Soloensis

Konsep Lean Manufacturing Pada Perusahaan Industri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bagi para perusahaan industri, memebrikan sebuah produk yang terbaik merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh terlewatkan. Salah satu sistem yang bisa ditempuh oleh para perusahaan industri adalah dengan menerapkan lean manufacturing. Dengan diterapkannya lean manufacturing, diharapkan sistem produksi usahanya semakin meningkat dan jauh lebih efesien.

Konsumen juga perlu untuk mengavaluasi produk yang mereka gunakan, untuk melihat seberapa efektif dan baik dari produk tersebut dalam memenuhi kebutuhan mereka. Akan menjadi sia-sia jika konsumen membayar untuk produk yang kualitasnya buruk dan tidak terlalu memiliki manfaat.

Maka dari itu, para perusahaan industri harus selalu melakukan peningkatan untuk produk mereka agar kepuasan konsumen tetap terjaga. Untuk itulah, dibutuhkan yang Namanya sistem lean manufacturing.

Apa itu lean manufacturing? Seperti apakah tujuan dan manfaat dari lean manufacturing? Mari kita bahas secara lengkap disini.

Pengertian Lean Manufacturing

Lean Manufacturing merupakan sebuah filosofi yang dikembangkan oleh Toyota Production System (TPS) dari perusahaan Toyota. Filosofi ini mempunyai arti yaitu sebuah praktek dari sistem produksi yang mempertimbangkan segala aspek yang menjadi pengeluaran sumber daya yang ada tanpa mengalami pemborosan, sehingga mendapatkan keuntungan nilai ekonomis. Dasar dari filosofi Lean ini yaitu mendapatkan nilai secara lebih dengan sedikit pekerjaan.

Jadi, lean manufacturing adalah usaha yang dilakukan oleh pengusaha industri untuk mencegah dan menghilangkan pemborosan yang terjadi di lingkungan industri sehingga bisa meningkatkan nilai tambah produk untuk konsumen. Pemborosan seperti ini bisa muncul dari awal produksi hingga sampai akhir produksi atau sejak para pengusaha menerima bahan baku dari supplier, saat memproduksi produknya, sampai hasil produksi tersebut dikirimkan kepada para costumer.

Penerapan dari sistem lean ini memang sulit, karena sebuah perusahaan harus belajar bagaimana cara menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas dari produk yang dihasilkan.

Jika sebuah produk dikurangi dari segi biaya produksinya maka hal tersebut akan membuat perusahaan kehilangan konsumennya. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan strategi yang dilakukan oleh pihak perusahaan pada saat menghilangkan komponen yang dianggap sebagai komponenyang membuat pemborosan tersebut. Padahal, penghematan biaya tersebut bisa dilakukan tanpa menghilangkan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Maka dari itu, penerapan konsep lean manufacturing ini sangat penting bagi sebuah perusahaan industri agar produktivitas semakin meningkat, biaya produksi bisa dibuat lebih hemat, dan mutu produk menjadi lebih meningkat.

Tujuan dari Lean Manufacturing

Penerapan lean manufacturing pada perushaan industri memiliki beberapa tujuan antara lain:

1.       Mengurangi pemborosan (waste) dari awal sampai akhir sistem produksi.

2.       Meningkatkan kualitas produk dan produktivitas

3.       Mengurangi waktu lead time pada sistem produks

8 Jenis Pemborosan Yang Ada Pada Sistem Lean Manufacturing

Setiap proses produksi, perusahaan industri harus diperhatikan aspek-aspek apa saja yang dapat mengakibatkan pemborosan yang dapat merugikan perusahaan. Berikut 8 jenis yang perlu diperhatikan pada sistem produksi, antara lain:

1. Pemborosan Biaya Transportasi

Pemborosan biaya transportasi terjadi jika perusahaan mengeluarkan untuk proses pengangkutan biaya yang tidak dibutuhkan

2. Pemborosan Gerakan

Pemborosan gerakan terjadi karena pekerja atau mesin melakukan gerakan-gerakan yang tidak memberikan nilai tambah pada saat produksi berlangsung.

3. Pemborosan Kelebihaan Persediaan

Pemborosan jenis ini terjadi saat kelebihan stok barang yang tidak mempunyai guna.

4. Pemborosan Menunggu

Pemborosan menunggu yaitu aktivitsa produksi yang terhambar karena terlambatnya kedatangan barang dari supplier atau menunggu alat mesin yang sedang digunakan.

5. Pemborosan Kelebihan Produksi

Pemborosan kelebihan produksi terjadi jika produk yang dihasilkan jumlahnya melebihi permintaan dari pelanggan dan produk tersebut tidak terjual Kembali.

6. Pemborosan Proses

Pemborosan proses adalah penambahan proses pada sistem produksi yang tidak memberikan nilai pada produk dan malah menambah biaya produksi

7. Pemborosan Defect

Pemborosan defect adalah produk yang mengalami kecacatan karena kurangnya pengendalian kualitas pada saat produksi berlangsung.

8. Pemborosan Ketrampilan

Pemborosan ini terjadi jika perusahaan tidak bisa menempatkan skill dari stafnya sesuai dengan porsinya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai konsep lean manufacturing pada perusahaan industri. Penerapan lean manufacturing pada perusaahan industri sangatlah penting karena bisa mengurangi pemborosan yang tidak diperlukan, menghemat biaya operasional, dan dapat meningkatkan nilai lebih dari sistem produksi. Sehingga kepuasan konsumen pun juga semakin meningkat. Semoga Bermanfaat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

mohamad fathul fahmi

just go and let it flow.

Add comment