Soloensis

Pesona Sebaran Apem Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten

Sejarah tradisi sebaran apem yaa qowiyyu Ki Ageng Gribig yang bernama asli Wasibagno Timur atau ada yang menyebutkan Syekh Wasihatno, merupakan keturunan Prabu Brawijaya V dari Majapahit.

Yang mana disebutkan bahwa beliau adalah putra dari Raden Mas Guntur atau Prabu Wasi Jaladara atau Bandara Putih, putra dari Jaka Dolog adalah putra Prabu Brawijaya V raja terakhir kerajaan Majapahit.

Ia adalah seorang ulama besar yang memperjuangkan Islam di pulau Jawa, tepatnya di Jatinom, Klaten Suatu Jum’at di Bulan Safar (ada yang menyebutkan tanggal 15 Safar),
Ki Ageng Gribig kembali dari perjalanannya ke Tanah Suci.

Ia membawa oleh-oleh, 3 buah penganan dari sana. Sayangnya saat akan dibagikan kepada penduduk, jumlahnya tak memadai. Bersama sang istri, ia pun kemudian membuat kue sejenis.

Kue-kue inilah yang kemudian disebarkan kepada penduduk setempat, yang berebutan mendapatkannya. Sambil menyebarkan kue-kue ini, iapun meneriakkan kata
“Ya Qowiyyu”, yang artinya “Tuhan, Berilah Kekuatan” atau bisa juga berarti “Allah Yang Maha Perkasa (Kuat)”.

Secara utuh, Ki Ageng Gribig berucap::Ya qowiyyu qowwina wal muslimin ya qowiyyu ya rozaq warzuqna wal muslimin”. Yang Artinya, Ya Tuhan Yang Maha Kuat, semoga Engkau memberikan kekuatan kepada kami semua kaum muslimin.

Ya Tuhan Yang Maha Kuat dan Pemberi Rejeki, semoga Engkau memberikan rejeki kepada kami semua kaum muslimin. Penganan ini kemudian dikenal dengan nama apem, saduran dari bahasa Arab “Affan”, yang bermakna Ampunan.

Tujuannya, agar masyarakat selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Sejak saat itu, tepatnya sejak tahun 1589 Masehi atau 1511 Saka, Ki Ageng Gribig selalu melakukan hal ini.

Ia pun mengamanatkan kepada masyarakat Jatinom saat itu, agar di setiap Bulan Safar, memasak sesuatu untuk disedekahkan kepada mereka yang membutuhkan.

Amanat inilah yang mentradisi hingga kini di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, yang kemudian dikenal dengan “Yaqowiyu”.

Sebutan Ki Ageng Gribig melekat pada diri beliau konon dikarenakan kesukaan Ki Ageng Gribig untuk tinggal di rumah beratap gribig (anyaman daun nyiur).

Makam Ki Ageng Gribig dibuat dari batu merah dan kayu, terletak di Dukuh Jatinom, Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom, yang berjarak sekitar 9 km dari kota Klaten, Jawa Tengah.

Salam Sejahtera Untuk Kita Semuanyaaa…………

by : Iqbal Nur.S (161211111)

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Iqbaal

    Mahasiswa Cakep

    View all posts

    Add comment

    Topic