Soloensis

Kenapa Manusia Membutuhkan Energy Alternatif ? Simak Alasannya di Sini!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kenapa Manusia Membutuhkan Energy Alternatif ? Simak Alasannya di Sini!

Pengertian energy alternatif merupakan sumber energi yang digunakan untuk menggantikan energi lama yang sudah langka dan tidak dapat diperbaharui, atau dalam hal ini bahan bakar fosil. Meski secara garis besar banyak yang memahaminya, namun tidak bisa dipungkiri jika masih banyak masyarakat yang bertanya tanya mengapa energy alternatif ini diperlukan. Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut.

 

Alasan Manusia Membutuhkan Energy Alternatif

1. Energy Alternatif dapat Menurunkan Ketergantungan

Melakukan diversifikasi energi dengan penggunaan energi alternatif, bisa membantu menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap sumber energi yang tidak terbarukan seperti bahan bakar fosil. Mengapa hal ini penting dilakukan ? Sebab bahan bakar fosil semakin lama semakin langka, bahkan perlu melakukan import terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut.

Jika terus dibiarkan bergantung pada sumber energi bahan bakar fosil tersebut, tentu akan menjadi kabar buruk. Terlebih penggunaan dari bahan bakar fosil pun menghasilkan emisi gas yang berbahaya bagi lingkungan maupun kehidupan manusia. Oleh karena itu, diperlukan tindakan antisipasi seperti penggunaan energy alternatif untuk menurunkan ketergantungan masyarakat.

2. Energy Alternatif Akan Terus Ada

Pengertian energy alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan sumber bahan bakar fosil. Energy alternatif ini contohnya seperti sinar matahari, angin, dan juga air yang dapat diperbaharui dan tidak pernah habis bahkan sampai dunia kiamat. Jadi meskipun telah digunakan dalam jumlah banyak, energy alternatif tetap memiliki masa depan cerah dan menjanjikan.

3. Energy Alternatif Baik untuk Kesehatan dan Lingkungan

Bila bahan bakar fosil menghasilkan emisi gas karbon dioksida dan monoksida yang dapat meningkatkan pemanasan global dan berdampak buruk bagi lingkungan, maka penggunaan dari energy alternatif tidak menghasilkan polusi udara dalam prosesnya. Sehingga sumber energy alternatif ini dinilai jauh lebih aman, ramah lingkungan, dan tidak berisiko terhadap kesehatan manusia.

4. Harga Energy Alternatif Cenderung Stabil

Untuk sumber bahan bakar fosil, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan. Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa jumlahnya memang semakin terbatas dan langka. Lain halnya dengan energy alternatif yang akan terus ada, sehingga harganya cenderung stabil.

Bahkan untuk solar panel, sumber energi matahari yang digunakan untuk menghasilkan listrik sudah tersedia di alam secara gratis. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk pemasangan panel surya saja, selanjutnya tidak ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Tentu hal ini akan membuat anda jauh lebih hemat dibandingkan hanya mengandalkan listrik konvensional.

5. Energy Alternatif Bisa Diakses Semua Orang

Dari pengertian energy alternatif, energi ini memang digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil yang jumlahnya terbatas. Namun sebenarnya banyak masyarakat yang tinggal di pinggiran kota atau pemukiman, yang hingga saat ini belum mendapat akses terhadap hasilnya. Dengan energy yang semakin murah dari waktu ke waktu, maka sumber energy ini bisa menjadi solusi.

Banyak sekali bukan alasan kenapa manusia membutuhkan energy alternatif ini ? Oleh karena itu, anda bisa segera menggunakan energy alternatif seperti solar panel untuk menghasilkan energi listrik. Solar panel berkualitas dengan berbagai sistem pembayaran yang mudah bisa anda dapatkan dari SUN Energy. Jadi jangan tunggu lama untuk segera menggunakan energy alternatif ini!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Saddam Ali

Seorang dengan passion teknologi, marketing dan psikologi. Sedang meraih impian untuk membangun panti asuhan

Add comment