Soloensis

6 Software dan Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pengguna perangkat Komputer dengan OS Windows memerlukan program antivirus yang kuat untuk mencegah serangan malware, untuk jaga komputer supaya masih berjalan dengan efektif serta untuk jaga jati diri online serta informasi pribadi mereka.

Sedang antivirus berbayar atau versi Pro mempunyai banyak fitur membuat perlindungan anak-anak saat online, mengurus keamanan di feature seluler, serta memonitor firewall komputer, pembaruan perangkat lunak, serta fitur yang lain. Tapi beberapa pemakai tidak ingin atau bahkan tidak bisa bayar biaya berlangganan tahunan untuk fitur tambahan itu.

Jika Anda menjadi salah satu bagian dari pengguna yang tidak ingin atau mungkin tidak dapat membeli lisensi untuk software antivirus premium, karena itu Anda sudah hadir ke tempat yang tepat. Saya sudah pilih beberapa program antivirus gratis yang paling banyak digunakan berdasar perlindungan malware, resiko sistem, kemudahan penggunaan, keamanan yang kuat dan fitur tambahan yang bermanfaat.

Beberapa cara yang bisa saya kerjakan untuk menguji Antivirus berikut ini adalah meng-install masing-masing antivirus dan melihat bagaimana kemudahan instalasi, kemudahan pemakaian, antarmuka serta dampak kinerja antivirus pada perangkat komputer.

Disamping itu, saya menilainya seberapa mudah setiap program digunakan, jumlah fitur ekstra yang bermanfaat yang ditawarkan (termasuk perangkat lunak addon gratis) serta bagaimana setiap program dengan terus-menerus mendesak dengan menawarkan untuk meng-upgrade ke software berbayar.

Tidak hanya itu saja, penilaian bukan saja diambil dari pengujian pribadi tetapi dari beberapa sumber yang teruji dan bagaimana mereka memberikan rating serta penjelasan pada software antivirus dalam ini.

1. Kaspersky Free Antivirus

Software antivirus Kaspersky Lab tidak mengiklankan bahwa dia memiliki produk antivirus gratis, dan tidak memudahkan untuk pengguna buat menemukan halaman download. Meskipun sebenarnya ini merupakan salah satu produk antivirus gratis terbaik yang pernah ditest serta telah bertahun-tahun saya gunakan.

Kaspersky memiliki antarmuka tanpa basa-basi namun bisa dipahami, antivirus ini juga mudah serta tidak memberikan efek sistem-kinerja yang tidak demikian berasa, ini memberi perlindungan malware Kaspersky yang tidak ada duanya. Tetapi pada versus gratis ini kaspersky memberi sedikit feature penambahan, tetapi untuk keamanan dasar serta efek kapasitas pada piranti, antivirus ini adalah yang paling baik.

2. Bitdefender Antivirus Free Edition

Seperti Kaspersky, Bitdefender Antivirus Free Edition tidak menawarkan apa saja terkecuali perlindungan keamanan dasar, dan perlindungan malware-nya sama lebih baiknya, bila sedikit lebih rentan terhadap deteksi malware positif-palsu. Pemindaian atau scanningnya lebih mudah pada skema dibanding Kaspersky, tapi tawarkan lebih sedikit pilihan – Anda serta tidak bisa mengagendakan pemindaian. Ini yang paling baik buat pemakai yang inginkan jalan keluar keamanan “set and forget” untuk diri mereka sendiri, atau untuk pemakai computer awan.

3. Microsoft Windows Defender

Perangkat lunak atau software antivirus bawaan Microsoft akhirnya mencapai daftar antivirus yang besar. Walau Windows Defender tidak mengalahkan Bitdefender atau Kaspersky dalam perlindungan malware, tapi mempertahankan diri pada produk antivirus gratis lainnya sambil memberikan dampak sistem-kinerja yang kecil serta beberapa fitur tambahan yang mengejutkan, terhitung kontrol serta perlindungan orangtua serta anak untuk semua browser. Serta ini dapat jadi referensi bikin Anda yang ingin memakai Windows Defender jadi jalan keluar antivirus penting Anda.

4. AVG Free Antivirus

AVG membagikan engine deteksi malware yang layak serta tidak spektakuler di mana Avast mempunyai dampak sistem-kinerja yang jauh lebih ringan. Tapi AVG AntiVirus Free mempunyai fitur tambahan yang tambah lebih sedikit dibanding Avast Free Antivirus. Berita baiknya ialah jika beberapa pilihan rekonsilasi AVG serta file shreddernya masih ada; berita jeleknya ialah tidak ada fakta kuat untuk pilih AVG dibanding Windows Defender.

5. Aviva Free Antivirus

Avira Free Antivirus merupakan opsi software antivirus gratis terbaik cuma beberapa waktu yang lalu, sebelum Bitdefender serta Kaspersky menjadi penguasa dalam daftar antivirus terbaik dan Avast yang mulai menggoyang ke-2 antivirus itu, AVG serta Windows Defender tingkatkan permainan mereka. Saat ini perlindungan malware Avira berada di tengahnya paket.

Banyak fitur tambahannya yang umumnya cuma menggoda untuk layanan berbayar, serta efek sistem-kinerjanya benar-benar berat. Tetapi hal yang dapat diunggulkan dari Avira ialah mempunyai beberapa pilihan kustomisasi.

6. Panda Free Antivirus

Panda tidak mengambil bagian dalam setiap uji lab yang hasilnya saya gunakan, jadi perlindungan malware-nya adalah masih menjadi teka-teki. Saya suka pada tingkat pilihan kustomisasi Panda Free Antivirus yang tinggi serta antarmuka yang menarik.

Tetapi saya tidak suka pada iklan konstan untuk produk Panda lainnya, usaha untuk membajak browser website Anda, serta bukti jika tidak seperti setiap perusahaan antivirus lainnya, Panda tidak akan membiarkan Anda memilih keluar dari pengumpulan data sistem otomatis.

Kesimpulan

Jadi, mana software antivirus gratis mana yang terbaik untuk Anda? Dari semua software antivirus gratis di atas, Kaspersky Free Antivirus nyaris menyingkirkan Bitdefender Antivirus Free Edition untuk posisi teratas.

Menurut blog tekno Auroratekno, keduanya menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap malware tanpa memperlambat mode Anda, tetapi Kaspersky memungkinkan Anda menjadwalkan scan serta memiliki opsi scan cepat.

Namun, Bitdefender masih merupakan opsi “set and forget” yang terpilih. Dimana setelah antivirus di install, Bitdefender akan mengurus dirinya serta tak perlu terlibat pengguna atau dalam pengertian jika Anda tak perlu mengatur apa saja.

Bila Anda butuh meng-install perangkat lunak antivirus pada komputer orang yang awam pada komputer atau bahkan seorang kakek-nenek Anda tapi tidak memiliki waktu untuk memonitornya, ini kemungkinan solusi sempurna karena antivirus akan bekerja dengan sendirinya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

1 comment