Soloensis

9 Ide Bisnis Online Terbaik yang Menguntungkan saat ini

Saat ini, setelah ekonomi carut marut karena adanya pandemik, pilihan untuk menjalankan bisnis online merupakan pilihan yang tepat karena dapat membantu kemandirian finansial. 

Untuk membantu Anda memulai bisnis online, maka saya telah menyusun 9 daftar ide bisnis online terbaik yang dapat Anda mulai saat ini. Apa sajakah itu ? cek idot…

Ide Bisnis Online Terbaik

Terlepas dari pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya, saat ini bekerja dari rumah menjadi lebih populer di kalangan kaum milenial. Dan banyak juga pelaku bisnis konvensional yang beralih membuka bisnis secara online dengan memulai website untuk usaha online mereka. 

1. Bisnis Pemasaran Media Sosial

Jika Anda memiliki bakat untuk mendapatkan perhatian dari netizen hingga bisa mendapatkan banyak like, pengikut, share, komentar, umpan balik, maka itu bisa bisa di manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. 

Contoh Media sosial yang kini menjadi ladang uang bagi para influencher yaitu, tik tok, facebook, instagram, youtube. Dengan membuat konten yang menarik bagi pengikut setia Anda, maka tidak sulit untuk mendapatkan uang dari medsos.

2. Membuka Jasa SEO

Jika Anda bukan ahli dibidang media sosial, namun mempunyai kemampuan khusus di bidang SEO atau optimasi mesin pencari. Maka ada banyak perusahaan yang bersedia membayar mahal untuk jasa Anda.

Gak usah muluk” kelas perusahaan deh. Coba tawarkan aja kemampuan Anda di grup/komunitas blogger. Disana banyak sekali yang membutuhkan jasa SEO untuk Blog mereka.

Rata-rata harga untuk jasa SEO yang sudah pro minimal 1.000.000 Rupiah untuk kelas premium.

3. Desain Edit Foto (Karikatur Online)

Apakah Anda punya keahlian di bidang Photoshop atau Illustrator ? Terutama di bidang edit foto karikatur ?

Di sini, ada temen saya yang telah sukses menjalankannya. Dengan hanya mengandalkan media promosi online saja sudah cukup menjangkau client di kota-kota besar seperti jakarta, jawa, dan sekitarnya.

Padahal dia hanya tinggal di kampung kecil, tapi setiap hari orderan karikaturnya selalu penuh hingga mereka rela antri.

4. Penulis Lepas

Saat ini peluang membuka jasa penulis artikel cukup menjanjikan. Hampir setiap hari blogger pemula muncul dan kadang mereka cukup frustasi karena terlalu lama untuk belajar hingga bisa menguasai tulisan yang SEO dan human friendly.

Alhasil, pilihan mereka untuk menggunakan jasa penulis artikel terpaksa di lakukan untuk menghemat waktu.

Harga setiap 1 artikel 500 kata dengan kualitas cukup baik yaitu berkisar antara 10.000 – 50.000 Rupiah.  

5. Riset Keyword

Dari pengalaman saya sendiri pernah dapet orderan riset kata kunci untuk artikel yaitu sekitar beberapa bulan lalu.

Tidak mudah memang untuk melakukannya, karena harus melihat volume pencarian tiap bulan, tingkat kompetitor di keyword yang di bidik dan seberapa besar peluang untuk masuk page one.

Harga yang saya tawarkan untuk 1 kata kunci beserta kw turunannya yaitu 10.000 Rupiah untuk keyword artikel bahasa Indonesia.

6. Menjual Foto

Jika Anda suka travelling, mengapa tidak mengabadikan perjalanan Anda dan mendapatkan keuntungan dari foto tersebut ?

Bagi Anda berbakat di bidang fotografi, ada beberapa situs stok foto seperti Shutterstock dan iStock yang bisa di jadikan penghasilan tambahan untuk foto terbaik Anda dengan cara menjualnya disana.

7. Program Affiliasi

Ada banyak program affiliasi yang masih terbukti membayar sampai saat ini seperti amazon, shopee, tokopedia, perusahaan hosting dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda ahli dalam kata-kata atau mempunyai kemampuan berdagang maka cobalah untuk bergabung dengan perusahaan di atas. Semakin banyak produk yang mampu Anda jual maka akan semakin banyak pundi-pundi dollar menanti Anda.

8. Podcasting

3 tahun lalu, saya belum tahu apa itu podcast, tetapi sekarang, podcast telah mempunyai pasarnya sendiri.

Contoh artis papan atas Indonesia yang sukses dengan podcast adalah master dedi corbusier. Lihatlah di channel youtubenya, hampir setiap show poadcast miliknya di tonton lebih dari 1 juta orang.

9. Monetisasi YouTube

Jika Anda orang yang terkenal, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan uang dari monetisasi youtube. Lihatlah artis papan atas Indonesia yang kini telah menguasai beranda youtube. 

Padahal, apakah konten mereka menarik ? silahkan nilai sendiri.

Jika Anda kebetulan bukan orang yang di kenal, maka satu satunya cara agar channel youtube Anda layak di monetisasi adalah dengan menyajikan konten yang unik dan mampu menarik banyak penonton. 

Ada banyak ide channel yang potensial, contohnya keahlian edit foto seperti zak king, channel memancing, keahlian menyanyi, memainkan alat music dll.

Penutup

Sebenarnya, masih ada banyak ide bisnis online terbaik dari perspektif Anda sendiri. Namun yang saya sebutkan di atas adalah yang menurut saya terbaik karena untuk memulainya modalnya nggak harus banyak.

Jadi, Apa yang Anda tunggu sekarang ?

Mulailah untuk menunjukan bakat dan keahlian Anda pada dunia dan dapatkan keuntungan darinya.

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Rio Vestoli

    Blogger pecinta kopi

    View all posts

    Add comment