Soloensis

Giringan Pola Pikir Masyarakat dalam Agama dan Media

Diera sekarang kecanggihan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi, semua serba ada dan instan. Hal ini berpengaruh buruk terhadap sebagian pola pikir masyarakat. Tidak dapat dipungkiri lagi, dengan semua yang serba cepat tidak sedikit masyarakat memilih rujukan dari internet, mulai dari ilmu pengetahuan hingga perihal agama. Memang hal ini tidak selalu buruk untuk menjadi rujukan, namun keakuratan dan kebenaran yang disajikan harus dipertanyakan. Tidak jarang sekarang masyaraka mencari rujukan agama lebih kepada Google, Youtube, bahkan Instagram. Sebagian dari mereka mencari rujukan dari Internet yang ada. Bahakn sekarang hanya dengan kata kunci satu kata saja sudah dapat memunculkan ayat-ayat atau hadis yang diinginkan.

 

Dengan era sekarang dakwah juga dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Hal ini dimanfaatkan olek oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menimbulkan perpecahan. Banyak hal yang dilakukan sperti, merekam ustad A dalam ceramah, saat akan dipublikasikan hanya disajikan pada bagian tertentu. Yang berakibat menimbulkan pertikaian satu sama lain.

 

Betapa hebatnya kekutan media dalam pola hidup masyarakat. Semua itu dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing, untuk memiliki fondasi yang kuat dalam diri. Dan jika memang ingin mempelajari sesuatu terutama agama, dilakukan secara perlahan, bukan instan karena semua ada proses menuju kebaikan. Dan dalam mencari rujukan pastikan kepada Al-Quran dan As-Sunah.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Linda Rahmawati

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment