Soloensis

Cara Mengelola Keuangan Ala Mahasiswa Kos

Siapa sih yang tak kenal dengan yang namanya Mahasiswa atau anak kos?. Ya, mereka adalah ikon yang sering di buat sebagai  meme lucu di media sosial. Mahasiswa atau anak kos artinya sudah dewasa dan mandiri. Mandiri artinya harus bisa mengatur segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengatur keuangan mereka. Akan tetapi mereka sering membuat kesalahan dalam mengatur keuangan tersebut yang membuat mereka pusing untuk menutupi kesalahan tersebut.

Kesalahan mereka diantaranya tidak membuat anggaran bulanan, terlalu gengsi menolak saat diajak teman makan di tempat makan yang mahal padahal uang mereka pas-pasan, kebiasaan lapar mata, meminjam uang kepada teman padahal uang tersebut di gunakan untuk hal-hal yang tidak penting, serta boros dalam penggunaan segala sesuatu yang penting. 

Menurut Axuan muhammad Rizky (2018:133) Mahasiswa salah mengatur keuangannya dikarenakan oleh pola hidup baru yang mereka jalani. Pola hidup yang baru tersebutlah yang membuat mereka perlu menyesuaikan diri. Tips yang di berikannya dalam buku tersebut yaitu:

1. Mencatat pengeluaran dan pendapatan

Mari kita bahas cara pertama ini. Cara ini adalah cara yang paling ideal sebab sejatinya sekecil apapun kalau kita mengatur keuangan maka tetap saja akan berdampak buruk pada kondisi neraca keuangan kita. Ambil contoh kalau penulis biasa melakukan tulis pengeluaran dan pendapatan apapun itu entah sekedar bayar parkir atau apapun itu. Dengan ini akan ada controling dan kita akan tahu uang kita terpakai untuk apa saja.

Contohnya kita membuat tabel pengeluaran dan pendapatan kita selama sebulan. Misalnya hari Senin tanggal 02/12/2019 orang tua kita mengirim uang 1 juta maka itu disebut pendapatan dan total uang kita adalah 1 juta. Pada hari itu juga kita membeli makan sebesar 25 ribu dan bensin sebesar 10 ribu maka keduanya disebut pengeluaran. Jumlahkan keduanya lalu kurangkan dengan uang pendapatan dari orang tua maka sisa uang tersebutlah yang akan kita gunakan untuk esok harinya. Lakukan hal tersebut selama sebulan maka uang yang kita kelola akan lebih tertata dan lebih teratur antara pengeluaran dan pendapatannya.

2. Menambah pendapatan

Banyak yang bilang “apabila besarnya pengeluaran tidak bisa dicegah maka tambahlah pendapatanmu agar cukup”. Pernyataan ini ada benarnya misalnya dengan kerja sambilan, berjualan atau bahkan berbisnis. Namun ingat pertimbangkan juga kesanggupan kita. Jangan Sampai mengganggu waktu kuliah kita. Artinya, kita harus pandai dalam mengatur waktu.

3. Kurangi pengeluaran

Mungkin cara ini adalah cara yang klasik dengan memotong pengeluaran untuk dikeluarkan artinya mematok uang yang harus dikeluarkan. Misalnya, untuk makan maksimal sebulan 300 ribu sedangkan untuk bensin 100 ribu dan untuk main misal 200 ribu. Percayalah dengan cara mematok pengeluaran maka akan membuat keuangan kita lebih teratur untuk kedepannya.

Semoga dengan cara ini kita bisa membuat keuangan kita lebih teratur kedepannya. Selain itu dengan cara ini kita akan semakin pandai dalam mengelola keuangan serta angaran yang kita butuhkan.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nurul Izmi Syarifah Margolang

    Mahasiswa UIN Sumatera Utara

    View all posts

    Add comment