Soloensis

Baju Adat Provinsi Riau, Bangka Belitung dan Aceh Yang Indah

Baju Adat Riau.

Riau merupakan daerah di pulau Sumatera yang sering disebut mempunyai nilai-nilai Melayu luhur berdasarkan Islam. Adat kebudayaan masyarakat Melayu berkombinasi dengan nilai-nilai Islam dan kemudian membentuk ciri khas kebudayaan baru, yakni seperti pakaian adat.

• Pakaian adat baju Monyet dan baju Kurung

Pakaian adat yang digunakan untuk anak laki-laki disebut dengan baju Monyet. Sedangkan baju yang digunakan oleh anak perempuan disebut baju kurung dengan motif bunga-bung. 

• Pakaian adat Dewasa

Pakaian yang digunakan oleh laki-laki dewasa di Riau dinamakan Baju Kurung Cekak Musang. Yakni baju seperti busana muslim yang dipadukan dengan celana panjang longgar. Baju ini dipakai dengan sarung dan kopiah. Sedangkan baju yang dipakai oleh wanita dewasa di Riau dapat menggunakan 3 jenis pakaian yang berbeda, yakni Baju Kebaya pendek, Baju Kurung Laboh, dan Baju Kurung Tulang Belut. Baju yang berbeda tersebut digunakan  bersamaan dengan kain selendang yang difungsikan sebagai penutup kepala.

• Pakaian adat untuk Orang Tua

Pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki yang berusia baya disebut Baju Kurung Teluk Belanga. Baju ini tidak jauh berbeda dengan baju kurug Cekak Musang yang bernuansa agamis. Sedangkan busana yang digunakan oleh wanita yang berusia baya adalah baju Kurung Teluk Belanga, Baju Kebaya Pendek, dan Baju Kebaya Laboh.

Baju Adat Bangka Belitung :

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang mempunyai banyak pulau. Sehingga kebudayaan yang ada pun sangat beragam salah satunya adalah pakaian adat.

• Pakaian adat Kain Cual

Pakaian adat ini merupakan pakaian adat untuk pengantin laki-laki. Pakaian ini berbentuk jubah panjang dengan warna merah tua dan dilengkapi dengan selendang yang disampirkan dibahu kanan. Untuk bawahan, pakaian adat ini memakai celana dengan warna yang sama.

• Pakaian adat baju Seting

Pakaian adat ini merupakan pakaian adat yang digunakan oleh pengantin wanita. Pakaian ini dibuat dari bahan kain sutera atau kain beludru.

Baju Adat Aceh :

Aceh merupakan sebuah provinsi yang terkenal akan kebudayaannya yang sangat bernuansa agamis ini. Tak heran bila provinsi ini mendapat julukan Serambi Makkah. Salah satu kebudayaan Aceh yang sangat populer adalah pakaian adat.

• Pakaian adat Linta Baro

Pakaian adat ini merupakan pakaian adat yang digunakan oleh kaum pria. Pada umumnya, pakaian ini biasa dipakai pada acara ke pemerintahan. Pada bagian atas pakaian Linta Baro disebut dengan Meukasah sedangkan untuk bagian bawahnya disebut dengan Siluweu.

• Pakaian adat Daro Baro

Pakaian ini merupakan pakaian adat yang digunakan oleh kaum wanita di Aceh. Pada umumnya, pakaian yang digunakan kaum wanita ini warnanya lebih cerah. Warna yang biasa digunakan di beberapa pakaian adalah merah, kuning, hijau ataupun ungu.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment