Soloensis

Sambut Bulan Suci Ramadhan, 3 Komunitas Muslim di Bali Lakukan “Geram”

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Mangupura (Bali) – Ada banyak cara untuk memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim. Salah satunya yang dilakukan oleh tiga komunitas muslim ini yakni Madrasah Relawan Regional Bali, Pemuda Hijrah Bali, dan Biker Sholeh Bali. Ketiga komunitas muslim ini secara sukarela dan tanpa pamrih melakukan kegiatan yang mereka sebut “GERAM”. Geram merupaka kependekan dari Gerakan  Aksi Memakmurkan Masjid dengan melakukan aksi bersih-bersih Masjid. Kegiatan Geram dilakukan  pada hari Jumat (03/05/2019) pukul 07.00 s.d 11.00 wita di Masjid  Ar Rahmat Jalan Raya Kuta, Kabupaten Badung. Aksi ini juga didukung oleh Perusahaan Smart Cleaning yang menyewakan secara gratis alat-alat kebersihan seperti mesin penyedot debut dll.

Para relawan dari tiga komunitas Muslim ini sduah nampak memadati areal Masjid Ar Rahmat sejak pukul 06.30 wita. Pemilihan lokasi aksi bersih Masjid dikarenakan Masjid Ar Rahmat dekat dengan tempat berkumpulnya tiga komunitas Muslim di Kopi Zen kurang lebih 500 meter dari keberadaan Masjid Ar Rahmat. Para relawan terbagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan Masjid Ar Rahmat. Ada yang mengepel Masjid dengan mesinpengepel khusus  lantai, ada yang membersihkan langit-langit Masjid dari debut, mengggosok lantai tempat berwudhu masjid dari lumut, membersihkan kipas angin masjid dengan kuas agar debu-debu yang menempel hilang, menyapu pekarangan masjid dari daun-daun kering, mengambil sampah yang menyumbat gorong-gorong got Masjid, hingga mengelap lemari dan rak-rak Al-Quran diletakkan.

Dedy Eka Permana, salah seorang relawan, mengatakan bahwa kegiatan “Geram” merupakan  salah satu kegiatan menyambut Bulan Suci Ramadhan dan juga kegiatan ini juga membantu Takmir Masjid sehingga Masjid menjadi bersih dan tidak berdebu

“Kegiatan ini meruapakn aksi menyambut Bulan Suci Ramadhan dan membantu meringankan pekerjaan takmir Masjid. Selain itu, kami juga turut menjaga kebersihan dan keindahan Masjid. Jamaah yang menunaikan shalat pun menjadi lebih khusuk beribadah” tegas anggota divisi Baksos Komunitas Bikers Sholeh Bali ini.

Dedy menambahkan bahwa membersihkan Masjid merupakan tanggung jawab seluruh ummat muslim, tidak hanya takmir Masjid. Dijelaskan dalam hadist pula menjaga kebersihan dan keindahan masjid.

“Ini hadistnya “Barangsiapa yang mengeluarkan kotoran dari Masjid, Maka Allah Akan membangunkan untuknya sebuah Rumah Di Surga (HR Ibnu Majah)” .tutupnya menagkhiri perbincangan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    HERDIAN ARMANDHANI

    BLOGGER, CITIZEN JOURNALIST, TRAVELLER

    View all posts

    Add comment