Soloensis

Mengenal Pengertian Energy Alternatif dan Terbarukan, Apa Bedanya ?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mengenal Pengertian Energy Alternatif dan Terbarukan, Apa Bedanya ?

Penggunaan energi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, dari membuka mata di pagi hari hingga tidur di malam hari. Saat ini, masyarakat mulai mengenal konsep energy alternatif dan energi terbarukan sebagai bentuk energi yang digunakan. Tahukah anda bahwa pengertian energy alternatif dan energi terbarukan ini sebenarnya tidaklah sama ? Lebih lanjut, simak ulasan berikut.

 

Mengenal Energy Alternatif

Energy alternatif merupakan sumber energi yang digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil, yang notabene adalah energi paling banyak diandalkan saat ini. Jadi, energy alternatif ini adalah sumber energi yang selain bahan bakar fosil, termasuk energi terbarukan dan energi nuklir.

Sehingga bisa disimpulkan pula bahwa energi terbarukan termasuk sebagai bagian dari energy alternatif. Kendati energi nuklir termasuk sebagai energi alternatif, namun energi ini tidak termasuk sebagai energi terbarukan. Pasalnya energi nuklir ini diperoleh dari menambah throium dan uranium, yang mana suatu saat bisa habis.

 

Mengenal Energi Terbarukan

Setelah mengenal pengertian energy alternatif, anda tentu bertanya tanya lantas apa itu energi terbarukan. Pengertian dari energi terbarukan ini yaitu energi yang diproduksi dari sumber yang bisa terus dikembalikan dan tidak menghabiskan sumber daya alam yang ada. Inilah mengapa energi nuklir yang bisa habis tidak termasuk sebagai energi terbarukan, meski masuk kategori energy alternatif.

Sementara yang termasuk sebagai energy alternatif dan terbarukan di antaranya yaitu energi matahari, energ air, energi angin, panas bumi, dan gelombang laut. Yang mana keberadaan dari berbagai energi ini diprediksi tidak akan pernah habis hingga kapan pun, meski telah digunakan dalam jumlah banyak.

Mengapa Manusia Membutuhkan Energy Alternatif dan Terbarukan ?

Energy alternatif dan terbarukan tentu lebih baik digunakan, mengingat bahwa energi ini tersedia secara alami di alam dan jumlahnya tidak akan pernah habis. Selain itu, energi ini juga dianggap lebih bersih lantaran dalam proses pemanfaatannya tidak meninggalkan jejak karbon, berbeda dari sumber bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas karbon dioksida dan monoksida.

Seperti yang diketahui, emisi gas dari pembakaran bahan bakar fosil yang dilepas ke atmosfer akan membuat lingkungan dipenuhi polusi. Yang mana jejak karbon tersebut akan meningkatkan efek rumah kaca dan memicu pemanasan global. Jika dibiarkan terus menerus, tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan manusia yang tinggal di dalamnya.

Melihat dari pengertian energy alternatif dan terbarukan, serta berbagai dampak dari penggunaan energi fosil. Tentu hal ini menjadi alasan yang melatarbelakangi mengapa manusia membutuhkan adanya energy alternatif dan terbarukan tersebut. Sehingga kebutuhan energi untuk berbagai aktivitas manusia bisa terus terpenuhi hingga nanti, tanpa merusak lingkungan sekitar.

Bagi anda yang ingin menggunakan energy alternatif dan terbarukan seperti yang telah dijelaskan pada ulasan di atas, bisa menghubungi SUN Energy untuk pemasangan solar panel. Solar panel terbaik dari SUN Energy ini merupakan sistem pembangkit listrik dengan menggunakan sumber energi matahari yang tersedia melimpah sebagai bahan bakarnya, sehingga lebih hemat dan ramah lingkungan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Saddam Ali

Seorang dengan passion teknologi, marketing dan psikologi. Sedang meraih impian untuk membangun panti asuhan

Add comment