Soloensis

Ini Dia Tips Jadi YouTuber Sukses

Tak mampu dipungkiri bahwa waktu ini social tempat jadi anggota dari tempat pemasaran yang ampuh mendatangkan penjualan. Perkembangan social tempat yang jadi pesat bahkan udah menciptakan beraneka peluang bisnis dan profesi baru, salah satunya adalah Youtuber. Menjadi Youtuber merupakan profesi jenis baru yang menjanjikan di jaman depan.

 

Kenapa orang mendambakan jadi Youtuber?

Alasan utama kenapa banyak orang yang mendambakan jadi Youtuber adalah dikarenakan Youtube punya fitur monetisasi yang mampu digunakan untuk memperoleh uang. Youtube juga jadi platform tempat sosial (medsos) yang paling banyak dibuka di semua dunia.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan information dari lofelifequote dan newsvana, Youtube mendiami peringkat pertama di dalam daftar sosmed yang paling banyak dibuka oleh pengguna social media. Pada tahun 2-19 lalu, kecuali dibandingkan dengan platform medsos lainnya, Youtube punya presentase pengguna sebanyak 88 persen.

Baca: 5 Tips Bikin Website Makin Optimal

Dengan presentase pengguna sebanyak itu, tak heran kecuali banyak pemain sosmed yang berlomba-lomba untuk menyajikan konten menarik di platform besutan Google Inc tersebut.

 

Jenis Youtuber Berdasarkan Penggunaannya

Secara umum menurut pse surabaya dan lspeng1951, tersedia dua jenis Youtuber berdasarkan langkah penggunannya, yaitu:

 

1. Selebriti Youtuber

Selebriti Youtuber merupakan Youtuber yang berasal dari orang terkenal seperti artis atau influencer yang udah punya nama. Melihat potensi keuntungan yang besar dari Youtube, banyak selebritas Indonesia yang mencari peruntungan di platform share video ini.Beberapa yang terkenal antara lain Raditya Dika, Deddy Corbuzier dan aktor kawakan Baim Wong.

 

2. Creative Youtuber

Youtuber jenis Creative Youtuber kebanyakan berasal dari orang biasa yang bukan dari kalangan orang terkenal. Creative youtuber kebanyakan membangun channel Youtube-nya dari nol tanpa punya koneksi atau pertolongan dari tokoh terkenal.

Creative Youtuber mampu menyajikan konten yang menarik perhatian dan berpotensi viral. Beberapa nama yang nampak dari creative Youtuber antara lain raja Youtube Asia Tenggara, Atta Halilintar, Youtuber horor Kisah Tanah Jawa dan comedian Youtuber asal Bali Puja Astawa atau Rasutan dan Reisma Al Mubarokh.

 

Tips Sukses Menjadi Youtuber Pemula

Meraih kesuksesan di Youtube mampu dijalankan oleh siapa saja, bahkan oleh Anda yang pemula sekali pun. Ada beberapa langkah yang mampu Anda jalankan kecuali mendambakan jadi Youtuber pemula yang sukses antara lain:

 

1. Menyajikan Konten Yang Disukai Audiens

Berikut merupakan beberapa jenis konten yang disukai oleh pengguna Youtube, antara lain:

Konten Hiburan; Konten hiburan kebanyakan menyajikan sesuatu yang berwujud menghibur seperti konten wisata, konten budaya, daily life, komedi atau konten horor.

Konten Edukatif; Konten ini menyajikan Info yang menarik dan mampu dipelajari, seperti fakta unik, berita populer, tutorial dan sebagainya.

Konten Edukatif dan Hiburan; merupakan paduan dari konten edukatif yang punya unsur hiburan. Salah satu konten edukatif dan hiburan adalah konten yang dihidangkan oleh Youtuber smith dance part atau Venz T-Cell.

Tak cuma menghibur, mereka juga menyuguhkan unsur edukatif dari tiap-tiap kisah horor yang dihidangkan di channel Youtube mereka.

 

2. Menyajikan Konten Berkualitas

Salah satu syarat sukses jadi Youtuber pemula adalah selalu menyajikan konten yang berkualitas. Konten berkwalitas tak cuma berwujud menghibur, tapi juga mampu meningkatkan engagement rate dari audiensnya.

 

3. Membuat Video Yang Menarik

Setelah memilih konten yang berkualitas, perihal setelah itu yang harus Anda jalankan adalah menyajikan konten berikut di dalam format video yang menarik dan sedap dipandang. Anda juga mampu sebabkan teaser singkat untuk tiap-tiap konten yang bakal diunggah di Channel Youtube

 

4. Memonetasi Akun Youtube

Untuk menghasilkan uang dari Youtube, Anda harus memonteasi account Youtube Anda. Namun, syarat supaya account Anda lolos monetisasi adalah konten yang Anda unggah harus menimbulkan sedikitnya 1000 subscriber dan memenuhi kurang lebih satu juta jam tayang. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Abu Ubaidillah

    Web Developer, SEO Specialist, Social Media Specialist, Content Writer, Graphic Designer

    View all posts

    Add comment