Soloensis

Pemuda Kreatif Pemuda Berkarya

Kabupaten Karanganyar merupakan sebuah kota yang memiliki 17 kecamatan diantaranya (kecamatan Colomadu, kecamatan Jaten, kecamatan Karanganyar, kecamatan Gondangrejo, kecamatan Kebakramat, kecamatan Kerjo, kecamatan Mojogedang, kecamatan Karangpandan, kecamatan Jenawi, kecamatan Tawangmangu, kecamatan Jatiyoso, kecamatan Jatipuro, kecamatan Jumantono, kecamatan Jumapolo, kecamatan Ngargoyoso, kecamatan Tasikmadu, kecamatan Matesih). Kabupaten yang di pimpin oleh Bupati Juliatmono ini merupakan salah satu daerah yang memiliki karakteristik umum daerah agraris. Tidak heran jika kalian pergi ke kota ini di sekeliling kalian terdapat sawah-sawah yang membuat pemandangan menjadi indah nan asri.

Karanganyar merupakan tempat yang banyak digemari oleh para wisatawan. Karena tidak hanya tempat wisatanya saja yang menarik, tetapi juga ada beberapa tempat yang bukan tempat wisata tetapi harus wajib di kunjungi. Seperti taman pancasila, setiap sore hari menjelang malam taman pancasila sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang yang tidak hanya bertempat tinggal di Karanganyar. Disana menjual berbagai mancam makan, pakaian, bahkan ada tempat sendiri untuk memanjakan anak-anak kecil. Tidak hanya taman pancasila saja, di alun-alun karanganyar setiap sore menjelang malam juga tidak kalah ramai pengunjung dan juga terdapat banyak sekali pedagang kaki lima. Tetapi bedanya, di alun-alun Karanganyar terdapat sebuah air mancur warna-warni yang hanya menyala ketika malam hari.

Jumat (26/10) kemarin, Karanganyar mengadakan sebuah acara perdana dan satu-satunya di Indonesia yaitu FESTIVAL KINCIR ANGIN. Festival ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut yang berlangsung di Gor RM SAID. Di dalam festival tersebut juga terdapat sebuah acara yang mana untuk memperingati hari sumpah pemuda. Acara yang serupa digelar ditempat yang sama, yang bernamakan Jambore Pemuda. Diacara tersebut juga dimeriahkan dengan bazar-bazar makanan, fashion, atau lukisan. Setiap stand dari bazar tersebut merupakan perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di kota karanganyar. Dan yang menarik, setiap peserta perwakilan dari tiap kecamatan tersebut diutamakan adalah pemuda pemuda yang kreatif dan inovatif.

Ada sekitar 17 stand bazar yang berdiri di acara jambore pemuda, salah satunya yaitu stand perwakilan dari kecamatan karangpandan. Disana menjual berrbagai produk industri boga dan industri kreatif. Usaha tersebut merupakan usaha yang dirintis oleh anak muda yang dahulunya hanya menjual barang dengan mengambil ditempat lain, hingga sampai sekarang mampu memproduksi barang sendiri dan memperkerjakan sekitar 5 orang dirumahnya. Menurut pemilik usaha MYH Brand, ia merasa senang dengan adanya acara seperti ini. Dan harapannya semoga Bapak bupati mampu mengapresiasi kreatifitas pemuda-pemuda karanganyar.

Tugas peserta jambore tidak hanya memeriahkan acara dari awal sampai akhir, tetapi mereka semua dilatih kedisiplinan dan mental oleh TNI karanganyar. Semua peserta diwajibkan untuk bermalam disana dan hanya disediakan tenda untuk tempat mereka tidur. Dan ketika malam hari, ada juga kegiatan yang menyerupai pramuka, seperti temanya jambore jadi semua kegiatan hampir seperti kegiatan kepramukaan seperti contoh ada kegiatan renungan malam dan jerit malam yang wajib diikuti peserta jambore. Untuk penutupan acara jambore pemuda ini dilakukannya upacara untuk memperingati hari sumpah pemuda yang dihadiri oleh Bupati Karanganyar, peserta jambore, perwakilan siswa-siswa Sekolah Menengah keatas dan tamu-tamu undangan lainnya.

Dalam acara jambore pemuda ini Bupati Karanganyar Juliyatmono mengharapkan agar pemuda-pemuda karanganyar mempunyai idealisme yang tinggi tetapi juga mempunyai tatanan dan beliau ingin pemuda-pemuda di karanganyar mampu menjadi pemuda berkrakter dan mampu berkarya. Karena pemuda-pemuda adalah generasi penerus bangsa dan calon pemimpin.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment