Soloensis

Cara Mengemudi Mobil Untuk Pemula

 

Sudah pengetahuan umum jika mobil merupakan alat transportasi yang menjadi favorit oleh masyarakat umum di Indonesia. Ketika pertama kali mengemudi, Anda biasanya mungkin merasa khawatir atau takut. Tetapi penjelasan cara mengemudi mobil di sini mungkin saja bisa mengurangi rasa khawatir Anda.

Mengemudi Mobil Manual

Mobil manual memiliki 3 pedal dan cara mengemudinya memang terlihat lebih sulit. Model mobil manual juga sudah dikeluarkan lebih dahulu sejak abad 18. Dan mobil manual juga memiliki kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan mobil matic.

Di bawah ini adalah cara-cara mengemudi yang bisa Anda baca:

1.       Pilih Tempat Yang Aman

Anda bisa saja memilih untuk belajar sendiri atau dibantu dengan keluarga dan teman Anda yang bisa mengemudi mobil. Tetapi usahakan untuk belajar di tempat yang aman, luas, dan sepi. Contohnya lapangan dengan beton atau rumput.

Atau jika Anda punya dana lebih, Anda bisa belajar mengemudi ke tempat les mengemudi mobil. Di sana Anda harus membayar karena Anda akan dibimbing oleh profesional.

2.       Pahami Fitur Mobil

Cara mengemudi mobil bagian kedua adalah Anda harus memahami fitur-fitur mobil yang akan Anda pakai. Fitur tersebut seperti rem, gas dan kopling. Selain itu juga Anda harus memahami lampu sein mobil, tuas persneling, dan juga klakson di mobil.

3.       Hidupkan Mobil Manual

Posisikan diri Anda di kursi mobil dengan posisi nyaman. Setelah itu silahkan geser posisi tuas ke posisi netral. Posisi ini biasanya berada di gigi ketiga atau keempat. Jika tuas sudah ada di posisi yang netral, maka tuasnya akan bebas digerakkan ke kanan atau kiri.

Lalu Anda tinggal nyalakan mobilnya dengan memutar kunci mobil. Jangan lupa untuk menginjak pedal kopling ketika mesin menyala. Posisi tuas harus masih ada di posisi yang netral. Cara ini akan mencegah Anda agar mobil tidak melonjak ke depan.

4.       Jalankan Mobilnya

Ketika Anda sudah menggeser koplingnya, silahkan atur persnelingnya ke gigi nomor 1. Lalu secara perlahan Anda lepaskan koplingnya dan Anda injak gas agar mobilnya melaju.

Anda juga harus memastikan jika RPM harus berada sedikitnya di atas angka nol. Proses ini bisa Anda lakukan dengan menaikkan gas, dan kemudian lepaskan kopling mobil perlahan-lahan sampai koplingnya bekerja dengan benar.

Proses untuk belajar mengemudi mobil memang tidak bisa Anda lakukan hanya sehari. Dengan latihan yang giat dan teratur, Anda akan bisa mengemudi mobil tanpa bantuan orang lain. Jika Anda belum bisa, jangan paksakan. Ada baiknya Anda menggunakan jasa sewa mobil Malang Juanda. Sekian penjelasan cara mengemudi mobil. Terima kasih dan sampai jumpa.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment