Soloensis

Mari Bersholawat Melalui Grup Hadroh

Desa slarong adalah desa yang terletak di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. disana terdapat grup hadroh yang bernama Hamukso yang diketuai oleh Sigit Purnomo. Dari segala kegiatan yang ada di Desa Slarong, hadroh lah yang paling sering diadakan. Hadroh adalah sebuah musik yang bernafaskan Islami yaitu dengan melantunkan sholawat Nabi diiringi dengan alat tabuhan yang berasal dari kebudayaan timur tengah. karena di Indonesia mayotitasnya adalah umat Islam, maka tidak mengherankan bila terdapat banyak seksli grup hadroh.

Namun yang paling banyak memiliki kontribusi dalam grup hadroh ini adalah penasihatnya yaitu Bapak Joko Broto Waluyo. Beliau adalah sosok pemimpin desa yang baik, tegas, Islamis, dan kreatif. Banyak kegiatan positif yang diselenggarakan olehnya untuk membangun desa agar lebih maju dalam segala hal, terutama dalam segi agama. Beliau juga lah yang pertama memberikan ide untuk pembentukan grup hadroh di Desa Slarong.

Hamukso memiliki kepanjangan yaitu Hayo Memuji Marang Kang Kuoso, artinya kita bersholawat memuji keagungan Allah SWT. Dengan bersholawat diharapkan bisa membuat semua yang mendengar serta yang menyaksikannya dapat menambah ke imanan serta ketakwaannya, menjadi lebih dekat dengan-Nya.

Dengan banyaknya grup hadroh yang ada, tentu dibutuhkan kepengurusan serta anggota yang mampu bersaing dalam bersholawat. Disinilah peran penting yang diambil oleh Bapak Joko Broto Waluyo. Beliau mampu menyatukan kerjasama dari banyaknya anggota. Beliau berharap agar kebudayaan Islam mampu berpadu dengan baik antara kebudayaan Jawa. Bapak Joko Broto Waluyo menjadi sosok yang mampu memotivasi banyak orang dengan segala tindakan positifnya. Semoga apa yang disampaikan beliau bermanfaat bagi semua lewat sholawatnya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Baskoro Tri Atmojo

    ༼༈༽IndoHunterX༎Anonymous༼༈༽ ࿐ Baskoro Tri Atmojo, lahir di Sukoharjo, 17 Maret 1998. Kuliah di IAIN Surakarta jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam sejak 2016.

    X: "Mencoba menjadi pribadi yang punya tanggungjawab tinggi, terus lah bergerak maju."

    View all posts

    Add comment