Soloensis

Cara Merawat dan Mepercantik Kolam Renang Pribadi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jika kolam dibiarkan terbengkalai maka hal ini bisa menyebabkan berkembangnya bakteri. Jika teman atau keluarga anda berenang di kolam yang kotor maka hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Meskipun jarang dipakai, namun kolam renang harus tetap dirawat secara rutin dan berkala. Pandawapools.com salah satu penyedia jasa perawatan kolam renang Pondok Indah memberikan penjelasan. Ada baiknya anda menyimak beberapa tips merawat kolam renang di bawah ini. Berikut beberapa tips merawat kolam renang:

Jaga Keseimbangan Air

Tingkat pH pada air adalah ukuran alkalinitas yang harus diperiksa setiap dua kali dalam seminggu. Tingkat pH pada air harus sedikit basa yaitu sekitar 7,2-7,6. Pada tingkat ini klorin bekerja sangat efektif. Anda perlu menambahkan asam secara rutin yakni asam muriatic, alkali, atau baking soda. Tingkat pH yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada kolam.

Lakukan Sanitasi

Hal ini penting untuk mensterilkan kolam renang dari macam-macam virus seperti bakteri dan alga. Jika tidak dibersihkan, kolam akan menjadi tempat berkembang biak bakteri. Nah bakteri tersebut bisa anda hancurkan dengan klorin atau bromin. Tambahkan klorin secara rutin sekitar 3-4 kali dalam sehari agar kolam anda tetap sehat dan bebas dari bakteri.

Menghilangkan Zat Kotor

Beberapa hal yang bisa membuat kolam anda kotor seperti serangga, dedaunan, dan zat kotor lainnya bisa anda bersihkan menggunakan jaring.

Setelah mengetahui cara merawat kolam renang pribadi, Anda juga bisa mendandani kolam renang pribadi di rumah dengan pengaplikasian beberapa kebutuhan seperti berikut ini :

Teras Atau Pool Deck

Banyak jalan keluar membuat teras atau pool deck untuk design kolam renang. contohnya teras dengan dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang ditata dengan rapi, atau teras yang menyatu dengan bangunan rumah.

Penentuan batu alam seperti batu palimanan juga dapat sahabat aplikasikan. yang butuh di perhatikan yaitu teras yang kita bikin mesti anti selip atau tidak licin. pasti keselamatan serta kenyamanan jadi hal penting saat membuat kolam renang ini.

Vegetasi

Berikanlah sentuhan alami dengan pemberian sebagian vegetasi seperti pohon kelapa ( cocos nucifera ), kamboja ( plumeria rubra, obtusa, atau acutifolia ), dadap merah ( erythrina crista galli ), atau pisang kipas dapat jadi pilihan yang baik untuk mengikuti sesuatu kolam renang.

Ketinggian Permukaan Lantai

Lantas upayakan level atau ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari teras atau pool deck. kenapa ? jawabannya yaitu untuk kenyamanan pengguna kolam renang tersebut . jika bila sahabat membuat anak tangga menuju ke kolam renang.

Edging Atau Tepian Kolam

Pakai tepian kolam renang yang tidak lancip. tepian atau edging yang baik baiknya membulat pada sudutnya. tujuannya untuk keamanan didalam kolam renang. buat wujud kolam yang elegan. ini ditujukan supaya kolam renang tersebut lebih gampang didalam sisi pembersihan atau perawatannya. namun bila sahabat senang dengan wujud persegi atau persegi panjang amat sangat mungkin juga kok.

Kedalaman Air

Kedalaman untuk design kolam renang untuk dewasa yang saya rekomendasikan pada 1, 4 mtr. sampai 2 mtr.. atau dapat memadukan keduanya membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. namun untuk kolam renang anak, kedalaman tidak kian lebih 0, 5 mtr

Anak Tangga

Apabila mempunyai steps atau tangga didalam kolam renang, upayakan ketinggian anak tangga tidak kian lebih 18, 5 cm. ini yaitu ketinggian yang nyaman serta direkomendasikan didalam design rumah, bangunan ataupun didalam design taman.

Lantai

Berikanlah permukaan lantai kolam yang tidak licin. batu alam dengan permukaan kasar juga jadi pilihan yang baik. saya rekomendasikan memakai batu sukabumi atau green stone, dikarenakan mempunyai struktur serta warna hijau yang cerah saat ada didalam air.

Lantai keramik dengan mozaiknya juga dapat diaplikasikan, apabila sahabat senang dengan design mozaik. disamping itu jauhi wujud yang terlampau meruncing. tujuannya supaya perawatan kolam ini tidak terlampau sulit

Air Serta Sirkulasi

Air kolam dengan sistem sirkulasi yang baik beri dukungan kenyamanan pada kolam renang. pemberian overflow atau tumpahan air tepi di tepi kolam, bisa menambah situasi nyaman di area tersebut. sahabat dapat memakai batu candi sebagai tepian dari overflow tersebut.

Seperti yang telah saya tunjukkan pada gambar disamping. pada gambar tesebut dinding dari overflow memakai batu tumpuk yang bermanfaat untuk mengeluarkan bunyi gemericik air yang mengalir.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

1 comment