Soloensis

Media Sosial Sebagai Ladang Penghasilan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
61

Facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapp merupakan contoh dari media sosial. Semua bentuk dari media sosial sangat wajib dimiliki setiap pemilik smartphone. Karena masyarakat sekarang lebih senang mengakses atau membaca berita terupdate melalui media sosial dibandingkan dengan harus menunggu update berita dari koran atau sejenisnya. Media sosial tidak hanya bisa mengakses berita atau kabar didalam negeri, namun bisa juga mengakses berita saudara-saudara kita yang berada diluar negeri. Tetapi ada juga masyarakat yang menyalahgunakan fungsi dari media sosial itu sendiri, mereka menggunakan media sosial untuk hal-hal yang negatif atau demi keuntungan pribadi saja. Tetapi disamping itu banyak juga masyarakat yang memanfaatkan media sosial dengan baik dan positif.

Di jaman modern ini memang masyarakat lebih memilih berbelanja atau mendapatkan informasi dengan praktis dan cepat. Oleh karena itu media sosial sangat berperan penting dalam kehidupan mereka. Di samping itu, media sosial juga mempermudah kita untuk berkomunikasi kepada siapapun dan di manapun tanpa harus bertatap muka. Sedangkan untuk masalah berbelanja, untuk sekarang ini kebanyakan masyarakat lebih memilih berbelanja dengan cara yang praktis dan tanpa harus ribet kesana kemari. Berbelanja online adalah hal praktis yang sering dilakukan oleh kebanyakan masyarakat saat ini, hanya bermodalkan smartphone dan kuota, dan yang mereka lakukan hanyalah duduk, memilih, dan memesan.

Kemudiaan keadaan seperti itu dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif untuk peluang bisnis mereka. Dengan cara berjualan online, mereka memposting dan mengiklankan produk mereka dengan sesering mungkin. Sebagai penjual online, hal yang paling membuat pembeli percaya adalah kualtitas dari produk yang mereka jual. Jadi jika pembeli sudah sekali membeli di toko online kita dan mereka puas dengan kualitas produk kita dan respon kita baik kepada mereka, pasti pembeli itu akan merasa puas dan pasti tidak berpikir dua kali untuk berbelanja ditoko kita lagi. Tetapi sebaliknya, jika kualitas dari produk kita rendah dan respon kepada calon pembeli juga kurang baik, pasti calon pembeli akan berpikir dua kali untuk berbelanja di toko online kita.

Akhir-akhir ini banyak masyarakat sukses melalui media sosial, bagaimana itu bisa terjadi? Memang media sosial tempat yang sangat tepat untuk mengembangkan sebuah usaha, karena jaringannya sangat luas. Banyak pegawai honorer atau pegawai tetap yang lebih memilih untuk melepaskan pekerjaan utamanya dan memilih terjun untuk menjadi seorang pengusaha. Menjadi seorang pengusaha sangatlah mudah apabila kita giat dan niat. Giat dalam arti harus sering mempromosikan produk kita agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. Sedangkan niat, jika dari awal kita sudah menerapkan prinsip untuk berusaha maka kita juga harus menekuni hal itu dengan sungguh-sungguh.

Pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha sangatlah mudah hanya dengan mempromosikan produk mereka baik barang maupun jasa dengan cara semenarik mungkin untuk menarik perhatian calon pembeli. Alasan mereka menggunakan media sosial sebagai alat untuk promosi, karena media sosial alat yang sangat efektif, dan mudah untuk diakses. Sangat mudah jika kita ingin mempromosikan produk kita di media sosial, hanya dengan mengupload gambar di semua media sosial kita seperti Instagram, Whatsapp, Facebook dan lain sebagainya, lalu menuliskan keterangan di gambar tersebut agar lebih menarik dan jangan lupa untuk menyantumkan nomor agar calon pembeli lebih mudah jika ingin menghubungi kita. Dan alasan lainnya, ketika kita mempromosikan produk kita, tidak ada biaya yang harus kita keluarkan untuk biaya pemasaran produk tersebut.

Intinya hal yang harus dijadikan pedoman bagi penjual online adalah harus konsisten pada kualtitas produk yang dijual, harus bersikap baik terhadap calon pembeli agar tidak mengecewakan, dan tidak boleh membohongi calon pembeli karena sekali penjual diketahui berbohong, maka mustahil jika pembeli akan kembali membeli di toko mereka lagi. Dan satu hal lgi, semua pekerjaan itu berarat. Pekerjaan yang kita lakukan bisa terlihat mudah, tergantung bagaimana kita menjalaninya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
61

novia wisnup

Add comment