Soloensis

Fenomena Media Cyber

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kuasa media cyber itulah kondisi perkembangan teknologi pada zaman sekarang, dimana semua informasi baru bisa diakses  secara bebas menggunakan gadget yang ditunjang dengan internet. Secara pemanfaatan dan penggunaan yang bisa dijangkau semua kalangan membuat fenomena media cyber ini berkembang pesat dimasyarakat Indonesia ini bahkan tidak hanya di sini saja namun juga menyeluruh diberbagai belahan dunia lain. 

Kuasa media cyber di Indonesia sedang gencar – gencarnya memberitakan salah satunya dibidang politik, menjelang tahun pemilihan umum (Pemilu) calon presiden dan wakil presiden dimana setiap kandidat berlomba – lomba menampilkan visi – misinya untuk Indonesia kedepan. 

Semua pemberitaan tidak luput dari media baik media cetak maupun media online membahasnya. Respon dari masyarakat sendiri pun bentuknya berbagai macam ada yang menjadikanya sebuah topik serius dalam pembahasan sehari – hari dan respon berbentuk meme yang bisa berpenafsiran ganda, bisa berupa sindiran terhadap suatu masalah tersebut ataupun lelucon. Sehingga fenomena ini bisa menjadi sebuah hal lumrah yang dikonsumsi masyarakat.

Namun dari kuasa media cyber ini, juga banyak informasi hoax yang bermunculan dimana media cyber mempunyai pedoman dalam memuat pemberitaan diantara Ruang lingkup media cyber dan isi buatan pengguna; Verifikasi dan keberimbangan berita; Talat, koreksi, hak jawab; Pencabutan berita; Iklan; Hak cipta; Pencantuman pedoman; Sengketa. Dan informasi lebih lanjutnya bisa diakses lebih dalam. 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nur Sholihah

Mahasiswa

Add comment