Soloensis

Peringati Hari Gizi Nasional, Himpunan Mahasiswa THP Univet Bagi Buah & Nuget Sayur di CFD Solo

Memperingati hari Gizi Nasional setiap tanggal 25 Januari, Himpunan Mahasiswa Prodi Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo membuka stand di Car Free Day Solo pada hari minggu tanggal 5 Februari. Kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMATETA dimulai dari pukul 06.00 – 08.30 di area CFD Solo depan Lembaga Pemasyarakatan. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dan dihadiri pula oleh Dosen sebagai upaya kampanye mengenai “pola hidup sehat dengan gizi seimbang”. Kegiatan dilakukan dengan pembagian Buah siap konsumsi dan Nuget sayur yang di buat oleh mahasiswa THP kepada masyarakat umum yang sedang berjalan-jalan ataupun berolah raga di kawasan CFD Solo. Selain itu kegiatan juga bermanfaat untuk memberikan informasi dan mengenalkan Prodi Teknologi Hasil Pertanian Univet Bantara Sukoharjo kepada Masyarakat umum, karena mendekati tahun ajaran baru, mulai Bulan Maret Prodi THP Fakultas Pertanian Univet Bantara Sukoharjo akan membuka pendaftaran Mahasiswa Baru.
Pemahaman masyarakat terkait dengan Gizi Seimbang akan mendorong pola hidup yang sehat terkait dengan konsumsi makanan. Keadaan ketidak seimbangan pada pola konsumsi pangan akhir-akhir ini menyebabkan munculnya berbagai permasalahan terkait gizi dan kesehatan seperti kondisi kurang gizi, obesitas, penyakit-penyakit tidak menular semisal diabetes mellitus, jantung, dll. Sejalan dengan data situasi Gizi di Indonesia yang di rilis oleh Kemenkes RI; Pembangunan kesehatan dalam periode tahun 2015- 2019 difokuskan pada empat program prioritas yaitu penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi balita pendek (stunting), pengendalian penyakit menular dan pengendalian penyakit tidak menular. Sehingga pemahaman terhadap status gizi akan sangat memberi manfaat karena mempengaruhi tinggi rendahnya risiko penyakit tidak menular dan berpengaruh sejak awal kehidupan hingga masa usia lanjut.

Menurut pedoman gizi seimbang rata-rata kecukupan energi dan protein bagi penduduk Indonesia adalah 2.150 kilo kalori dan 57 gram protein per orang per hari. Sementara itu, rerata tingkat kecukupan energi penduduk Indonesia hanya sebesar 76,6% dengan 45,7% penduduk Indonesia mengonsumsi energi ≤70% AKE dan 5,9% penduduk mengonsumsi energi ≥130% AKE (Kemenkes RI, 2016). Maka dari itu, menjadi tanggung jawab moral bagi Mahasiswa THP Univet khususnya untuk ikut mensosialisasikan dan mengkampanyekan ‘Gizi Seimbang’.

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment