Soloensis

Panduan Singkat Membuat Rencana Pemasaran Digital

Tanpa rencana pemasaran berbasis data, segala sesuatu tentang bisnis Anda mungkin menjadi berantakan. Rancangan rencana adalah kompas penunjuk arah untuk mencapai target dan tujuan Anda. Jika Anda tidak memiliki rencana yang jelas berbasis data, Anda akan kebingungan terkait anggaran yang harus dikeluarkan, strategi yang harus diterapkan, dengan siapa harus bekerja sama, kapan harus memulai, dan apa yang hendak dicapai. Setelah bekerja di bidang pemasaran digital selama lebih dari 10 tahun, saya bisa menyimpulkan bahwa rencana pemasaran sangat merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan oleh semua pelaku bisnis baik itu restoran, vila, hotel, atau industri.

Pada artikel ini, saya akan membagikan panduan singkat untuk membuat rencana pemasaran digital yang bisa membantu Anda dalam menumbuhkembangkan bisis Anda.

 

1. Melakukan analisis situasi tentang bisnis Anda

Sebelum merancancang program perencanaan digital marketing, Anda harus terlebih dahulu tahu persis apa yang sebenarnya terjadi di sekitar bisnis Anda. Ini adalah langkah pertama untuk mengevaluasi dan memeriksa situasi bisnis Anda saat ini. Hal-hal yang dapat menggambarkan situasi bisnis Anda meliputi kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman. Anda juga harus dapat memahami tren marketing saat ini. Untuk memiliki pemahaman yang lebih baik, Anda harus melakukan analisis persaingan – competition analysis.

Pilih beberapa pesaing utama Anda dan analisis mengapa mereka saat ini lebih baik dari Anda. Analisis pendekatan dan strategi yang mereka gunakan. Hal ini akan memberi Anda wawasan yang tepat terkait kekurangan Anda. Dengan analisis yang tepat dan akurat, Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan Anda

 

2. Menentukan audiens yang ingin Anda targetkan

Setelah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan kondisi bisnis Anda saat ini, Anda sekarang harus menentukan audiens target Anda. Mengetahui orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda sangat penting. Memiliki audiens yang lebih spesifik akan membantu Anda menghemat lebih banyak anggaran dan usaha. Dengan kata lain, sedikit usaha tetapi lebih efektif. Jika bisnis Anda sudah memiliki daftar persona pembeli, Anda dapat memperbaikinya. Tapi tidak, Anda harus membuat daftar baru.

Apakah Anda bingung tentang apa itu persona pembeli? Persona pembeli adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data aktual tentang pelanggan Anda yang ada dan asumsi edukatif. Ini mungkin termasuk jenis kelamin, usia, pendapatan, pekerjaan, preferensi, masalah, minat, dan banyak lagi.

 

3. Menentukan tujuan yang realistis

Dalam dunia bisnis, sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan besar dan meningkatkan ROI Anda tanpa mengetahui apa tujuan Anda. Tujuan digital marketing merupakan apa yang ingin Anda capai dari segala bentuk usaha dan perjuangan Anda. Tujuan itu seperti destinasi, tanpanya Anda hanya akan memiliki perjalanan tanpa arah dan tidak tahu kapan harus berhenti. Masuk ke langkah ke-3 berarti Anda telah memahami pasar Anda saat ini, situasi bisnis Anda, dan audiens target Anda.

Langkah pertama dan kedua harus mengarahkan Anda untuk memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang harus dicapai. Tujuan Anda harus jelas, realistis, cerdas, terukur, dan relevan. Ingatlah untuk mengatur perkiraan waktu untuk mencapai tujuan Anda.

 

4. Mendefinisikan dan menganalisis strategi taktis Anda

Setelah menuliskan tujuan marketing Anda berdasarkan audiens target, tren pasar, dan situasi bisnis saat ini, Anda sekarang harus memikirkan cara untuk mengimplementasikan rencana Anda. Buat daftar semua kemungkinan strategi yang hendak Anda terapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Ingatlah untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyiapkan dan menerapkan taktik Anda. Strategi taktis berbasis data akan bekerja dengan sangat baik.

 

5. Menentukan anggaran Anda

Sebelum mulai menerapkan rencana dan taktik Anda, Anda harus menentukan berapa banyak anggaran yang perlu Anda keluarkan untuk membuat ide Anda berhasil dan tujuan Anda tercapai. Misalnya, Anda dapat memasukkan iklan berbayar, pemasaran media sosial, dan SEO dalam rencana pemasaran Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup anggaran, strategi ini dapat diterapkan. Penting bahwa saat menentukan sasaran dan strategi, Anda juga memikirkan perkiraan anggaran yang akan dibelanjakan.

 

Setelah menyelesaikan kelima langkah ini, Anda perlu membuat timeline rencana pemasaran.

Apakah itu penting?

Ya, pasti. Timeline rencana marketing memang sangat krusial. timeline rencana pemasaran akan membantu Anda menjalankan semua proyek Anda dengan lancar dengan cara yang terikat waktu. Setiap proyek harus dikirimkan dalam perkiraan waktu Anda. Ini juga merupakan pengingat yang baik untuk membuat Anda dan tim Anda tetap termotivasi dan tetap berada di jalur yang benar. Singkatnya, garis waktu pemasaran memastikan setiap anggota tim pemasaran Anda tahu apa yang kami lakukan, kapan waktunya, dan apa yang berikutnya.

Rencana pemasaran digital adalah peta jalan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Betapapun indah dan bagusnya tujuan Anda, tanpa taktik pemasaran yang terencana dengan baik, Anda tidak akan bisa mencapainya. Tanpa peta yang tepat, Anda akan tersesat.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Algo Sea Biz

    Algo Sea Biz menyediakan jasa dan layanan pembuatan website, manajemen media sosial, pembuatan konten dan pelbagai jenis layanan lainnya yang dapat membantu menumbuhkembangkan bisnis online.

    View all posts

    Add comment