Soloensis

Review Wisata Goa Pindul, Pesona Alam Gunungkidul

Sebelum berekreasi, tentu Anda memerlukan ulasan dari pengunjung lain agar tidak kecewa saat sampai di lokasi. Salah satunya yaitu review wisata Goa Pindul yang saat ini sedang naik daun, karena keindahan alam dengan bermacam-macam aktivitas airnya.

Review Wisata Goa Pindul

Mengunjungi Jogjakarta pasti belum lengkap jika tak berkunjung ke wisata Goa Pindul, karena tak hanya menyajikan keindahan alam namun juga ada berbagai aktivitas air yang menarik. Berikut beberapa ulasan dari pendatang mengenai destinasi liburan tersebut:

1. Lokasi Wisata

Goa Pindul terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 7 km dari kota Wonosari dan menempuh waktu 2 jam dari Jogjakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jalanan menuju Goa Pindul relatif mudah untuk diakses dengan kendaraan biasa karena merupakan jalan pedesaan biasa. Sedangkan, jika menggunakan angkutan umum juga bisa naik bis dari terminal Giwangan ke Wonosari kemudian dilanjut dengan ojek.

2. Tiket Masuk

Tiket Goa Pindul terbagi menjadi dua, yaitu masuk ke kawasan dan menuju ke tempat wisatanya. Harganya relatif murah yaitu Rp. 10.000,- dan Rp. 35.000,- per orangnya. Fasilitas yang diperoleh ialah peralatan untuk cave tubing seperti baju dan ban pelampung.

Namun, jika ingin menyewa beserta dengan pemandunya terdapat harga berbeda tergantung penyedia jasanya. Selain itu, biaya retribusi masuk terkadang juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola di sana.

3. Biaya Parkir

Untuk masuk ke tempat wisata, tentu terdapat biaya parkir yang harganya berbeda tergantung dengan jenis kendaraan. Untuk sepeda motor diberi tarif Rp. 2000,-, mobil sebesar Rp. 5000,-, micro bis atau elf Rp. 10.000,- serta bis Rp 15.000,-.

Biaya parkir di tempat wisata Goa Pindul dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada musim. Jika saat liburan tentu harganya lebih mahal daripada hari biasa. Anda bisa memastikan hal ini kepada penyedia jasa liburan pilihan.

4. Fasilitas Goa Pindul

Di area wisata Goa Pindul terdapat berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yaitu area parkir, penginapan atau homestay milik warga, rumah makan, serta beberapa kios penjual makanan dan minuman.

Selain fasilitas tersebut, terdapat yang utama yaitu perlengkapan melakukan aktivitas cave tubing dan juga rafting berupa ban, baju pelampung, serta helm. Anda dapat memilih untuk menggunakan pendamping ataupun tidak tergantung pembelian tiket.

Aktivitas Air di Wisata Goa Pindul

Salah satu review wisata Goa Pindul tentu merangkum tentang berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Beberapa di antaranya yaitu cave tubing dan rafting. Jika Anda menyukai kegiatan memancing juga dapat melakukannya di sini meski tidak begitu populer.

1. Cave Tubing

Cave tubing ialah kegiatan menyusuri goa dengan menggunakan pelampung ban bekas yang dapat digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Dalam aktivitas ini, harus dilakukan dalam kelompok besar, namun jika pesertanya masih sedikit akan digabung dengan kelompok lainnya.

Selama perjalanan, terdapat tiga area yaitu terang, remang, dan gelap yang membutuhkan helm dengan lampu agar dapat melihat area sekitar. Biasanya hanya dimiliki oleh pemandunya saja, namun bisa saja jika pengunjung membawa sendiri.

Di dalam juga ada tempat foto menarik yang dapat digunakan sebagai pendukung review wisata Goa Pindul versi Anda. Di spot ini, juga terdapat sinar matahari yang menerobos masuk ke bagian gua sehingga jika dapat mengambil spot terbaik yang akan mendapatkan hasil menawan.

2. Rafting

Selain cave tubing, rafting juga salah satu kegiatan yang sering dijadikan review wisata Goa Pindul. Pengunjung disediakan perlengkapan untuk melakukan aktivitas tersebut berupa pelampung, ban, sepatu, helm, serta rompinya.

Area rafting hampir sama dengan cave tubing, hanya berbeda pada akomodasi yang digunakan. Sekali perjalanan dapat menampung satu kelompok kecil sehingga bagi untuk pengunjung tidak bisa renang tidak perlu khawatir terjatuh.

Selain itu, dengan menggunakan rafting lebih aman apalagi saat membawa kamera karena akomodasinya lebih besar daripada ban pelampung biasanya. Harganya pun termasuk murah untuk sepaket fasilitas beserta pemandu.

3. Berenang

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Goa Pindul yaitu berenang. Dapat dilakukan di dalam gua ataupun di ujungnya sebelum masuk. Anak-anak kecil dapat menikmati aktivitas ini karena kedalaman air sungai tidak begitu dalam.

Jika ingin berenang di bagian dalam gua maka gunakanlah pelampung khususnya juga bagi anak-anak. Untuk dewasa tentu saja bisa tanpa peralatan apapun asalkan sudah menguasai tekniknya.

Meski begitu, disarankan untuk tetap menggunakan jas atau rompi pelampung yang digunakan saat cave tubing atau rafting demi keamanan. Selain itu, tidak dianjurkan untuk berlama-lama berenang di dalam gua karena setiap kloter memiliki durasi waktu tertentu.

4. Memancing

Memancing juga dapat dilakukan di area Goa Pindul. Utamanya dijalankan oleh penduduk sekitar sekedar untuk mengisi waktu luang. Namun, jika pengunjung ingin melakukannya tentu saja dapat menanyakan pada pemandu wisata atau masyarakat lokal.

Meski aktivitas ini tidak populer di kalangan pengunjung, namun tetap menjadi salah satu alternatif kegiatan di sekitar Goa Pindul. Belum ada ketentuan tarif untuk memancing karena seringkali merupakan kegiatan swadaya atau inisiatif dari pengunjung.

Penginapan di Wisata Goa Pindul

Untuk melengkapi review wisata Goa Pindul, yaitu mengenai penginapan di sekitarnya. Bagi pengunjung berminat menginap di sana terdapat beberapa homestay yang dikelola oleh masyarakat dan juga pengembang wahana.

Harganya bervariasi tergantung dari jenis homestay serta lamanya menginap. Tarif termurah yaitu berkisar Rp. 50.000,- per malam dengan fasilitas standar namun tidak mengecewakan. Untuk info lebih lanjut dapat bertanya pada Goa Pindul Official.

Tips Penting Berkunjung ke Goa Pindul

Beberapa pengunjung terutama dari luar kota memilih untuk menginap di daerah Goa Pindul agar dapat menikmati berbagai aktivitas sejak pagi dan menghindari keramaian jika datang kesiangan. Tentu saja dapat dipesan dari beberapa hari sebelumnya.

Selain itu, jika ingin menikmati semua aktivitas tanpa mengantri lama pastikan untuk mendaftar secara online alias jauh-jauh hari, agar tidak ribet saat berada di lokasi wisata. Anda juga dapat melakukannya melalui Goa Pindul Official dengan berbagai penawaran dan paket menarik.

Tak kalah penting ialah kalau bisa hindari datang ke Goa Pindul saat musim liburan anak sekolah dan saat hari raya, karena dapat dipastikan akan sangat ramai sehingga Anda tidak dapat menikmati wisata dengan tenang.

Berbagai review wisata Goa Pindul dapat membantu wisatawan untuk memberikan gambaran tentang berbagai fasilitas di sana. Serta, aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga, teman, atau siapa saja.

Demikian tulisan singkat mengenai review wisata Goa Pindul yang dapat dijadikan referensi saat ingin berkunjung ke sana. Jika mau mendapatkan info lebih lanjut, silahkan menghubungi Goa Pindul Official yang akan membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nur Sholeh

    Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

    View all posts

    Add comment