Soloensis

Fakta Tentang Gunung Talamau, Puncak Tertinggi Di Sumatera Barat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bagi orang banyak, kegiatan mendaki gunung adalah hal yang berbahaya, banyak ancaman dan tidak direkomendasikan. Namun bagi sebagai orang orang, kegiatan ini sangat mengasyikkan, memberi kesan indah dan mampu memicu adrenalin bagi yang suka perjalanan ekstrim.

Apalagi jika medan pendakian yang masih asri, alami dan terjaga, dalam artian belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Hal ini tentunya akan menambah tingkat kesulitan, serta semakin menarik minat para pendaki yang hobi menjelajah hutan.

Nah, salah satu area pendakian gunung yang serupa dengan gambaran di atas adalah gunung Talamau, atau yang akrab disebut sebagai Gunung Pasaman. Nah, penasaran seperti apa bentuk rute, profil dan keindahannya, simak beberapa fakta tentang gunung Talamau di bawah ini, yang dilansir dari Minangku.com :

1. Gunung Tertinggi di Sumatera Barat

Gunung Talamau dinobatkan sebagai gunung paling tinggi di Sumatera Barat, dengan titik puncak mencapai 2,982 mdpl, lebih tinggi dari gunung lainnya yang ada di Sumatera Barat seperti Marapi, Talang dan Singgalang.

2. Gunung Api Tidak Aktif

Gunung Talamau awalnya diketahui sebagai gunung Merapi aktif, namun kemudian keputusan diubah setelah dilakukan berbagai survei, yang menyatakan bahwa gunung ini sudah tidak aktif lagi. Namun meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati dan waspada ketika mendakinya.

3. Terdapat 13 Telaga

Fakta paling terkenal dari salah satu Wisata Di Pasaman Barat ini adalah telaga-nya yang berjumlah sebanyak 13 buah. Bahkan dinobatkan sebagai gunung dengan jumlah telaga paling banyak di Indonesia.

Nama-nama telaga di gunung ini antara lain adalah Talago Putih Sangka Bulan, Talago Tapian Sutan Bagindo, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Siuntuang Sudah, Talago Puti Bungsu, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Lumuik, Talago Biru, Talago Mandeh Rubiah, Talago Imbang Langik, Talago Cindua Mato dan Talago Buluah Perindu.

4. Air Terjun Di Kaki Gunung

Fakta tentang gunung Talamau berikutnya ialah adanya sebuah air terjun yang indah yang terdapat di kaki gunungnya, yang diberi nama Air Terjun Putri Lenggo Geni. Tidak tanggung-tanggung, tinggi air terjun ini mencapai 100 meter, sangat tinggi, bukan?

Nah, lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat persinggahan sementara / lokasi peristirahatan sementara sebelum melanjutkan perjalanan. Kamu juga bisa mengabadikan momen indah di lokasi ini, karena tidak semua orang bisa dengan mudah mengaksesnya.

5. Rute Yang Masih Alamiah

Maksud asli di sini ialah mayoritas rute perjalanan untuk sampai ke puncak masih sangat asli dan asri, hutan basah yang lebat dengan medan yang terjal akan kamu temukan di sepanjang perjalanan. Untuk itu, tetap waspada dan jaga stamina.

Demikianlah, beberapa Fakta tentang Gunung Talamau yang perlu diketahui sebelum kamu berniat mendakinya. Meski terkesan cukup menantang, namun semua kekhawatiran akan hilang ketika kamu sampai ke puncak, yang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Wiki Pebrianto

Influencer, Pekerja Keras, Pemimpi, Pecinta Seni, Sedikit Pemalu dan Ramah.

1 comment

  • QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6287886603026 atau bisa cari atau search di google ya guys. CLICK DISINI guys.