Soloensis

Pengaruh Media dalam kehidupan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah tidak bisa dihindari lagi. Masyarakat yang hidup dijaman modern selalu ingin berada di zona serba cepat. Kecepatan informasi yang sudah tak terkendalikan bisa membuat seseorang menjadi tak bisa dipisahkan oleh teknologi. Perkembangan teknologi yang sangat populer saat ini adalah perkembangan media sosial. Media sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya. Media sosial menggunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, Whatsapp, Youtube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain.  Zaman ini adalah zaman millenial tidak ada remaja yang tidak mempunyai akun media soial. Bukan hanya remaja tetapi anak-anak bahkan orang dewasa juga hidup di dunia maya. Banyak yang beranggapan bahwa generasi sekarang adalah generasi menunduk. Semua itu karena zaman sekarang orang banyak yang lebih fokus terhadap gadget memainkan sosmed dan tidak peduli sekitar. Penggunaan media sosial yang buruk bisa menyebabkan seseorang kehilangan jati dirinya sendiri. Karena terlalu fokus terhadap dunia maya nya, ia menjadi tidak percaya di kehidupan nyatanya. Disamping hal ini sebenarnya manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Berikut paparan mengenai pengaruh baik dan buruk media sosial media dalam kehidupan sehari-hari.

Media sosial memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, beberapa diantaranya :

1.      Interaksi sosial: Dalam dunia komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untung membangun hubungan atau relasi. Bahkan media sosial membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan global. Media sosial mempermudah kita untuk berinteraksi dimana pun kita berada.

2.      Media penghibur: saat ini sudah banyak jenis media sosial sebagai media penghibur, salah satunya YouTube. Kita dapat mencari berbagai hal untuk menghibur diri kita. Mulai dari cerita-cerita lucu maupun gambar-gambar lucu. Berbagai hal menarik dapat kita cari dalam jejari g sosial untuk menghibur kita.

3.      Media informasi: kita dapat mengunggah berita-berita terkini pada Jaringan internet untuk membantu kita mendapatkan banyak informasi. Tidak hanya berita-berita, namun informasi lainnya dapat menjadi wadah pengetahuan.

4.      Menggali kreativitas: Beragam bentuk media sosial yang ada dapat digunakan oleh kita untuk menggali kreativitas serta mengekspresikan dirinya misalnya dengan menulis artikel atau berbagi pengalaman di blog.

 

Namun, selain memiliki banyak manfaat, media sosial juga memiliki sisi buruk terhadap penggunanya , yaitu :

1.      Kurangnya interaksi secara langsung: media sosial terlalu mempermudah kita untuk berinteraksi dalam dunia maya sehingga kita melupakan ada nya interaksi langsung terhadap mayarakat sekitar. Terlalu sering menggunakan media sosial juga dapat membuat kita lupa waktu dan lupa terhadap lingkungan sekitar.

2.      Kesehatan akan menurun: banyak dari pengguna media sosial yang lupa waktu, bahkan ada yang sampai kecanduan. Ada beberapa orang yang terlalu sering bermain media sosial hingga begadang sampai larut malam. Ada juga beberapa orang yang sampai lupa untuk makan. Hal tersebut tidak baik karena dapat menimbulkan datangnya penyakit.a

3.      Menimbulkan efek candu bagi penggunanya: media sosial memang sangat menyenangkan sehingga dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Hal tersebut dapat membuat para penggunanya sulit untuk berpisah dari media sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Nahh, semua Tinggal bagaimana kita sebagai pengguna media sosial haruslah lebih bijak agar pengaruh buruk media sosial dalam kehidupan sehari-hari bisa di minimalisir. (ZS)

Daftar Pustaka

https://communication.binus.ac.id/2017/12/29/media-sosial-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

zakiyatus sholiha

nama saya zakiyatus sholiha, sering dipanggil kiki. saya mahasiswa semester 5 jurusan komunikasi penyiaran islam di IAIN Surakarta.

Add comment