Soloensis

PERAN DAN DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP REMAJA MASA KINI

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Media sosial adalah salah satu situs dimana seseorang dapat terhubung dengan semua orang yang tergabung pula dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Jaringan sosial atau dapat di sebut juga dengan media sosial ini memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan para remaja. Hal ini dikarenakan saat ini, anak – anak telat tumbuh dengan di kelilingi oleh perangkat – perangkat mobile dan situs jaringan sosial interaktif. Media terbesar yang paling sering digunakan oleh anak remaja antara lain; Facebook, Twitter, Instagram, LINE, Whatshapp, Youtube. Dari masing-masing media sosial tersebut memiliki keunggulan tersendiri serta di rancang secara khusus dan menarik agar memiliki banyak peminatnya.

Maju nya teknologi internet dan mobile phone maka media sosial pun ikut tumbuh menjadi sangat pesat. Untuk mengakses fitur media sosial dapat diakses dimanapun dan apapun yang kita mau. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Akibatnya, media sosial menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi setiap individu khususnya para anak remaja. Media sosial telah mengubah cara mereka berinteraksi dengan orang tua, dan teman sebayanya. Disamping itu, media sosial juga telah memberikan dampak-dampak positif serta negatif dikehidupan mereka.

Dampak posistif ialah, media sosial dapat bertindak sebagai alat yang sangat berharga dan  bermanfaat bagi para remaja. Media sosial dapat memudahkan para remaja untuk sharing dan serta memudahkan dalam memperoleh informasi dari internet karena adanya blog atau website. Media sosial juga dapat membantu mereka untuk memasarkan ketrampilan mereka dan mencari peluang bisnis di dalam internet sebagai pembelajaran mereka untuk mengolah keuangan. Media sosial  dapat  mempererat tali silaturahmi kita ke keluarga lainnya, karena seseorang dapat berkomunikasi dalam jarak jauh. Jejaring sosial pun juga dapat menjadi tempat berbagi suatu hal-hal yang positif kepada semua orang. Selain dari dampak-dampak tersebut tentunya masih banyak lagi hal-hal positif lainnya.

Selain itu, ada pula dampak negatifnya, internet penuh dengan sejumlah resiko yang terkait dengan kejahatan online, misalnya Cyber Bullying atau bullying yang dilakukan dengan menggunkan teknologi elektronik. Para pelaku cyber bullying ini menggunakan situs – situs jejaring sosial seperti Twiiter dan Facebook sebagai  tempat bersembunyi di balik anonimitas yang di sediakan oleh internet untuk melakukan tindakan tercela tersebut. Penggunaan media sosial yang tidak memiliki aturan dan batasan dapat sangat membahayakan bagi kesehatan para individu karena dapat memicu orang untuk mengisolasikan diri. Banyak para remaja yang menjadi kecanduan menggunakan media sosial tanpa mengenal batasan waktu sehingga lupa dalam pekerjaan lainnya serta juga dapat menurunkan rasa sosial di antara remaja pun berkurang. Selain itu, membuat banyak remaja menjadi tertarik berhubungan lewat media sosial ketimbang bersosialisasi langsung dengan orang lain dan yang lebih parahnya lagi mereka yang kecanduan susah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Para pelajar juga lebih sering menggunakan waktu mereka untuk memainkan games yang berada di salah satu media sosial. 

Selain itu, para remaja juga memiliki resiko yang sangat besar beberapa data diri pribadi yang terungakap secara tidak sengaja di internet. Mereka biasanya mengabaikan kebijakan privasi yang di miliki oleh beberapa situs dengan tidak membacanya terlebih dahulu. Akibatnya, informasi – informasi pribadi bahkan foto –foto pribadi bisa tersebar luas di internet. Hal ini menjadi suatu hal yang sangat serius karena bisa meningkatkan kasus kejahatan cyber, seperti pencurian identitas, penipuan identitas, dan lain – lain. Baru – baru ini sebuah study mengungkapkan bahwa media sosial bisa membuat remaja menghabiskan uang mereka degan mengeklik iklan pada internet. Iklan yang tidak sengaja terklik tersebut dapat menyebabkan seseorang membeli barang tertentu secra tidak sadar. Hal tersebut secara tidak langsung membuat kita rugi.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentunya sudah sangat jelas sekali bahwa  menggunakan media sosial terdapat dampak –dampak yaitu dampak positif dan dampak negative. Media sosial ini berdampak positif bagi mereka yang bisa menggunakan secara lebih profesional. Tetapi, sebaliknya berdampak negatif bagi mereka yang tidak profesional tentunya dalam menggunakannya dan membuat para remaja menjadi bermalas – malasan dan tidak berkompeten dalam bermedia sosial. Oleh karena itu, kita sebagai remaja millenial haruslah bijak dan pandai untuk bermedia sosial.

Penulis : Ainur Rozaqi Mulyaning Tyas

Sumber Foto : Dady Sumarsono

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Ainur Rozaqi Mulyaning Tyas

Mahasiswa IAIN Surakarta