapa namanya Instagram ? kenapa tidak yang lain saja. Jadi alasannya adalah, Instagram memiliki arti kata “Insta” yang berasal dari kata “instan” yang maksudnya ialah sama seperti kamera polaroid. Dan untuk itu juga kenapa Instagram logonya ialah kamera polaroid. (Source : Wikipedia)

Dan pada bulan Juni 2018 lalu, Instagram telah memiliki 1 miliyar pengguna di seluruh dunia. Wow, ini sangat menakjubkan bukan ?, ternyata hal ini ada penyebabnya loh, instagram mendapatkan peningkatan yang menakjubkan ini, dikarenakan adanya fitur tambahan, yaitu fitur Instagram Stories. Hmm, sekarang nggak heran kan? Kenapa Instagram berkembang begitu cepat? (Source : Liputan6.com)

Selain Instagram Stories, Instagram juga memiliki beberapa fitur yang menunjang kesuksesannya sebagai media sosial yang banyak diminati oleh penggunanya, yaitu :

1. Face Filter, fitur ini mirip dengan fitur yang ada di Snapchat. Filter ini memberikan bermacam – macam efek funny saat wajah menghadap ke kamera.

2. Rewind (Putar Balik), fitur ini digunakan untuk memutar balik video dan tak jarang, banyak yang memanfaatkan fitur ini untuk main sulap hlo.. ayoo buat yang penasaran silahkan main – main dengan fitur ini hehe.

3. Hashtag, fitur ini terdapat di Instagram Story yang fungsinya adalah untuk menempatkan stiker di Instagram Story anda. Biasanya ini digunakan untuk mempermudah pencarian sesuatu.

4. Bookmark (Simpan), fitur ini digunakan jika kita menyukai postingan tertentu kita bisa menyimpannya di situ dan dapat dilihat lagi lain waktu. Yah itulah fitur penyimpanan instagram guys, karena Instagram tidak menyediakan fitur untuk mendownload video/foto.

5. Otentikasi Dua Langkah, fitur ini hadir untuk memperketat keamanan akun Instagram kita sobat. Fungsinya ialah untuk menghubungkan nomor ponsel kita, karena kode akses Instagram kita akan dikirimkan ke nomor tersebut saja sobat.

6. Multiple Images, fitur ini berfungsi untuk mengunggah foto lebih dari 1 dan maksimal 10 foto. Ini sangat berguna bila digunakan untuk berbisnis online. Jadi tidak perlu susah – susah upload foto satu persatu. Hmm hemat waktu kan gengs.

7. Follow Hashtag, kini di Instagram kita tidak hanya dapat mengikuti seseorang, namun kita dapat mengikuti Hashtag apapun yang kita sukai dan semua postingan dengan hashtag tersebut nantinya akan tampil di feed kita.

8. Story Highlights, fitur ini hampir sama dengan fitur Archive untuk postingan, yaitu menyimpan dan mengelompokkan story yang sudah pernah diupload ke dalam satu ruang di profil Instagram kita. Jadi story kita yang lampau bisa ditampilkan lagi loh guys.

9. Filter Komentar, dengan adanya fitur ini kita dapat memilih siapa saja yang bisa mengomentari postingan kita.

10. Status, dengan fitur ini kita dapat melihat apakah teman kita sedang online atau offline melalui DM Instagram. Wow keren kan, jadi bisa pantau pacar/gebetan nih hehe.

11. IGTV, fitur ini adalah fitur baru yang berguna sebagai kiriman video yang berdurasi lebih dari 1 menit. Nah, fitur ini hadir sebagai pesaing utama Youtube loh guys.

12. Instagram Topic Channels, ini berguna untuk kita yang menyukai topik tertentu yang sesuai dengan kriteria konten yang kita sukai. Jadi lebih mudah dan praktis ya hehe.

13. Bagikan, fitur ini berfungsi untuk membagikan konten orang lain ke instagram story kita.

14. Video Call, berguna untuk panggilan video. Lengkap sekali ya guys instagram, mengalahkan segala aplikasi nih kalo begini hehe. (Source : seniberpikir.com)

Dengan adanya fitur – fitur di atas instagram semakin banyak digemari oleh pengguna sosial media. Bagaimana tidak, dengan 1 aplikasi namun semua serba ada. Sepertinya semua dapat dilakukan di Instagram, seperti diantaranya ialah, Membaca komik, karena di Instagram banyak sekali konten kreator ada yang membuat video – video sketsa lucu, ada juga video animasi dan ada juga komik.

Mencari pekerjaan, di Instagram kita juga dapat mencari pekerjaan tanpa harus mengunjungi website –website atau kantor – kantor untuk melihat apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak.

Mencari Informasi Beasiswa, hebatnya instagram banyak sekali informasi – informasi penting yang bisa kita dapatkan dalam sekali klik. Selain pekerjaan, kita juga bisa mencari informasi tentang beasiswa baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Melihat Rekomendasi Tempat Liburan, Makanan, jika bingung mau main kemana saat weekend, kita bisa langsung membuka Instagram dengan cara mengetik di pencarian menggunakan fitur hashtag yang sudah ada.

Update Berita Terkini, informasi yang ada di Instagram sangat cepat update beritanya, ini akan lebih menghemat waktu dan memori penyimpanan hpmu karena kamu tidak perlu repot – repot menginstall aplikasi penyedia informasi dan tidak perlu pantengin tv hehe.

Cari Tau Fakta, seperti akun – akun di Instagram yang menyediakan fakta – fakta tentang kesehatan, tentang psikologi, dll. kita jadi tau info – info menarik dan tersembunyi. Hmm kita jadi serba tau nih sekarang.

Belajar, banyak sekali konten – konten yang menampilkan tentang make up, tutorial hijab, resep makanan yang ditampilkan di Instagram. Jadi dalam 1 aplikasi kita bisa belajar banyak hal dan gaada alasan lagi buat malas belajar ya hehe.

Berbisnis, nah ini yang paling diminati oleh banyak orang. Sekarang kita berbisnis gak perlu modal banyak guys, kita bisa berbisnis di Instagram yaitu dengan cara jualan online maupun juga memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. (Source : shopback.co.id)

Nah itu tadi guys beberapa hal yang dapat dilakukan oleh aplikasi serba bisa dan serba ada yaitu Instagram, sebetulnya masih banyak lagi hal – hal yang dapat di lakukan oleh Instagram. Tapi mungkin itu dulu yang penulis dapat sampaikan. Terima kasih sudah membaca, salam sukses readers.

 

Alifah Ayuthia G (161211068)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Alifah Ayuthia G

Mahasiswa IAIN Surakarta

Add comment