Soloensis

MENGULIK KEBUDAYAAN JAWA di LERENG GUNUNG LAWU

Kebudayaan jawa, adalah salah satu warisan leluhur yang masih melekat kuat di kehidupan masyarakat jawa hingga saat ini. Kebudayaan jawa sendiri merupakan satu dari beberapa kebudayaan yang ada di Indonesia. di dalam kebudayaan jawa sendiri terdapat berbagai budaya, seperti sadranan, sekatenan, bancaan, kondangan, dan lain-lainnya. Dalam kebudayaan jawa juga dikenal adanya gamelan dan wayang yang juga merupakan warisan kebudayaan jawa yang sampai saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat . dalam budaya jawa gamelan dan wayang biasa digunakan untuk pertunjukan pagelaran kesenian budaya jawa. Selain sebagai pertunjukan pagelaran , gamelan dan wayang juga digunakan oleh para wali untuk menyebarkan ajaran Agama islam, sehingga gamelan dan wayang menjadi salah satu faktor pendukung penyebaran ajaran agama di Indonesia, khususnya di pulau jawa.
Mengulik tentang gamelan dan wayang, beberapa daerah di Indonesia bahkan luar negeri pun masih mempelajari dan melestarikan budaya tersebut, seperti halnya yang dilakukan oleh para warga Dukuh Glagah, desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar ini. Mereka secara bersama-sama melestarikan kebudayaan jawa gamelan dan wayang berdasarkan minat dari masing-masing warga, hingga di wilayah tersebut berdiri karawitan kabudayan jawa Mudo Iromo yang beranggotakan Warga dari Dukuh Glagah sendiri. Bahkan menurut pimpinan karawitan Mudo Iromo , Bp. Parto Parno, beliau mengatakan jika karawitan yang ada di dukuh Glagah ini sudah berada pada generasi ke tiga, selain itu gamelan yang digunakan latihan umurnya pun sudah menginjak satu abad lebih ( lebih tua dari kemerdekaan RI ) . selain dua hal tadi , Bp. Parto Parno juga menuturkan jika karawitan yang anggota-anggotanya berasal dari satu dusun untuk saat ini mungkin sangatlah jarang, bahkan beliau yakin jika di kecamatan jenawi yang memiliki karawitan beranggotakan dari warga satu dusun hanya di dukuh Glagah saja.
Membahas mengenai kebudayaan jawa rasanya tak cukup jika hanya melalui satu sampai dua artikel , butuh berpuluh-puluh artikel untuk membahas kebudayaan jawa, karena dalam budaya jawa terdapat banyak unsur yang ada di dalamnya. Maka dari itu kita sebagai rakyat Indonesia, mari kita jaga kebudayaan yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia ini agar nantinya bangsa ini tidak hancur karena kebudayaan-kebudayaan buruk di masa depan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Muhammad Yusuf

    Orang karanganyar yang mengadu nasib sebagai mahasiswa IAIN Surakarta 2016

    View all posts

    Add comment