Soloensis

Tips Mewarnai Gambar Batik untuk SD agar Lebih Menarik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sebagai salah satu ciri khas Indonesia, kain batik memiliki keunikannya sendiri. Bahkan sejarahnya sendiri sudah banyak diajarkan kepada anak didik dengan cara yang lebih seru. Seperti mewarnai gambar batik untuk SD, dengan begitu pengenalan batik kepada anak – anak jadi lebih maksimal.

Cara Mewarnai Gambaran Batik untuk Anak SD 

Di sekolah dasar, anak SD sudah mempelajari banyak hal. Salah satunya seperti mempelajari sejarah dari Indonesia dan apa yang menjadi ciri khasnya. Namun, cara belajar mereka tentu saja jauh lebih berbeda dari remaja kebanyakan. Mereka mengaplikasikannya ke dalam pewarnaan batik.

1. Ajarilah Menggunakan Warna Dasar Terlebih Dahulu

Meskipun tugas mewarnainya dilakukan di sekolah. Anda bisa memberikan pengertian kepada si kecil untuk bisa mewarnai batiknya dengan baik dan benar. Biasanya anak kecil sangat identik dengan pemilihan warna yang terlalu terang dan mencolok. Jadi, ajarkan warna base yang soft saja.

Warna dasar dari batik yang terkesan mencolok akan terlihat buruk. Jadi, Anda berikan pengertian kepada si kecil, agar mereka mau memilih warna base / dasar yang terlihat lebih gelap dari warna pilihannya. Pelajari dulu warna base tersebut baru nanti akan melanjutkan ke karya seni bayangan.

2. Memberikan Warna Pada Bagian Pinggiran Batik 

Setelah mempelajari bagaimana memilih warna base, selanjutnya Anda harus memberitahukan kepada si kecil caranya membuat bayangan dari warna dasar yang telah terpilih. Meskipun pada umumnya, anak – anak sd masih belum waktunya mempelajari bagaimana caranya mewarnai detail.

Namun, tidak ada salahnya bukan mengajari anak – anak di usia dini bagaimana caranya mewarnai batik dengan realistis? Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa jangan pernah memaksakan kehendak mereka. Bisa saja si kecil tidak bisa tumbuh dan berkembang atas kemauan mewarnai batiknya.

3. Mewarnai Dengan Langkah yang Hati – Hati 

Anak – anak sd sangatlah identik dengan mewarnai yang terlihat tidak begitu rapi. Walaupun hanya sedikit, mereka masih belum mampu mengimbangi pewarnaan agar tidak keluar dari garis. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang mengajari di rumah. Anda harus mengajari mereka dengan baik.

Buatlah gambar batik yang mungkin bisa menyerupai di sekolahnya. Contohnya kepada si kecil bagaimana caranya agar mewarnai tidak keluar dari garis. Beritahukan juga, bahwa mewarna itu harus dengan penuh kesabaran. Dengan begitu, hasilnya pasti bagus dan juga tidak mengecewakan.

4. Pemilihan Warna Hijau Muda dan Agak Gelap 

Mengingat si kecil yang sangat menyukai pemilihan warna yang terlalu mencolok, Anda bisa mengimbangi ide dan pilihan mereka dengan membantunya memilih warna terang tapi masih terlihat bagus. Salah satu contohnya seperti warna hijau muda lalu nanti dicampurkan dengan hijau gelap.

Biasanya anak – anak sd seakan telah mengetahui bagaimana caranya mengombinasikan satu warna dengan warna lain, agar tampilan batiknya terlihat lebih bagus. Misal dengan pewarnaan hijau muda di bagian pinggir atau sisi gambar batik. Bisa juga hijau gelap di pinggiran dan hijau muda di tengahnya.

5. Mengikuti Pola Batik 

Biasanya gambar batik yang diberikan oleh guru di kelas khusus anak sd, semuanya memiliki pola yang terbilang cukup sederhana. Dengan begitu, si kecil tidak akan kesusahan dalam mewarnainya. Namun, meski begitu masih ada yang hasil warnanya tidak begitu rapih dan terkesan berantakan.

Tidak apa – apa, asalkan anak – anak mampu memilih sendiri warna yang sesuai dengan pilihannya. Lalu ia warnakan kepada gambar batiknya di sekolah, tugas Anda sebagai seorang orang tua hanya memantau dan memberikan arahan di mana letak kesalahannya jika mereka menemukan kesulitan.

6. Kombinasikan Warna 

Perlu Anda ketahui, supaya tampilan gambar batiknya terlihat lebih bagus dan menarik. Ajari si kecil untuk mengombinasikan warna. Tidak apa – apa jika warnanya sendiri terlihat tidak senada. Biarlah mereka bereksplorasi atas dirinya sendiri. Supaya bisa lebih bebas memilih apa yang ia inginkan.

Bahkan sudah banyak sekali anak sd dari sekolah lainnya yang mengombinasikan warna dasar untuk batik dengan warna yang bertolak belakang. Hasilnya juga terlihat bagus dan sangat kreatif. Jika terlihat dari jauh, kesannya seperti seni abstrak namun masih terlihat unik dan menarik ala anak sd.

7. Mewarnai Dari Tengah Terlebih Dahulu 

Mungkin Anda bisa memberikan solusi kepada si kecil jikalau mereka terlihat bimbang dalam memilih warna yang bagus. Biasanya di sekolah dan saat ada sesi tugas mewarnai, terkadang anak – anak bingung memilih warna pilihannya. Itulah mengapa secara tidak sengaja, ia lebih pilih warna random.

Bahkan yang terlihat bertolak belakang pun ia warnai ke bagian batiknya. Tidak masalah, wajar saja karena mungkin masih anak – anak. Pemikirannya belum terlalu luas soal warna menarik. Namun, Anda bisa memberitahukannya bahwa berikan warna yang muda di tengah batik. Lalu gelap di sisi.

8. Membuat Batik Sendiri 

Namun, akan berbeda halnya jika anak – anak memiliki tugas mewarnai batik namun juga menggambarnya. Nah, dalam hal ini justru akan lebih mudah. Itu karena sesuai dengan selera mereka sendiri dan pasti si kecil tahu warna apa yang terlihat bagus.

Namun, di rumah Anda bisa memberikannya pengertian untuk kembali menebalkan gambarnya yang mungkin tertutup oleh warna crayon. Supaya garis / line artnya tidak tertutupi. Lalu ajarkan juga untuk selalu memberikan nama kelas dan juga absen di bagian bawah kertas bergambar batiknya.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai berbagai macam cara untuk bisa mewarnai gambar batik untuk SD. Anak – anak yang masih dalam tahapan bereksplorasi, Anda cukup mendukung dari belakang. Jika mereka salah, tuntun sampai hasilnya benar.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment