Soloensis

Cara Membuat Nugget Ayam

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Cara Membuat Nugget Ayam – Anda merasa bosan dengan makanan olahan daging ayam yang gitu-gitu saja? Seringnya, daging ayam hanya digoreng, dibakar, atau dibumbu kecap. Padahal daging ayam ini bisa diolah dan dimasak menjadi makanan nikmat lainnya.

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi daging ayam pasti sudah tahu dengan makanan olahan praktis yang satu ini, karena biasanya sudah dijual dalam kemasan yang sudah jadi dan tinggal digoreng, yaitu Nugget.

Selain sebagai teman makan, Nugget ayam juga bisa dijadikan sebagai kudapan nikmat saat berkumpul dengan keluarga, atau juga bisa dijadikan bekal sekolah anak supaya menu makanan anak Anda semakin lengkap dan bergizi.

Apalagi Nugget ayam juga mengandung protein dan gizi yang cukup tinggi yang baik bagi masa pertumbuhan anak-anak.

Cara Membuat Nugget Ayam

Produksi Nugget ini terbuat dari bahan baku dasar dari daging dan biasanya tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG. Kandungan gizi yang terdapat pada Nugget ini cukup banyak, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Nugget merupakan produk olahan makanan yang terbuat dari daging ayam, sapi, maupun ikan. Nugget yang kita sering jumpai sekarang ini sudah semakin bervariasi, mulai dari bentuk maupun rasanya.

Nah rasanya yang gurih, sedap, dan nikmat ini menambah sensasi yang berbeda setiap kali Anda menggigitnya.

Bentuk Nugget yang unik dan bisa diolah sesuai selera selalu menjadi daya tarik tersendiri, contohnya seperti Nugget ayam dengan bentuk alfabet atau bentuk-bentuk lainnya.

Nugget Ayam

Cara Membuat Nugget Ayam

Nugget ayam yang praktis, enak, dan lezat ini tentunya akan selalu menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, tapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Makanan yang praktis dan banyak mengandung protein ini menjadi kelebihan dari Nugget ini. Selain itu, daya simpan Nugget yang bisa bertahan cukup lama (disimpan dalam freezer) juga menjadi salah satu alasan semakin meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap produk gurih dan renyah ini.

Sebenarnya Anda juga bisa membuat Nugget ayam ini sendiri di rumah. Cara membuat nugget ayam ini bisa dibilang cukup mudah karena memang masuk ke dalam kategori makanan cepat saji. Bahan-bahan dalam pembuatan nugget ayam ini pun juga mudah ditemukan di pasaran.

Karena pada dasarnya cara membuat nugget ayam ini adalah dengan menggiling daging ayam sampai halus, lalu dicampur dengan adonan bahan, kemudian dibentuk menjadi ukuran kecil-kecil dan ditaburi dengan tepung roti.

Maka dari itu, dibawah ini kami sajikan resep cara membuat nugget ayam yang bisa Anda coba di rumah.

 

Cara Membuat Nugget Ayam

Bahan-bahan

  • Daging fillet dada ayam
  • 6 buah roti tawar tanpa kulit
  • 50 gram keju
  • 1 buah telur ayam, kocok lepas
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdt lada atau merica bubuk
  • 1 sdt garam dan gula
  • 250 gram tepung roti
  • 2 butir telur, diambil putih telurnya saja
  • 100 gram wortel parut
  • Alumunium foil secukupnya
  • Margarin secukupnya

Cara Membuat Nugget Ayam

  1. Langkah pertama adalah menggiling daging ayam fillet dengan menggunakan mesin penggiling daging, atau juga bisa dicincang diatas telenan sampai halus.
  2. Setelah halus, campurkan bawang putih halus, telur ayam, dan parutan keju ke dalamnnya. Kemudian aduk semuanya sampai rata.
  3. Sobek roti tawar tanpa kulit luarnya, lalu masukkan ke dalam susu cair, biarkan sampai tercampur dan hancur dengan susunya.
  4. Campurkan susu dan roti ke dalam adonan ayam, lalu aduk rata.
  5. Setelah itu olesi alumunium foil dengan margarin dan tuangkan adonan ayam yang sudah dibuat tadi, lalu gulung-gulung sampai padat diatas.
  6. Kukus kurang lebih selama 30 menit dengan api sedang sampai matang. Setelah itu angkat, lalu dinginkan.
  7. Buka bungkus alumunium foil dan potong-potong sesuai selera.
  8. Gulingkan potongan ayam kukus ke dalam putih telur yang sudah dikocok sebelumnya, lalu gulingkan pada tepung roti yang sudah dicampur parutan wortel secukupnya.
  9. Balur sampai semua potongan ayam terlumuri dengan tepung roti, karena ini yang membuat nugget ayam jadi terasa renyah.
  10. Kemudian simpan dalam freezer sampai beku atau bisa langsung digoreng dengan menggunakan deep fryer penggorengan sampai matang dan berwarna kecoklatan. 

Bagi anda peternak ayam mungkin untuk membuat nugget membutuhkan mesin pencabut bulu ayam

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Andi Ananta

Add comment