Soloensis

Pengabdian di Desa Gedong Wonogiri: Penyuluhan Pemanfaatan Pangan Lokal oleh Tim Prodi THP Univet Sukoharjo

Pada awal Juli 2018 lalu telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pencil, Desa Gedong Ngadirojo Wonogiri. Tim pelaksana dalam kegiatan ini diketuai oleh Novian Wely A. STP. M.Sc. Dosen Prodi Teknogi Hasil Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (THP Univet Bantara Sukoharjo) dengan dua anggota tim yaitu: Afriyanti, STP. M.Sc. dan Catur Suci, S.Pt. M.Sc. serta dibantu dosen & mahasiswa THP Univet Bantara Sukoharjo. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian program Hibah Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) Kemenristek Dikti yang didanai tahun 2018. Kegiatan PKM yang bertujuan untuk potensi masyarakat khususnya kelompok tani dan PKK desa Gedong dengan pemanfaatan potensi lokal yaitu singkong.
Kegiatan penyuluhan kepada kelompok wanita tani yang telah berlangsung sejak bulan maret lalu sebelumnya juga telah dilaksanakan juga beberapa kegiatan lain. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 20 anggota kelompok wanita tani diisi dengan penyuluhan dan pemberian materi mengenai diversifikasi pangan, penanganan pasca panen singkong dan pengenaan mengenai MOCAF (modified cassava flour). Mocaf merupakan tepung singkong yang telah mengalami modifikasi secara mikrobiologi khususnya bakteri asam laktat sehingga menghasilkan tepung singkong yang memiliki karakteristik fisik maupun kimiawi yang lebih baik. Mocaf berbeda dengan tepung tapioka dan tepung gaplek, perbaikan karakteristik fisik dan kimiawi pada mocaf mendorong penggunaannya lebih luas lagi. Beberapa penelitian bahkan menunjukan bahwa Mocaf dapat digunakan untuk substitusi tepung terigu pada pembuatan mie, roti kering dan roti basah, makanan ringan (snack) dan beberapa produk lain.
Selain itu Mocaf secara umum memiliki kelebihan antara lain:
 Mocaf memiliki warna putih, & sudah netral dari bau dan rasa singkong.
 Mocaf tidak memiliki kandungan Gluten seperti pada terigu.
 Diet gluten sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap gluten dan celiac disease yaitu penyakit yang disebabkan kerusakan pada usus akibat konsumsi gluten terus menerus.
 Mocaf yang bebas gluten sangat baik bagi penderita autis karena gluten dapat mengganggu fungsi susunan syaraf dan sistem imunitas sehingga menimbulkan gangguan perilaku.
 Mocaf dapat digunakan sebagai bahan substitusi/pengganti tepung terigu.
 Mocaf dapat dimanfaatkan sebagai bahan roti cake maupun roti kering dll.
 Penggunaan Mocaf mendorong pemanfaatan bahan baku lokal.
Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ditanggapi dengan antusias oleh peserta karena melimpahnya produksi singkong di desa tersebut menjadi potensi yang dapat dikembangkan. Sebagai tindak lanjut penyuluhan, masyarakat didorong dan diinisiasi untuk memproduksi Mocaf dengan pendampingan oleh Tim PKM Univet. Masih ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan oleh Tim PKM Univet terkait dengan produksi dan pemanfaatan lebih lanjut mocaf sebagai salah satu peningkatan nilai tambah pada pangan lokal yaitu singkong.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment