Soloensis

Wisata Ini adalah Jejak Sejarah

Wisata ini adalah Jejak Sejarah
Pemandian Air Sapta Tirta- Karanganyar adalah nama salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Berada kurang lebih 14 Km dari kota Solo, daerah tersebut menyimpan banyak sekali lokasi wisata alam yang menarik perhatian untuk dikunjungi. Bahkan kebanyakan paket wisata yang hadir di Kota Solo pasti akan menyertakan tempat wisata area Karanganyar.
Menjadi destinasi wisata alam yang terkenal dengan naturalnya, tempat-tempat menarik nan asri akan memberi ketenangan batin bagi siapa saja yang mengunjunginya. Selain wisata alam dan bangunan candi yag sudah dikenal masyarakat luas, Karanganyar juga memiliki tempat wisata yang dikenal menyimpan cerita sejarah atau mitos. Mungkin tidak semenarik wisata alamnya, namun lokasi semacam ini terkadang lebih bermanfaat sebagai tempat pelepas penat luar dalam. Seperti yang satu ini ni…. Pemandian Sapta Tirta.
Berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih. Lokasi tempat wisata ini cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Matesih dan Karangpandan. Lokasinya berada di kaki Gunung Lawu, sehingga pemandian ini memiliki hawa yang sejuk. Sapta Tirta merupakan sebuah pemandian yang sedikit berbeda dengan pemandian pada umumnya. Jika sebuah wisata pemandian pada umunya berupa kolam dengan sumber mata air pegunungan yang sangat menyegarkan, beda halnya dengan Sapta Tirta. Pemandian disini berbentuk sumur. Yap, disinilah letak keunikan Sapta Tirta. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Sapta Tirta berarti tujuh air. Sumber air masing-masing memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda dan diberi nama sesuai dengan kandungan mineral serta kondisi sumur. Diantaranya Air Mati, Air Hangat, Air Kesakten, Air Hidup, Air Soda, Air Urus-Urus, dan Air Bleng.
Konon, tempat ini dulu digunakan sebagai tempat betapa Pangeran Sambernyawa serta merupakan tempat pertahanan di masa kolonial Belanda. Di sekitar tempat pemandian ini terdapat sebuah bangunan yang dulu digunakan oleh Pangeran Sambernyawa untuk bersemedi.
Karena memang menyimpan cerita sejarah, pengunjung yang berminat mandi ini biasanya memiliki maksud tertentu. Misalnya untuk menambah kesaktian atau semacamnya. Tujuh sumber air ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam peyakit, terutama yang berkaitan dengn penyakit kulit.
Namun kembali pada kepercayaan pengunjung masing-masing dengan maksud dan tujuannya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari lokasi wisata peandian Air Sapta Tirta. Ber-swafoto sekaligus meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah masa lalu dan juga mencari obat dari alam. Sebenarnya sektor pariwisata semacam ini bisa menjadi aset berharga bagi daerah dan warga sekitar untuk menambah lapangan pekerjaan. –Yustina Kartika

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Yustina Kartika

    Saya adalah mahasiswi IAIN Surakarta. Jurusan Broadcast, gemar menulis puisi dan cerita pendek namun kurang percaya diri dengan hasil tulisan

    View all posts

    Add comment