Soloensis

Rekomendasi Bahan Jendela Dapur Paling Menguntungkan

 

Ketika akan membuat jendela dapur, sebaiknya perhatikan dulu jenis bahan yang akan Anda gunakan. Pemilihan kusen untuk jendela memang hal yang sangat penting, selain dapat membuat jendela tahan lama, kusen jendela yang bagus juga bisa menempel pada tembok dengan aman. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi bahan jendela dapur yang bisa menguntungkan bagi Anda.

Sebelum menentukan material mana yang akan Anda pilih, perhatikan bagaimana ketebalan kusen tersebut. Sebab, kitchen window dapat bertahan sangat lama bahkan puluhan tahun jika Anda memilih bahan dan ketebalan kusen yang tepat. 

Oleh sebab itu, pastikan dulu Anda mengetahui beberapa jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat jendela sebelum menggunakannya. 

Jenis Bahan Jendela Dapur yang Paling Untung dan Tahan Lama

Ada beberapa jenis bahan jendela yang banyak beredar di pasaran. Seperti, aluminiun, kayu dan lain-lain. Namun, setiap bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Harganya juga tidak sama. Untuk lebih jelas lagi mengenai bahan-bahan tersebut, berikut adalah ulasannya:

• Jendela Dapur Alumunium

Apabila Anda lebih mengedepankan umur lebih lama atau ketahanan, maka material alumunium merupakan pilihan terbaik. 

Apalagi saat ini, penampilan alumunium juga lebih modern sehingga mudah Anda sesuaikan dengan berbagai jenis desain. Penggunaan bahan jendela dapur alumunium bisa membuat pencahayaan menjadi lebih baik. 

Untungnya lagi, bahan alumunium juga tidak cepat rusak bahkan oleh sinar matahari ataupun rayap. Namun,  bahan ini juga memiliki kekurangan yaitu harga yang lumayan tinggi dari pada bahan fiberglass atau vinyl. Biasanya, hal ini menjadi kendala seseorang apalagi dengan budget yang terbatas. 

• Jendela Dapur Kayu

Rekomendasi bahan jendela dapur kedua yaitu kayu. Material ini merupakan salah satu jenis bahan yang paling umum di dunia furniture. Apalagi dalam pembuatan kusen. Bahan ini memang lebih fleksible dan bisa Anda aplikasikan pada berbagai jenis tema dapur, mulai dari klasik hingga modern. Namun, jika Anda menginginkan kesan alami pada dapur, maka jendela dapur kayu merupakan pilihan paling tepat.

Sebetulnya, bahan kayu juga bisa awet dan tahan lama seperti bahan lain, asalkan Anda merawatnya dengan baik. Sayangnya, kayu berkualitas memang terbilang memiliki harga tinggi dan membutuhkan perawatan secara terus menerus. Namun, tampilannya sendiri memang terlihat lebih kokoh dari pada kusen dengan model lain.

• Jendela Dapur Fiberglass

Salah satu hal paling menguntungkan dari bahan kusen fiberglass yaitu ketahanan dan kemudahan dalam perawatannya. Daya tahan bahan ini memiliki kemiripan dengan bahan vinyl, tetapi lebih baik. Hal itu karena fiberglass memiliki ketahanan yang lebih baik, baik terhadap cuaca atau perubahan suatu ruangan.

Jadi, walaupun Anda tinggal di daerah dengan perubahan cuaca yang ekstrim, tetapi bahan jendela dapur ini dapat bertahan dengan baik. Semua keunggulan tersebut memang tidak lepas dari beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan bahan fiberglass yaitu tampilannya yang kurang menarik bahkan terlihat biasa dan membosankan. Apalagi harganya, dengan kualitas dan tampilan seperti ini, namun harganya juga lumayan tinggi. Walaupun memang tidak semahal bahan alumunium.

• Jendela Dapur Baja Ringan

Sesuai dengan namanyam memang sudah jelas apabila jendela dapur bahan ini memiliki bobot yang ringan. Kualitasnya juga terbilang sangat kuat bahkan lebih kuat dari alumunium dengan penampilan yang terlihat kaku dan lebih elegan.

Walaupun harganya jauh lebih tinggi dari pada alumunium, namun banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan jendela dapur baja ringan. Seperti, aman, awet, anti air, anti rayap, dan juga ramah terhadap lingkungan.

Itulah beberapa rekomendasi bahan jendela dapur yang bisa Anda pilih. Sebelum menentukan mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya sesuaikan dulu dengan budget yang Anda miliki. Setelah itu, Anda dapat memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan konsep dapur Anda. Apabila Anda lebih mengedepakan ketahanan sebaiknya memiliki bahan baja ringan. Namun, jika Anda lebih memilih penampilan jendela dapur yang ekstetik, maka penggunaan kayu lebih cocok Anda gunakan.

 

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment