Soloensis

Cara Membuat Laporan Tutup Buku Akhir Tahun yang Baik dan Benar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Membuat laporan tutup buku ialah aktivitas yang dipandang menyusahkan untuk beberapa bisnis, tapi harus tetap harus dilaksanakan. Anda tergantung pada neraca keuangan Anda untuk tentukan status keuangan bisnis Anda di tahun ini. Disini, Anda segera dapat membuat gagasan keuangan untuk tahun depannya lebih gampang.

Mendekati tahun akhir, ada banyak aktivitas yang perlu dituntaskan oleh pemilik bisnis. Antara lain adalah membuat taktik penjualan untuk bisnis ritel, merekonsiliasi rekening bank, mengarsip pajak, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, penting untuk pemilik bisnis untuk mendapati langkah efektif untuk membikin laporan tutup buku. Ini untuk kurangi beban mereka dan supaya mereka dapat membagikan waktu mereka untuk aktivitas lain. Berikut ialah cara-cara membuat laporan tutup buku tahun akhir yang bisa Anda aplikasikan.

 

Catat Semua Pengeluaran

Selainnya menuntaskan piutang, Anda pun perlu pastikan jika Anda sudah bayar semua hutang Anda. Mengumpulkan semua bill dari supplier dan yakinkan jika tidak ada faktur yang belum dibayarkan. Yakinkan jika tiap pengeluaran Anda terdaftar secara baik, terhitung pengeluaran untuk upah pegawai dan pajak.

Simpan catatan pengeluaran dalam timbunan kertas tentu saja akan merepotkan Anda untuk mencarinya, apa lagi beberapa dokumen ini gampang sekali lenyap atau hancur . Maka, seharusnya pikirkan untuk menggunakan software akuntansi supaya semua catatan transaksi bisnis keuangan Anda disimpan dengan baik pada satu tempat.

Selesaikan Urusan Penagihan

Saat sebelum Anda mempersiapkan laporan tutup buku, yakinkan Anda sudah mengirimi faktur ke semua client Anda dan mengingati mereka mengenai pembayaran yang belum dibayarkan. Periksa lagi apa Anda mempunyai pesanan pemasaran yang terbuka atau project aktif yang belum ditagih, dan kirimkan bill Anda ke mereka. Karena tidak seluruhnya client bayar bill on time.

Kadang, Anda harus berulang-kali mengingati mereka serta mengirimi ulangi faktur Anda. Tanpa mekanisme automatis, meminta pembayaran menjadi hal yang paling menyusahkan. Karena team keuangan Anda harus memeriksa faktur, cari data client, dan membuat ulangi faktur lewat cara manual.

Penting untuk Anda untuk mempermudah pekerjaan ini dengan memakai mekanisme e-Invoicing atau e-Faktur. Mekanisme ini simpan semua document bill Anda dalam pola digital, mengupdate status pembayaran secara automatis, memungkinkannya Anda untuk membikin faktur berulang-ulang secara instant, dan memungkinkannya Anda untuk mengirimi pengingat pembayaran secara automatis.

Evaluasi Inventaris dan Hitung Depresiasi Aset

Untuk Anda yang jual barang dagangan, kerjakan stok opname. Ini untuk pastikan jika jumlah barang stok yang Anda punyai sama dalam jumlah barang stok yang terdaftar di laporan akuntansi Anda. Ini akan menolong Anda ketahui keadaan dari barang dagangan, apa barang tersebut pantas untuk dipasarkan, seberapa banyak yang sudah kedaluwarsa, dan lain-lain.

Seharusnya, Anda memakai aplikasi manajemen stock yang memungkinkannya Anda lakukan penilaian stock secara automatis. Bila Anda tidak mempunyai barang dagangan, karena itu Anda tetap harus menilai semua asset yang Anda punyai. Kenali nilai dari penyusutan asset Anda hingga Anda bisa menulisnya ke pembukuan Anda.

Baca : Software untuk Cafe yang Wajib Terpasang

Buat Laporan Tutup Buku yang Akurat Secara Otomatis

Membuat beragam neraca keuangan seperti laporan keuntungan rugi, laporan cash flow, laporan peralihan modal, dan laporan neraca dengan manual akan makan beberapa waktu. Ditambah lagi, ini benar-benar beresiko pada kekeliruan seperti kehilangan data, duplikasi data, dan kekeliruan perhitungan.

Ingat, jika Anda akan memakai laporan tutup buku Anda sebagai referensi untuk memutuskan bisnis di tahun depannya . Maka penting agar bisa hasilkan neraca keuangan yang komplet dan tepat.

 

Nach, itu barusan sedikit ulasan mengenai langkah membuat laporan tutup buku tahun akhir yang baik dan benar. Mudah-mudahan ulasan kami ini kali berguna untuk Anda semua, terima kasih.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment