Soloensis

Hoax dan politik

Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, hal tersebut juga meningkatkan peningkatan penyebaran HOAX. Tujuan dari pembuat dan penyebar HOAX adalah menggiring opini masyarakat dan kemudian membentuk persepsi yang salah terhadap suatu informasi yang sebenarnya.

HOAX merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya, dengan kata lain HOAX diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya, dapat pula diartikan sebagai tindakan mengabutkan informasi yang sebenarnya, dengan cara membanjiri suatu media dengan pesan yang salah agar bisa menutupi informasi yang benar.

HOAX atau berita bohong adalah salah satu bentuk Cyber Crime yang kelihatannya sederhana, mudah dilakukan namun berdampak sangat besar bagi kehidupan sosial masyarakat.

Berbagai Media Sosial Online merupakan sarana atau media bagi seseorang ataupun berbagai pihak dalam menyampaikan aspirasi pikirannya, pendapatnya ataupun sebagai tempat untuk menyampaikan berbagai informasi. Sebenarnya jika media online tersebut digunakan untuk hal-hal yang positif maka tidak ada masalah yang perlu dikuatirkan. Sayangnya media sosial online sering kali digunakan untuk menyampaikan berbagai hal negatif oleh seseorang ataupun pihak-pihak tertentu untuk berbagai kepentingan, baik kepentingan pribadi ataupun kepentingan pihak lain.

Harus diakui bahwa media sosial merupakan tempat yang subur bagi munculnya informasi yang bersifat fitnah, hasutan, hoax, dan sebagainya. Kurangnya penyaringan informasi berita di media sosial online dari pihak yang berwenang semakin memudahkan para pembuat dan penyebar HOAX dalam melakukan pekerjaannya. HOAX, fitnah, ujaran kebencian, hujatan bermunculan tanpa henti di media sosial.

Indonesia adalah negara demokrasi, sistem politik sangat berpengaruh dalam proses berdemokrasi akan tetapi situasi politik di Indonesia mengalami situasi krisis, isu SARA yang dikembangkan dan disebarkan melalui HOAX telah menjadi masalah nasional karena berpotensi mengakibatkan perpecahan di masyarakat, instabilitas politik dan gangguan keamanan sehingga menghambat pembangunan nasional.

Penyebaran HOAX di media sosial online memiliki latar belakang yaitu adanya kepentingan politik yang diselubungi dengan bungkus agama, walaupun sasaran tembaknya adalah kekuasaan. Oleh karena itu isu SARA dihembuskan dengan cara terorganisir sehingga tujuan penyebaran HOAX untuk mempengaruhi opini masyarakat dapat sukses terlaksana. Berbagai informasi palsu atau HOAX disebarkan terus-menerus untuk membangun rasa sentimen masyarakat.

HOAX sebagai sebuah racun informasi yang efeknya lebih berbahaya daripada racun pada makanan atau minuman. Karena racun pada makanan atau minuman dapat segera diobati karena orang yang keracunan sadar bahwa dirinya terkena racun, sedangkan orang yang keracunan informasi tidak akan pernah tahu bahwa dirinya terkena racun, hanya orang-orang disekitarnya yang mungkin tahu tetapi mereka tidak akan dapat berbuat banyak untuk menolong orang yang sudah terkena racun informasi tersebut.

Disini kuasa cyber crime yang telah menyebarkan HOAX harus diperhatikan  betapa besarnya pengaruh HOAX terhadap kehidupan sosial dimasyarakat maka para pengguna media sosial harus bijak dalam memilih informasi. Dari sisi dunia pendidikan semua institusi pendidikan harus berperan aktif memberikan edukasi untuk menanggulangi dan mengantisipasi bahaya HOAX agar tidak ada lagi orang yang terpapar racun informasi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Fajar Nugroho

    Be creative be strong

    View all posts

    Add comment